Tips Perawatan Bang Sabro Ala Bendya Agung

20

[doptg id=”5942″]

 

Ebod Vit Membawa Bang Sabro Stabil Di Lomba

Ada banyak tips dan perawatan yang datang dari anda dan menjadi inspirasi pengetahuan bagi saya dalam menulis. Bersilaturahmi dan Sharing tentang burung yang dimiliki oleh kicau mania selalu menjadi bahasan yang menarik di lapangan kontes.

Seperti saat saya berkunjung ke rumah salah satu kenari mania yang bernama Bendya Agung yang tergabung dalam team PLUR SF di kawasan Rajabasa-Lampung. Agung, sapaan akrabnya menuturkan bagaimana rawatan Bang Sabro agar stabil di lomba pada saya. Awal mulanya Agung tak menyangka burung kenari rumahan berjenis kenari lokal yang baru di belinya dari salah satu temannya ini akan menebar banyak prestasi. Kenari yang baru satu bulan setengah berada di tangannnya ternyata tanpa disangka sudah membawa 32 piagam dan 3 tropi.

Berikut ini penuturan Agung tentang pola rawatan Bang Sabro, kenari mungil pengukir banyak prestasi.

Rawatan Harian:

  • Pukul 05. 00: Burung dikeluarkan dari dalam rumah, tempat pakan dan minum dikeluarkan dari dalam kandang lalu embunkan di teras rumah.
  • Pukul 06. 30: Berikan cepuk mandi (Biasakan agar burung mandi sendiri) lalu di jemur.
  • Pukul 08. 30: Burung diangin-anginkan, masukan kembali tempat pakan dan minumnya, berikan timun dan Ebod Vit multivitamin burung ocehan sebanyak 5-10 tetes campurkan 50 cc air minum.

NB:

Bang Sabro rutin mandi malam setiap hari.

Rawatan Lomba:

  • H-2: Perawatan masih sama seperti harian.
  • H-1: selesai mandi malam dan kering seluruh bulunya, burung dikerodong hingga besok pagi.
  • H: Perawatan masih tetap sama dengan harian, bedanya setelah diangin-anginkan burung di kerodong dan di bawa ke arena lomba siap untuk di konteskan.

“Tiap burung berbeda karakter dan tidak semua kenari mania sama dalam pola rawatannya, jadi sebelum kita memulai ada baiknya pahami dulu karakternya” papar Agung di akhir pertemuan dengan saya. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk rekan-rekan kenari mania. (Andi 4 Juni 2016)