Tips Perkawinan Silang Pada Kenari

378

[doptg id=”1618″]

 

Sepertinya hari ini saya akan mengajak anda untuk lebih serius dalam menyimak / membaca artikel yang akan saya buat sekarang. Meski ini sedikit serius tapi mukanya jangan di tekuk gitu saat membaca artikel yang satu ini, sudah siap? Ya sudah ayo dibaca ya.

Sistem perkawinan hewan adalah cabang ilmu hewan yang membahas evaluasi dari nilai genetik ternak dalam negeri. Bangsa (breeds) adalah kelompok hewan domestik dengan penampilan homogen, perilaku, dan karakteristik lain yang membedakannya dari hewan lain. Pengaturan perkawinan pada ternak sangat penting untuk tujuan mendapatkan keturunan yang unggul. Sistem perkawinan yang paling banyak digunakan dalam penerapan ternak adalah perkawinan silang. Alasannya kenapa menggunakan sistem ini ialah karena dapat digunakan untuk menghasilkan efek heterosis. Heterosis adalah pengawinan dalam bentuk yang berbeda atau sejenis, artinya burung kenari dengan burung kenari satu famlly tapi beda jenis, misalkan Lizard dengan Kenari lokal.

Perkawinan silang untuk menghasilkan anakan yang unggul memang tidak mudah, bisa saja kenari yang sudah anda siapkan ternyata tidak saling menyukai karena menganggap pasangannya berbeda dari dirinya, oleh sebab itu ada yang dinamakan perkawinan buatan. Perkawinan buatan yang sering dilakukan adalah dengan Inseminasi Buatan. Inseminasi Buatan (IB) adalah pemasukan atau penyampaian sperma ke dalam saluran kelamin betina dengan menggunakan alat-alat buatan manusia jadi bukan secara alami. Tujuan Inseminasi buatan yaitu Memperbaiki mutu genetika ternak, tidak mengharuskan pejantan unggul untuk dibawa ketempat yang dibutuhkan sehingga mengurangi biaya, mengoptimalkan penggunaan bibit pejantan unggul secara lebih luas dalam jangka waktu yang lebih lama, meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur dan serta mencegah terjadinya ketidak cocokan antara jantan dan betina.

Tapi jika anda termasuk yang kurang menyukai cara kawin buatan anda bisa mengupayakan tips berikut ini supaya kawin silang yang extreme lintas jenis bisa berproduksi dengan baik dan menghasilkan anakan yang baik dan unik kedepannya.

  1. Tentukan dulu jenis anakan kenari dengan corak seperti apa yang anda inginkan, pikirkan apa yang akan diunggulkan dari kenari tersebut. Suara atau warna, jika suara maka sudah pasti siapkan jantan dengan trah lapangan yang juara dan gacor tapi jika warna anda bisa menyiapkan indukan betina dan jantan yang menurut anda mempunyai warna yang apik.
  2. Seperti biasa siapkan dulu stamina kenari anda sebelum dikawinsilangkan, berikan vitamin harian burung yang akan membuat burung anda tetap sehat saat dikawinsilangkan. EBOD VIT bisa anda gunakan setiap hari dan sangat aman untuk burung anda digunakan setiap harinya, bukan hanya aman tapi dijamin burung anda akan sehat selalu.
  3. Untuk tips ini mungkin anda harus bekerja keras, untuk penjodohan memang tidak akan mudah jika kenari betina dan jantan benar-benar dari jenis yang berbeda. Maka sering-seringlah mendekatkannya jika memang anda kekeh ingin betina dan jantan yang anda pilih untuk bisa kawin. Untuk merangsang birahinya gunakan EBOD BREEDING yang akan membantu burung anda cepat birahi dan cepat jatuh cinta pada lawan jenisnya.
  4. Saat dijodohkan baik jantan dan betina usahakan jangan dipertemukan dengan jantan dan betina yang lainnya. Ada pepatah cinta datang karena terbiasa, jadi jika sering ketemu kemungkinan besar mereka akan jatuh cinta. (Wulan Susanti A/16 juni)