Tips Memilih Merpati Prospek Balap

64

[doptg id=”1683″]

 

Semakin maraknya balap merpati yang digelar oleh banyak EO burung menjadikan banyak dari anda mencari bahan / materi yang bagus untuk merpati balap. Konon katanya balap merpati merupakan lomba burung yang paling jujur karena saat dibalapkan EO balap merpati menyediakan banyak cctv yang bisa memantau kinerja merpati anda dan juga dalam balap merpati bukan hanya kinerja burung saja tapi keahlian anda saat menjadi joki juga harus bisa selaras dengan merpati yang anda pegang. Diartikel sebelumnya sudah dibahas cara menjadi joki merpati yang baik, jadi anda bisa cari tips menjadi joki merpati di Media Ronggolawe. Kali ini akan dibagikan cara memilih merpati yang baik dan bagus untuk dibalapkan.

Merpati merupakan burung cantik dengan watak yang jinak, bukan hanya kaum laki-laki yang menyukai burung jenis merpati tapi banyak juga perempuan yang menganggap burung merpati romantic sehingga dijadikan peliharaan yang tepat dirumahnya. Banyak kita ketahui bahwa merpati merupakan simbol dari cinta, pasangan dan juga simbol dari kesetiaan. Pada beberapa pernikahan selalu ada acara melepaskan burung merpati, kenapa tidak melepaskan burung jenis murai atau jenis lovebird? Karena alasanya tadi, burung merpati jinak dan juga murah. Merpati bakalan murah dan juga banyak didapatkan tapi tetap saja yang namanya hobi tidak jauh dari bisnis ketika sudah menjadi primadona balapan maka merpati anda akan menjadi mahal jadi berikut tips yang bisa anda lakukan dalam memilih merpati agar bisa diprospek menjadi merpati balap yang handal.

  • Pilih burung yang mempunyai kepala besar dan dengan batok kepala depan lebih tinggi dari batok kepala belakang “nonong”, tapi pilih yang mempunyai derajat kemiringan antara pangkal hidung dengan atas batok kepala sebesar 45-60, jangan yang memiliki derajat kemiringan 90, karena biasanya bentuk kepala seperti ini dimiliki oleh burung yang hanya bagus turun atas kepala “tengah” (arah jam 12.00).
  • Pilih paruh yang berbentuk “merit” (runcing pada ujungnya), tidak terlalu besar & tidak terlalu panjang. Pilih yang mempunyai panjang dari ujung hidung sampai ujung paruh berjarak sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung sampai batok kepala depan teratas.
  • Mata sebagai senjata utama bagi merpati untuk menemukan gerakan tentu tidak akan kita abaikan dalam hal pemilihannya. Pilih mata yang mempunyai pupil (bijih mata) berwarna hitam pekat dan responsif terhadap cahaya (akan membesar dan mengecil dengan cepat saat menerima perubahan rangsangan cahaya). Pilih juga yang mempunyai cincin lingkar menempel pada biji mata (biasanya berwarna hijau) 1/4 keliling biji mata menggantung di depan bawah.
  • Pilih bentuk hidung yang besar, panjang, menggembung.
  • Pilihlah merpati yang mempunyai sayap kuat, lentur, pendek berotot atau lebar berotot.

Untuk burung-burung kesayangan anda khususnya burung berkicau anda bisa menggunakan prodak dari EBOD JAYA. Bagi pecinta pleci dan ciblek anda bisa mencoba pakan baru RONGGOLAWE yang berbentu serbuk dengan kandungan vitamin dari buah-buahan yang lengkap. Selain itu anda juga bisa mengguanakan EBOD VIT untuk vitamin harian burung anda. (Wulannisa/37 juni)