TTC, Tegal Trucuk Community – Sing Penting Goklik

93

Mediaronggolawe.id – Satu lagi hadir di tengah-tengah kicau mania Tegal, satu komunitas pecinta burung trucuk. Trucuk atau orang Jawa menyebutnya crocokan Jenis burung ini masuk dalam klasifikasi burung merbah (cucak-cucakan). Kita bisa mendapati jenis burung ini didaerah sekitar tropis yang banyak menyediakan alam hijau, buah-buah dan serangga. Karena burung ini memang pemakan jenis makanan tersebut. Trucukan sangat gemar memakan buah pisang, pepaya serta jenis buah lain yang memiliki daging buah lunak.

Kelompok pecinta burung ini sebetulnya sudah lama ada, hanya belum terbuka mendeklarasikan diri menjadi komunitas/ kelompok dengan nama tertentu. Baru pada tanggal 26 Oktober 2018, mereka  memproklamasikan diri menjadi komunitas, dengan nama TTC, Tegal Trucuk Community. Sebagai ketua, dipercayakan kepada Om Yudha Muzaki, Sekretaris Om Samadi, dan bendahara Om Afis. Sedangkan jumlah anggota mencapai 20 orang, jumlah burung yang ada dalam komunitas sekitar 40 an burung trucuk.

Profesi anggota TTC sangat bervariasi, mulai dari yang masih pelajar sampai dengan yang sudah bekerja, dan kebanyakan dari anggota bekerja di bidang wiraswasta dan pedagang. Om Yudha sendiri sebagai ketua adalah seorang pedagang. Dia mempunyai usaha mie ayam, dan usahanya ini sungguh sangat terkenal di wilayah Tegal. Selain sebagai tempat usaha, yang berada di Kalibuntu Panggung Tegal, tepatnya berada di Jalan Wahid Hasyim Tegal, tempat ini juga sekaligus digunakan sebagai sekretariat TTC.  Tempat kumpul-kumpulnya anggota TTC.

Sebagai ketua komunitas, Pria yang sangat ramah dan sangat halus bicaranya ini memaparkan programnya, antara lain, mengadakan kopdar 2 kali dalam sebulan, mengidentifikasi burung yang layak untuk diikutsertakan dalam even luar kota, merencanakan akomodasi jika ada kegiatan luar kota yang berkaitan dengan lomba.

Ketua TTC, Om Yudha Muzaki

Selain program yang berkaitan dengan anggota, Pria yang berumur 41 tahun ini juga menyampaikan keinginannya, agar burung trucuk / crocokan bisa diterima dan menjadi ramai di Tegal dan selanjutnya  TTC ini bisa bersanding dengan komunitas yang lain yang lebih dulu ada. Oleh karenanya, komunitas ini mempunyai semboyan, “Guyub rukun seduluran selawase”. Artinya hidup berbaur dan bersaudara selamanya.  Selain semboyan yang selalu disampaikan, TTC juga mempunyai salam, “Sing penting goklik”.

Untuk program jangka panjang, Om Yudha merencanakan akan mengadakan anniversary TTC 1, oleh karena itu, TTC akan lebih sering tour ke luar kota, mengikuti even-even di luar kota Tegal.  SALAM GOKLIK OM YUDHA. (yus-tegal)

Om Ernest, anggota TTC