Uang Tunai Empat Puluh Juta Mahar Awan Kiton Ditolak Halus Tomy

61

Penggemar murai batu dari hari semakin banyak saja untuk memikat hati para kicau mania diseluruh plosok negeri tercinta ini , baik diperkotaan maupun di daerah pedesaan semua terpikat oleh burung asal dari pulau sumatra ini . apa lagi sekarang dengan berjamurnya gantangan yang ada tambah bikin gengsinya naik ,menjadi lebih buming saja saat ini .
Memelihara burung murai batu banyak misterinya yang banyak belum terpecahkan oleh para kicau mania .tapi dengan berjalannya waktu dan kemajuan tehnologi pada saat ini bisa memotong misteri tersebut , mulai dari burung yang kurang stabil ,sering ngeruji , ngelowo serta ngepel atau turun di lantai sangkar ,kadang waktu digantang dipertengahan burung tenaganya sering kehabisan ,padahal dari awal kerjanya bagus .
Tapi pada saat ini sudah bisa diatasi papar Tomy dari Paleran kota Jember yang dia peraktekan pada gaco annya ,produk dipasaran sekarang ini sudah ada yang bikin murai batu kerja maksimal dan ngak gembos diakhir acara Lomba .dengan perawatan yang maksimal dan teratur atau kontinyu . penuturan pengorbit murai batu,Sebenarnya Tomy tergolong murai mania pemula, kendati demikian, Beliau sukses merebut pehatian lantaran beberapa kali berhasil mengantar Si Awan Kiton , salah satu murai orbitannya stabil di tangga juara.yang patut jadi perjitungan didaerah Jember selatan dan sekitarnya .

Menurut Tomy , Awan Kiton awalnya didapat dari peternak asal Tuban sekitar 1 tahun yang lalu atau saat burung berusia trotol. perawatan sedari trotol biasa dan cenderung standart, pemberian jangkrik 5 ekor pada pagi dan sore, harian full master, jadwal mandi 2 seminggu pada waktu sore dengan cara keramba tuturnya menjelaskan.
Awan kiton merasakan atmosfer pertandingan pada umur 1tahun, atau selepas 1 kali mabung, dengan setingan biasa atau sama saja seperti perawatan harian, cuma porsi pemberian EF jangkrik mulai digandakan  menjadi 20 ekor perhari, ditambah 3 sendok kroto.  pertama di tampikan masih nakal, atau nampar  jeruji, bahkan sesekali turun ke tebok, tidak apa apa, masih disabari tingkat dewa papar Tomy Syang Bos Jeruk ini .
Menurut pengalaman Tomy , banyak hal yang menjadi sebab burung nakal/ nabrak ruji, salah satunya mungkin usia burung yang masih relatif muda atau bisa juga burung mempunyai mental tempur tinggi namun disisi lain kurang terkontrol birahinya.
Melihat gaco kesayangan kurang nampil maksimal pun mulai mempelajari sedikit demi sedikit penyebabnya, mula mula untuk setingan lomba, porsi pemberian EF jangkrik dan kroto mulai dipangkas atau dikurangi, sebaliknya untuk menggantikan EF dan tambahan tenaga,Tomy mulai memberikan Menu pakan Voer Nanjung 105 untuk harian.

Voer Nanjung 105 mengandung ekstrak serangga, buah buahan dan herbal. Produk keluaran Ebod Jaya ini juga bisa digunakan sebagai pengganti EF kroto ataupun Jangkrik, sehingga burung tetap berstamina
Dengan setingan sederhana seperti itu, kini Tomy tak risau lagi menggelandang momonganya tersebut ke berbagai arena lomba, Setingan sederhana yang diterapkan pada Awan Kiton ternyata membuahkan hasil lumayan, kini Awan Kiton tampilannya lebih tenang tanpa kuatir nakal diakhir perbincangan dengan awak Media Ronggolawe .Awan Kiton pernah ditawar oleh salah satu kicau mania 40 jt tapi Si Tomy masih enggan untuk melepaskan .