Tips Merawat Kenari Berkicau Merdu Untuk Burung Rumahan

562

Mediaronggolawe.com- Kenari adalah burung yang sangat popular, popularitasnya bukan hanya di kalangan kicau mania yang sering datang ke festival lomba burung berkicau saja tetapi kicau mania yang hobi merawat burung rumahan juga menjatuhkan pilihan untuk di rawat kepada burung kenari. beberapa faktor kenari dijadikan burung rumahan adalah karena kenari mudah sekali bunyi, tanpa dilatihpun kenari sudah bisa berkicau. Hanya saja kicauannya tidak bervariasi hanya tergantung pada bakat alamnya. Kicau mania yang ingin menjadikan kenari untuk burung rumahan tapi mempunyai variasi kicauan yang unik dan tembus, berlagu dan enak di dengar. Berikut tips yang akan dibagikan agar kenari rumahan anda semakin menyenangkan hati anda.

Tips ini datang dari saya sendiri, ketika kelapangan saya hanya membawa burung lovebird saja sambil liputan dan silaturahmi dengan kicau mania. Namun bukan berarti tidak punya burung kenari, saya punya beberapa burung kenari dan hanya saya gantangkan di rumah saja untuk dijadikan koleksi dan menemani minum kopi di pagi hari. Membuat suara indah untuk kenari rumahan pertama lakukan rawatan seperti biasanya, mandikan kenari dipagi hari kemudian jemur. Setelah melakukan proses penjemuran pastikan memberikan pakan yang baik untuk kenari yaitu Ebod Canary atau Prembun. Meski tidak dibawa untuk ke gantangan Prembun juga bisa diberikan untuk kenari rumahan agar kenari anda bertenaga dan saat di gantangkan bisa mengeluarkan suara yang indah.

Pastikan kebersihan sangkarnnya, kebiasaan kicau mania malas membersihkan sangkar burung kenari dan kotoran menumpuk di sangkar. Berikan vitamin untuk mendongkrak suara kenari agar kenari memiliki suara yang tembus. Berikan juga buah-buahan segar dan sayuran segar agar semakin sehat. Paling penting untuk kenari rumahan adalah bisa berkicau, lakukan pemasteran. Kicau mania rumahan jarang sekali biasanya ada yang memiliki burung pemaster, carilah materi masteran di Internet dan perdengarkan pada kenari anda setiap pagi atau di waktu senggang anda sambil menikmati seduhan kopi.

Rawatan kenari untuk rumahan memang tidak begitu ribet, cukup lakukan dasar merawat kenari saja yaitu berikan pakan, memandikan dan menjemur. Berikan juga pakan tambahan dan buah-buahan. Tetapi siapa yang tidak ingin jika kenarinya meski hanya digantang dirumah tapi memiliki kicauan yang mewah, maka dari itu latihlah kenari anda setiap hari dan lakukan secara konsisten jangan. Lambat laun kenari anda akan mengikuti kicauan masteran yang akan di perdengarkan oleh anda. Burung sangat pintar dan biasanya juga bisa dibentuk sesuai keinginan kita, karakternya yang mudah beradaptasi juga akan menjadikan burung kenari menjadi teman yang menyenangkan untuk anda di rumah saat penat pulang kantor. (Dicky September 2017)