Tips Mengatasi Murai Batu Cabut Bulu. Hasan Pambudi, Ketua Korwil APBN Bekasi Raya

Murai cabut bulu menandakan kondisi psikisnya yang stress berat (konslet system syarafnya). Hal ini banyak terjadi pada burung muda. Belum cukup umur tetapi sudah ditrek atau diadu dengan burung yang usianya sudah dewasa. Apalahi ditreknya terlalu berlebihan atau dalam waktu yang lama. Sudah pasti burung muda mentalnya akan tertekan oleh burung dewasa. Ini akan berakibat fatal. Mental burung muda akan drop dan akan memakan waktu yang cukup lama untuk menyetabilkan mentalnya lagi.

Apabila ini sudah terlanjur terjadi, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan. Tetapi harus diiringi dengan kesabaran tingkat tinggi.

Segera asingkan burung tersebut dari suara burung murai lain. Dibantu dengan terapi suara air. Artinya murai batu anda diperdengarkan suara air yang mengalir. Ini tujuannya supaya murai batu merasa berada dalam lingkungan yang alami. Hal ini akan membuat suasana nyaman.

Dan yang tidak kalah penting adalah memperbaiki system syaraf yang telah rusak. Langkah yang harus diambil adalah dengan pemberian suplemen pakan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium sangat dibutuhkan utk membangun kembali kekuatan system syarafnya. Semoga bermanfaat. Salam satu hoby ! (red#1)