Tips Meningkatkan Kualitas Kenari Lokal Dengan Teknik Grading Up Part II

107

[doptg id=”1570″]

 

Kehadiran burung kenari dalam kehidupan anda sangat bisa ditelusuri  lebih jauh hingga ratusan tahun ke belakang. Konon katanya kenari sudah hadir ratusan tahun yang lalu, kenari berasal dari kepulauan canary yang katanya ada di bagian sebelah barat laut Afrika. Kenari yang memiliki kicauan merdu berhasil menaklukan hati pecinta burung di benua biru tersebut bahkan bukan hanya benua biru tapi juga benua Asia khususnya Indonesia. Pesona kenari import mampu membuat para breeder berlomba-lomba untuk memiliki kenari import yang harganya sangat jauh dari kenari lokal, banyak breeder yang sengaja mencari indukan kenari import dan membreeding di Indonesia tapi tentu saja tidak semudah yang bisa dibayangkan, kenari import merupakan kenari yang biasa hidup dan berproduksi di suhu yang dingin sehingga saat berada di suhu Indonesia yang sedikit panas biasanya kenari import kurang bisa berkembang biak.

Tapi bukan berarti tidak bisa sama sekali, bisa saja anda memproduksi kenari import dengan teknik grading up. Di artikel sebelumnya saya sudah membagikan kepada anda teknik grading up yang merupakan dasar dari grading up dan di artikel ini saya akan membagikan lanjutan dari teknik grading up yang sudah saya share sebelumnya. EBOD BREEDING  merupakan pakan untuk kenari yang akan dibreeding akan membantu kenari anda untuk cepat birahi dan cepat berprestasi dalam mencetak anakan yang unggul, selain itu EBOD BREEDING juga bisa menutrisi burung atau indukan yang akan anda breeding. Untuk melengkapi nutrisi biar lengkap sebaiknya gunakan juga EBOD VIT  vitamin harian burung yang akan melengkapi gizi dan nutrisi tubuh burung anda terutama burung kenari yang akan di breeding.

Untuk Grading Up Yang Perlu Anda Siapkan Adalah :

  1. Kenari betina lokal yang sehat dengan postur tubuh yang ideal dan ramping
  2. Kenari betina tidak boleh cacat fisik
  3. Kenari betina yang siap dikawinkan sebaiknya yang trah bagus / super
  4. Kenari betina harus sudah diberikan vitamin sebelum di breeding
  5. Kenari jantan import yang harus disiapkan harus yang murni import
  6. Pejantan yokshire turunan pertama
  7. Kualitas pejantan harus yang sudah siap kawin dan birahi
  8. Postur tubuh pejantan harus yang ideal agar turunan yang dihasilkan juga ideal
  9. Untuk sangkar usahakan dengan suhu yang hangat saat akan proses grading up
  10. Kesehatan burung import sangat rentan jadi sebaiknya persiapkan stamina burung jantan anda sebelum dikawinkan biasanya dengan di beri extra fooding
  11. Gunakan EBOD CANARY yang akan memberikan gizi terbaik saata akan di breeding

Untuk tahap awal breeding biasanya tidak akan langsung berhasil karena pada tahap awal silang kawin indukan biasanya akan mengalami stress dan depresi, kecuali jika indukan jantan dan betina sudah benar-benar saling menyukai mungkin akan langsung kawin tapi tetap saja untuk bisa bertelur juga membutuhkan kesabaran. Anda harus perhitungkan waktu, jadi ketika proses grading up tahap perkenalan indukan jantan dan betina anda sebaiknya melingkari hari di kalender anda dan cek berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berhasil dalam breeding pertama grading up. Jika sudah lama belum juga berhasil maka sebaiknya anda mencarikan betina yang lain atau mencarikan jantan yang lain. Untuk teknik grading up siapkan beberapa alternative jantan dan betina jadi ketika tidak cocok dengan betina yang satu anda bisa silangkan dengan betina yang satunya begitu juga dengan jantan jika betina anda kurang cocok dengan jantan yang anda tawarkan maka ganti dengan jantan yang lainnya. (Wulan Susanti A/08 juni)