Kategori: Hot Tips

Tips Merancang Lomba Ala Suhar Ronggolawe Di KLBC

[doptg id=”3228″]

 

Kuncinya: 70:30, Insert terjangkau, Fair Play

Banyak kicau mania yang heran sekaligus bertanya-tanya, “Kenapa setiap lomba burung berkicau yang diselenggarakan Suhardianto Rongolawe bersama KLBC selalu ramai peserta? Padahal jika dilihat dari lokasi lombanya terbilang sederhana, fasilitas yang tersedia sangat minim. Tapi setiap gelaran lomba KLBC-Ronggolawe, tak pernah sepi. Gelaran terakhir tahun 2015, yakni tanggal 20 Desember 2015, peserta malah membludak. Tiket yang terjual nyaris menyentuh angka 500 lembar.

Kicau mania yang pernah menjadi kontestan di KLBC memang tak pernah jera. Mereka selalu datang dan datang lagi jika KLBC menggelar kegiatan berikutnya. Sepanjang tahun 2015, lomba di KLBC tak lagi hanya untuk kicau mania Binjai dan Langkat. Kicau mania Deliserdang, Medan dan bahkan Aceh sudah banyak yang memilih menjajal burung gacoannya di KLBC. Apa yang membuat mereka (kicau mania) selalu ingin berlomba di KLBC?

Menurut Suhardianto, KLBC dalam menyelenggarakan lomba benar-benar berpihak kepada kicau mania. Terutama soal komposisi pembagian hadiah dari uang insert. Uang yang terkumpul dari penjualan tiket, 70 persennya untuk peserta sebagai hadiah perawatan burung. Sedangkan untuk biaya operasional panitia dan gaji juri hanya 30 persen. Jika mau jujur, sebenarnya uang 30 persen itu sudah cukup untuk biaya operasional termasuk gaji juri, sertifikat dan trophy.

“Saya sudah bertahun tahun menyelenggarakan lomba. Konsepnya tetap 70:30. Dengan konsep seperti ini, semua burung ajuan juri akan masuk nominasi,” kata Suhardianto dalam wawancara via telepon dengan Mediaronggolawe.com. Ia memberi ilustrasi, dalam satu kelas lomba, misalnya. Kelas CH Polos yang pesertanya, katakan 17 gantangan dengan insert Rp40.000. Uang dari penjualan tiket terkumpul Rp680.000. Dengan dikeluarkan 70 persen atau (Rp470.000) untuk hadiah, burung yang masuk nominasi bisa 5.

Tetapi jika panitianya hanya mengeluarkan 50 persen untuk hadiah, berarti burung ajuan juri pasti banyak yang terbuang. Dari angka 50 persen itu, hanya 3 burung yang mendapat nominasi. Para kicau mania pasti kecewa dan ini artinya panitianya cari kaya, tanpa memikirkan pemain. Sementara kicau mania datang ke arena lomba, bukan cari uang untuk kaya. Mereka datang hanya menyalurkan hobby sembari berharap dapat uang jangkrik.

Dengan konsep seperti itu (70:30), apakah Panitia tidak rugi. “Sama sekali tidak, saya sudah bertahun tahun menyelenggarakan lomba. Dan buktinya sampai saat ini dengan konsep seperti itu, saya tetap jalan,” kata Suhar.

Soal lain yang membuat lomba KLBC selalu diserbu para pelomba burung, dalam penetapan insert, Suhar sangat jeli. Ia menetapkan angka insert sesuai dengan kemampuan para kicau mania secara umum. Prinsipnya kalau dapat untung, dan kalau kalah tak terasa buntung.

Angka insert yang pas dan disenangi para kicau mania saat ini tertinggi Rp200.000 dan terendah Rp30.000. Penilaian Fair Play yang selalu dijunjung tinggi oleh tim juri full Ronggolawe juga sangat berpengaruh dalam mendongkrak jumlah kontestan di KLBC.

Menyongsong lomba burung berkicau tahun 2016, termasuk gelaran lomba tanggal 3 Januari 2016, Suhar tetap mengusung tiga pedoman di atas. Komposisi pembagian hadiah, 70 persen untuk pelomba dan 30 persen untuk biaya operasional panitia. Inserta tetap terjangkau. Untuk menjaga penilaian tetap Fair Play, juri yang bertugas tetap Tim Juri Full Ronggolawe.

Lagi lagi untuk menyenangkan para kicau mania, dalam gelaran ini panitia menyediakan doorprize berbagai produk Ebod Jaya. Diantaranya berupa kandang, dan pakan burung. Untuk pemesanan tiket bisa langsung menghubungi Suhardianto di nomor HP 0813 7021 6005. Sihotang-24/0812 6312 0000

Media Ronggolawe

Artikel Terbaru

Daftar Juara Latpres Gagak Sakti Team Gresik, Minggu 27 Juni 2021.

Medironggolawe.id – LATPRES GANTANGAN GAGAK SAKTI Gresik, kembali berjalan dengan sukses dan lancar. 17 kelas…

4 bulan yang lalu

DAFTAR JUARA ROAD TO ASRUL CUP 2 MINGGU, 20 JUNI 2021.

Gelaran ROAD TO ASRUL CUP 2 sukses dipadati peserta. Ajang lomba burung berkicau yang digelar…

4 bulan yang lalu

Party Cendeters Season 3 Pesona 15 Community, Cendet Batara Terbaik. Minggu, 20 Juni 2021

Party Cendeter Season 3 gantangan Pesona 15 Community Purwosari, berjalan sukses dan lancar. Ajang lomba…

4 bulan yang lalu

H Sabran Kembali Turun Gunung, Dengan Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran P2BG CUP 1 Gresik.

Kicaumania kawakan dari Gresik H Sabran kembali turun gunung, setelah beberapa waktu absen dari dunia…

4 bulan yang lalu

DAFTAR JUARA ROAD TO SHOW TUBAN AWARD CHAMPIONS 2, MINGGU 13 JUNI 2021.

Gantangan FNR Tuban sukses menggelar Road Show Tuban Award Champions 2 pada Minggu (13/6/21). Dalam…

4 bulan yang lalu

Main 2 Minggu, Sukses 2 Kali Hattrick, Cendet MASTER Milik Syahril Polda

Burung yang satu ini, namanya memang sudah sangat dikenal oleh para cendet mania, hampir setiap…

5 bulan yang lalu