Tips Mengatasi Kesehatan Lovebird Dalam Segala Musim

1247

[doptg id=”1720″]

 

Perubahan musim memang menyebabkan cuaca tidak menentu, dalam beberapa bulan terakhir ini musim hujan dan musim panas tidak bisa diprediksi datangnya kapan dan dalam jangka waktu berapa lama. Kadang-kadang kita juga merasakan cuaca yang sangat panas di siang hari namun kemudian di sore hari turun hujan yang sangat lebat disertai angin kencang dan juga udara yang sangat dingin. Cuaca yang sangat extreme tentu saja akan sangat berpengaruh juga pada burung anda, kesehatan burung akan mudah terganggu dan bukan hanya kesehataanya tapi perilaku burung juga akan berubah mengikuti perkembangan musim. Mungkin anda pernah mengalami hal ini, jika di musim panas burung anda akan bisa berkicau tapi jika di musim hujan justru burung anda hanya akan diam saja. Celakannya ketika dibawa kelapangan lomba dan ternyata saat akan dilombakan turun hujan maka burung anda hanya akan membuang-buang uang anda saja.

Bukan hanya itu saja, ada juga burung jenis lovebird yang tidak bisa tahan panas yang sangat terik. Jadi ketika di gantang dan terkena sinar matahari langsung justru burung lovebird anda hanya akan diam saja. Memang sedkit rumit jika punya amunisi burung lapangan yang sedikit rewel dengan cuaca dan kurang bisa beradaptasi dengan cuaca, selain rewel tentu saja anda hanya akan bisa membawanya ketika musim tertentu saja. Lalu bagaimana caranya merubah prilaku dan juga karakter burung anda agar bisa tahan di setiap cuaca dan bisa dengan mudah menyesuaikan dirinya dengan cuaca yang ada di Indonesia. Pondasi pertama pertama burung anda tahan di segala cuaca adalah dengan menjaga kesehatan burung anda dengan memberikannya vitamin harian yang tepat untuk burung anda. Vitamin harian yang tepat untuk burung anda percayakan saja pada EBOD VIT, komposisi vitamin dan juga gizi yang ada di dalam EBOD VIT bisa membantu menjaga stamina burung anda. Lovebird yang berasal dari penagnkaran di Indonesia tentu akan mudah beradaptasi karena terbiasa dengan iklim yang ada di Indonesia tapi bagaimana jika anda mempunyai lovebird yang anda import langsung dari luar negeri tentu akan sedikit kerepotan, berikut tips yang bisa anda pakai untuk lovebird import supaya bisa cocok dengan iklim yang ada di Indonesia.

  1. Jika lovebird import anda berasal dari Negara yang terbiasa dengan suhu dingin maka anda bisa membuat sangkar lovebird di luar rumah anda, disekitar halaman atau belakang rumah anda yang sangkarnya langsung dengan pentilasi udara alam / langsung.
  2. Meski berasal dari Negara yang dingin tapi kebanyak lovebird menyukai suhu udara yang hangat, maka usahakan dalam sangkar tersebut diberikan lampu yang suhunya cukup hangat untuk lovebird anda.
  3. Meski berada di luar ruangan dan juga langsung terkena oleh udara alam tapi sebaiknya anda tetap mengkrodong sangkar burung lovebird anda, guankan krodong jika satu sangkar hanya satu ekor burung tapi jika lovebird anda berada di sangkar koloni maka gunakan saja terpal yang tidak terlalu tebal untuk menutupnya.
  4. Untuk bisa bertahan di dalam suhu dingin dan panas maka berikan tenggeran yang tidak hanya satu, jika di kandang koloni anda bisa banyak menyimpan ranting pohon atau membuat sarang di dalam kandang koloni tapi jika lovebird anda Cuma ada di sangkar kecil maka gunakan dua tangkringan / tenggeran dengan posisi menyilang.
  5. Porsi pakan lovebird anda di tambah jika dalam cuaca yang dingin karena dalam cuaca dingin biasanya perut akan mudah lapar, tapi jika di cuaca yang sedang maka berikan saja porsi biasa yang penting jangan sampai telat ngasih pakan. Berikan EBOD LOVEBIRD untuk pakan harian lovebird anda.

Intinya untuk mengatasi adaptasi cuaca pada lovebird anda usahakan asupan vitamin selalu terpenuhi jadi dalam kondisi cuaca apapun lovebird anda akan bisa bertahan, berikan juga pakan biji-bijian yang berkualitas agar gizi lovebird and terpenuhi. (Wulannisa/47 juni)