Tips Perawatan Kenari Don Juan Yang Sukses Meraih Juara Di Lintas EO Yang Berbeda

190

Tampil Ngedur, Don Juan Merajai Di Kelas Kenari Di Dua Tempat Berbeda Dalam Sehari

Mediaronggolawe, Lampung – Seiring maraknya pecinta burung berkicau di tanah air ini yang selalu menjadi antusias oleh para kicau mania, berbagai perlombaan yang hampir setiap harinya selalu di adakan baik itu Latber, Latpres maupun lomba besar lainnya yang tidak pernah sepi oleh para antusias pesertanya, terlebih penggemar salah satunya seperti di jenias burung kenari yang sekarang ini selalu menjadi warna tersendiri di setiap gelarannya, terbukti di setiap tempat perlombaan nya selalu penuh antusias oleh para Kenari Mania, burung yang di nilai dari segi cengkok suaranya yang unik dan berdurasi panjang, serta harus selalu duduk di atas tangkringan membuat beberapa para Kenari mania harus ekstra mencari settingannya, karena bagi mereka tidak mudah untuk membuat burung Kenari ini bisa selalu stabil di setiap perlombaannya, hal ini yang selalu menjadi permasalahan oleh para Kenari mania.

Namun kali ini kita akan membahas berbagai tips bagaimana menjaga stamina dan kestabilan birahi di burung Kenari ini agar selalu dalam kondisi yang top perfoma sehingga stabil di setiap penampilannya, dari berbagai kutipan narasumber terdapat salah satu kenari mania yang bernama Mr. Adit yang tergabung dalam suatu team Paruh BC yang mempunyai salah satu amunisi Kenari yang berkualitas yaitu Kenari yang di juluki Don Juan, Don Juan yang beberapa waktu lalu menunjukan kualitasnya dengan meraih juara teratas di masing masing kelasnya di dua tempat event perlombaan yang berbeda dalam waktu sehari, sehingga terbukti sudah segudang prestasi yang di raih bersama empunya, di balik kesuksesan yang di raih bersama Don Juan, Mr. Adit memaparkan bagai mana tentang pola perawatan Don Juan Kenari berkualitas yang selalu membawa pulang prestasi.

Berikut pola perawatan Don Juan :

Pola perawatan Harian :

  • Pagi hari burung selalu di embunkan, agar mendapatkan angin segar serta sangat baik untuk menjaga kstabilan burung.
  • Ketika menjelang mata hari terbit, lepas pakan dan minumnya kemudian burung di mandikan dan di bersihkan sangkarnya dari kotoran juga sisa sisa makanannya, lalu burung di jemur selama kurang lebih 120 menit, tergantung ke adaan cuaca, apabila cuaca mendung waktu penjemuran di tambah.
  • Setelah penjemuran, angin anginkan burung lalu masukan kembali wadah pakan dan berikan pakan bijian EBOD CANARY serta masukan wadah minumnya berikan beberapa tetes multivitamin bermineral EBOD VIT.
  • Setelah itu lalu burung di kerodong di dalam rumah sampai menjelang sore hari, malam harinya kembali di mandikan, setelah di mandikan lalu di angin anginkan sampai bulunya terlihat kering dan kemabli di kerodong sampai besok paginya.

Pola Perawatan Lomba :

  • H-1 : pemberian pakan bijian tetap menggunakan EBOD CANARY serta ekstra puding sayur sayuran seperti Mentimun dan di selingi dengan pemberian telur puyuh, dan berikan asupan multivitamin bermineral EBOD JOSS yang di campurkan beberapa tetes ke dalam air minumnya.
  • H  : pagi hari burung di mandikan, lalu di jemur selama 15 menit, kemudian kembali di berikan EBOD JOSS yang di campurkan ke dalam wadah air minumnya, lalu di kerudung kembali dan siap di bawa ke arena lapangan.

Di sela sela akhir perbincangan dengan salah satu awak media ronggolawe, Mr. Adit Paruh BC memaparkan “ di setiap pola perawatan burung yang kita miliki mempunyai pola perawatan yang berbeda beda tidak semua sama, maka terlebih dahulu kita harus memahami karakter burung yang kita miliki, apa lagi di jenis burung ini yang terkadang birahinya tidak menentu “

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat oleh para kicau mania, terutama para Kenari mania di mana pun berada. Bagi rekan rekan kicau mania lampung dan sekitarnya yang ingin di muat di www. mediaronggolawe. com (artikel) tentang breeding, pola perawatan dan burung jawara yang anda miliki, bisa hubungi di :
No tlp : 082279643636 / 08996450955
BBM : D46D21BF
Email : [email protected] com
Terimakasih dan salam media ronggolawe nusantara “ Kami ada karena anda “ (Bendya agung, 07/06)