Tips Perawatan Cucak Ijo Bahan Dalam Kurun Waktu 3 Minggu Sudah Bisa Mendapatkan 115 Lebih Gelar Juara

1145

Bandung, mediaronggolawe.id – Dari tahun ke tahun kelas cucak ijo di event regional ataupun nasional semakin diminati kicau mania, begitupun yang terjadi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Banyak kicau mania yang memelihara burung cucak ijo yang dalam bahasa Inggrisnya disebut greater leafbird (Chloropsis sonnerati) termasuk ke dalam keluarga Chloropsidae, sama seperti cucak ranti dan juga cucak cungkok.

Salah seorang kicau mania yang memelihara Cucak Ijo ini bernama Andri (Fb: Ackew Shenron Zizulie) yang berdomisili di daerah Batujajar, Bandung barat.

Kicau mania kelahiran 1983 ini secara tidak sengaja penulis kenal ketika mengikuti gelaran LATPRES SPECIAL BTC di Asrama Den Jasa Ang Kiaracondong Bandung. Andri sendiri mulai suka memelihara burung dari semenjak duduk dibangku kelas 3 Sekolah Dasar, adapun burung yang dipeliharanya waktu itu diantaranya: Kutilang, Citblek, Glatik batu, Parkit dan lain-lain.

Dari yang tadinya cuman sekedar hobi memelihara burung, akhirnya pada sekitar tahun 2006-an mulai tertarik untuk ikut serta dalam ajang kontes burung berkicau, adapun jenis burung yang pertama kali diikut sertakan dalam kontes burung berkicau waktu itu adalah jenis burung Ciblek, dan berhasil menyabet gelar juara. Sedangkan jenis burung lainnya adalah burung Kacer yang juga sempat meraih beberapa gelar juara, di tahun 2017-an mulai gantang jenis Kolibri Ninja(Konin).

Adapun untuk pertama kali memelihara Cucak Ijo dimulai pada tahun 2016, dan ketika itu hanya sebagai burung klangenan atau burung peliharaan untuk hiburan di rumah. Pada tahun 2017 mulai mengikut sertakan gacoan Cucak Ijonya dikontes burung berkicau, dan pada bulan Desember 2018 kicau mania yang juga termasuk anggota komunitas BANTROK BANDUNG BARAT (salah satu komunitas pecinta Cucak Ijo)ini membeli Cucak Ijo yang masih bahan, yang kemudian dirawat sampai bisa langsung nampil juara ke 2,1, dan 3 di LATBER EXCLUSIVE BTC. Dari sanalah burung gacoanya yang bernama”SHENRON” ini mulai meraih banyak prestasi di beberapa LATBER ataupun Kontes burung berkicau tingkat regional dan nasional baik itu yang ada di wilayah Bandung dan sekitarnya, Sumedang, dan daerah-daerah lainnya. Adapun jumlah Trophy yang sudah didapatkannya sudah berjumlah sekitar 88-an, dan piagam sekitar 115an.

Ketika penulis tanyakan tips perawatan “SHENRON”, dengan senang hati pria yang akrab dipanggil “Ackew Shenron” ini menuturkan cara perawatan gacoannya ini.

Berikut ini tips perawatan Cucak Ijo “Shenron”:

*Pagi hari dari mulai jam 05:00-06:00 WIB burung diembunkan.

*Jam 06:00 diberikan jangkrik dan ulat Jerman sepuasnya.

*Pakan utama berupa pisang kepok dan pepaya.

*Lalu burung dijemur sekitar 15menitan.

*Setelah beres dijemur, burung langsung masuk umbaran seharian.

*Pada pukul 17:30 WIB, burung dimandikan dengan memberikan air mandi yang sudah dicampur Shampoo JATI JAJAR (Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dan kandungan Shampoo JATI JAJAR, silahkan klik link berikut ini : (https://mediaronggolawe.id/jati-jajar/) dengan takaran 2 tutup botol.

Untuk 1 liter air mandinya:

*Untuk mandinya sendiri cukup diberikan cepuk dari tempurung kelapa yang sudah diberikan air mandi seperti yang tertulis di atas, dan dengan sendirinya burung akan mandi.

*Setelah beres mandi, burung dimasukan kedalam sangkar soliter lalu diberi air

minum yang sudah dicampur vitamin Ebod Vit (Untuk lebih jelasnya mengenai Manfaat dan kandungan Ebod Vit, silahkan klik link berikut ini : https://mediaronggolawe.id/multivitamin-burung-ocehan-ebod-vit/) sebanyak 5-10 tetes untuk 50ml.

Untuk air minumnya:

*Setelah masuk sangkar soliter, Shenron tidak pernah dikerodong seperti kebanyakan burung peliharaan lainnya.

*Penggunaan kerodong hanya ketika burung mau dibawa ke tempat kontes dan pas waktu menunggu untuk digantang dikelas selanjutnya.

*Shenron sendiri tidak diberikan pakan berupa vour, akan tetapi untuk memenuhi asupan giji dan nutrisi supaya lebih maksimal, Ackew menyiasatinya dengan cara memberikan Vour Ronggolawe sebagai makanan jangkrik dan juga ulat Jerman yang akan diberikan sebagai pakan hewani atau Extra Fooding untuk “Shenron”, yang secara tidak langsung kandungan yang terdapat didalam Vour Ronggolawe akan ikut termakan oleh burung.

Adapun mengenai Vour Ronggolawe akan kami bahas kandungannya sebagai berikut:

Komposisi :

Tepung Gandum, Jagung, Kedelai, Kacang hijau, Susu, Madu, Minyak ikan, Protein Nabati,Protein Hewani, Antioksidan, dll.

Apa yang dimaksud dengan ANTIOKSIDAN???

Antioksidan didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif. Jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolism tubuh maupun factor eksternal lainnya. (Sumber: Wikipedia bahasa Indonesia, enslikopedia bebas).

 

Ali Kenari –Nanjung 105- 4 Februari 2019 (1)