Wak Uban Berhasil Jadikan LB Ucok Asal Medan, Sering Koncer Di Latber

21

Sering kali mendapatkan juara di ajang latihan bersama (latber) yang ada diadakan di beberapa EO Kota Jambi membuat semua pemain, pemilik dan perawat burung patut berbangga hati karena telah berhasil menjadikan gacoannya bisa diandalkan serta membanggakan.

Seperti beberapa prestasi yang telah diperoleh oleh lovebird Ucok milik Wak Uban yang sering menorehkan prestasi dalam ajang latber dibeberapa EO yang ada di Kota Jambi, yang mana prestasi tersebut baik juara satu, dua dan tiga maupun nominasi.

Dikatakan Wak Uban saat diwawancarai media ini, Kamis (11/4/19) mengatakan ini merupakan suatu kebanggaan dan bagi saya yang mana kalau berbicara tentang burung berkicau apalagi hobi tidak memandang usia, mau muda ataupun tua, karena selain kita bisa menghilangkan rasa penat kita juga bisa selalu berolahraga tanpa kita sadari seperti pada saat membersihkan sangkar burung, menjemur burung, memandikan burung sampai berinteraksi dengan burung peliharaan kita, sebutnya.

Memang untuk menjadikan burung kesayangan kita juara tidak seperti membalikkan telapak tangan atau secara instan, karena memang ada karakter tersendiri dari burung yang sudah ada dasarnya seperti dari indukan, sehingga kita hanya sedikit saja atau sebentar merawat burung dan lansung bisa koncer, lanjutnya.

Akan tetapi kalau kita merawat burung dari anakan, maka kita harus ekstra sabar dalam merawat burung, mulai dari memberikan pakan dengan cara di speet, sampai menunggu burung tersebut bisa makan milet dan itu butuh waktu satu sampai dua bulan baru usia 2,5 bulan atau 3 bulan bisa di gantangkan di kelas Balibu. Kenapa saya uraikan, karena saya sudah merawat burung dari dulu dan bahkan sudah puluhan tahun, sambungnya.

Saya banyak memelihara burung berkicau termasuk lovebird Ucok ini, yang mana LB Ucok ini saya adopsi dari Medan Provinsi Sumatera Utara, yang mana usianya kini cukup mapan di kelasnya, yang mana untuk menjadikan burung LB Ucok koncer pada saat digantangkan saya rutin memberikan Bio Fighter kepada burung.

Adapun waktu yang sering saya gunakan pagi dan sore hari dengan meneteskan di paruh burung, kemudian di tempat air minum burung sebanyak lima atau enam tetes yang rutin saya berikan, tujuannya selain menjaga stamina pada tubuh burung, juga menambah durasi burung, tutupnya. (Irwan)