Tips Memasang Ring / Cincin Pada Lovebird

[doptg id=”1569″]

 

Semakin banyaknya penghobi burung yang mulai mencoba peruntungan dengan membreeding lovebird maka semakin banyak juga penghobi lovebird yang berinovasi untuk memasarkan lovebird mereka agar bisa diterima oleh kicaumania. Salah satunya adalah dengan mempercantik tampilan lovebird, lovebird sudah indah tapi terus dibuat indah maka akan menjadi semakin indah dan cantik seperti yang lagi menulis artikel ini hahaa, oke abaikan hanya intermezzo. Penggunaan Ring pada lovebird fungsinya bukan hanya untuk gaya dan juga untuk mempercantik penampilannya saja tapi tentu fungsi utamanya untuk memberikan identitas breeding pada lovebird anda. Tidak bisa dipungkuri anda selalu bangga menjajakan burung lovebird anda saat di lapangan kontes jika faktanya burung yang anda miliki dapat anda beli dari ring yang berkualitas dan ring yang sudah terkenal orbitkan lovebird juara.

Pesona breeding dengan nama breeding yang sudah terkenal membuat anda dengan percaya diri membawa lovebird anda dan tidak jarang jika harganya mahal anda juga akan dengan refleks menceritakan harga anakan yang anda beli dari breeder tersebut dan hal yang terakhir anda memperlihatkan ringnya. Atau anda termasuk golongan orang yang seperti saya, saat berada di lapangan kontes ketika melihat burung ada ring dikakinya maka akan dengan otomatis kepo menanyakan asal-usul burung tersebut? Jadi anda termasuk yang mana? Dengan fenomena yang saya gambarkan barusan itu sudah menjadi bukti bahwa burung yang menggunakan ring akan lebih menarik hati dan membuat penasaran, lebih jauhnya ketika sudah anda ketahui nama ring yang ada di kaki burungnya maka kepo anda akan dilanjutkan dengan melihat performanya saat di gantang.

Jika sudah melihat ring dan juga performanya di lapangan kontes maka jika burung itu jelek dan tidak moncer anda sudah dengan otomatis menilai burung dari ring tersebut jelek dan jika bagus maka saya jamin anda akan menanyakan kontak dari breeding yang mengorbitkan ring tersebut. Iya itu anda dan termasuk saya juga. Jadi ring bukan hanya pemanis kaki lovebird tapi juga citra dari seorang breeder. Lewat ring yang bagus kita bisa menjual anakan hingga jutaan rupiah, lewat ring juga biasanya kita akan di kenal oleh banyak penghobi jadi intinya ring itu penting maka dari itu mari sekarang kita pelajari cara memakaikan ring yang baik dan benar.

  1. Untuk memasang ring yang ukurannya kecil maka tidak akan bisa jika dipasang saat lovebird anda dalam kondisi yang sudah dewasa. Pasang ring burung sebaiknya dilakukan saat burung anda masih berusia 1-2 minggu, masih anakan biar lebih mudah.
  2. Saat akan dipasangkan ring usahakan burung anda dalam keadaan yang relax dan tenang, jangan sampai saat dipasangkan lovebird anda galak dan berontak maka akan melukai kaki lovebird anda. Jika perlu pijatlah terlebih dahulu kakinya saat akan dipasangkan ring dan bisa juga sebelum dipasangkan ring anda oleskan dulu salep terbaru untuk kaki burung anda yang diperoduksi oleh Ebod Jaya yaitu BIO CLEAN, selain bisa mengatasi cedera kaki seperti kaki terkena bakteri dan lecet bisa juga untuk mencegah penyakit kaki pada burung.
  3. Jika tidak bisa dipasang saya peringatkan jangan dipaksakan karena kemungkinan terbesarnya kaki burung anda akan patah, tunggulah beberapa saat agar burung anda tenang dan jika belum berhasil juga bisa dicoba dihari berikutnya.
  4. Jika tidak bisa juga setelah anda coba sebaiknya serahkan pada ahlinya saja, jangan memaksakan sendiri karena jika dicoba dan dipaksa burung anda bisa cacat. Buat anak ko coba-coba.

Empat hal dasar diatas saat akan memasangkan ring sudah saya berikan dan sekarang tinggal cara pemasangannya, cermati caranya sebelum anda memulai melakukannya.

  1. Masukan ring dari ujung 2 jari dan jari dibagian belakang diarahkan untuk perlahan bisa masuk juga. Jadi bisa secara perlahan ring dimasukan dulu dari jari depan kemudian yang belakang menyusul.
  2. Jika tidak berhasil dengan cara yang pertama anda bisa lakukan dengan cara ini, masukan semuanya ketiga jari lovebird anda secara perlahan saja jangan dipaksa sambil pijat kaki burung lovebird anda biar lemas dan tenang.

Cara pemasangan cincin / ring pada burung lainnya juga sama saja karena memang pada dasarnya jari burung anda memang ada tiga. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (Wulan Susanti A/07)