Zeus Hasil Percobaan Yang “Mengerikan” – Vas BF Purbalingga

168

“Saat ini yang lagi banyak dicari katanya murai yang seri F hasil silangan Borneo, jadi saya iseng-iseng nyoba. Kebetulan temen ada yang punya katanya F3 dan saya ada betina bagus tapi sebelumnya gagal terus, susah jodo, begitu jodo telornya ngga jadi-jadi. Akhirnya coba-coba saya jodohkan dan berhasil, Zeus itu anakan” ujar om Eko

Zeus – Ring APBN Belum genap setahun sudah mampu bersaing di kerasnya persaingan lomba.

Umurnya belum genap satu tahun tapi prestasi Zeus sudah tidak diragukan lagi. Setiap digantang selalu naik podium, 3 kali juara 1 dan 1 kali nominasi 6. Sebelumnya beberapa orang sempat meragukanya, karena indukan F3 jadi gen nya sudah terlalu jauh, maka nantinya gaya anakanya akan seperti murai Sumatra, karena lebih dominan. Tapi ternyata anakanya memuaskan, menurut om Eko Zeus dalam membawakan lagu dan gayanya istimewa.

Zeus – Awal yang membanggakan

“Maculnya jadi lebih nyeni, bawain lagu nya rapet sama volunenya juga tembus. Sabelumnya banyak yang ragu, tidak nyangka juga hasilnya bisa begitu hasil silanganya” ujar om Eko.

Saat ini indukan Zeus baru menghasilkan 4 ekor anakan semua menggunakan ring APBN, menurut om Eko lumayan susah karena beberapa kali gagal. Zeus sendiri adalah anak tunggal. Untuk perawatan harian om Eko menggunakan Voer Nanjung 105 sejak trotol, karena menurutnya asupan gizi sangat penting untuk pertumbuhan fisik, mental tarung dan daya tangkap untuk dimaster. Terlebih lagi karena kesibukanya seringkali burung jagoanya terlewatkan dalam pemberian EF. Masteran dirumah om Eko sangat komplit, disiapkan khusus untuk burung-burung jagoanya sehingga untuk materi tidak akan diragukan lagi.

Untuk setingan lomba Zeus menurut om Eko sebenarnya masih coba-coba.

“Burung masih muda, bisa juara itu juga sebenarnya hoki karena burungnya yang berkualitas. Lagi pula baru beberapa kali turun. Tapi yang pasti untuk harian Zeus masuk kandang umbaran 9 meter 200 kali bolak balik, pakan menggunakan voer nanjung dan jangkrik 3-3 pagi sore. Menjelang lomba istirahat satu minggu, mandi dua hari sekali, tetap jemur sebentar, H-3 istirahat total full krodong dan setiap hari diberi kroto” om Eko berbagi rawatan Zeus.

Trotolan trah Zeus

Sudah ada beberapa penawaran yang masuk untuk meminang Zeus, tapi om Eko belum berniat menjualnya.

“Zeus saat ini belum terpikir untuk di jual, paling nanti adik-adiknya saja. Ini juga sudah ada beberapa orang yang pesan. Kalo ada yang mau silahkan saja kontak saya, skalian silaturahmi, ngobrol sambil ngopi. Siapa tahu ada bsia saling bebagi ilmu dan pengalaman, karena saya juga masih baru jadi masih perlu banyak belajar” ujar om Eke mempersilahkan siapa saja yang ingin dating kerumahnya.

Kontak om Eko dapat menghubungi tlp/wa +62 813-9111-9639 atau bisa datang langsung di rumahnya VAS BF – Purbalingga