Tips Cepat Turunkan Birahi Pada Murai Batu

19262

Ada beberapa kicau mania menilai bahwa dengan adanya sedikit birahi pada murai batu justru akan bagus untuk murai saat dilombakan karena akan membuat murai batu ngotot saat digantang, tapi sebagian kicau mania juga menilai bahwa birahi pada murai batu tidak akan membuat murai batu kerja maksimal jadi dari kedua pendapat tersebut yang mana yang benar.? Kalau menurut penulis keduanya benar karena memang jika murai tanpa birahi tidak akan ngotot di lapangan dan tidak akan mempunyai gairah tempur tapi birahi yang berlebihan juga tidak baik untuk murai batu. Birahi yang berlebihan akan menggangu fokus murai batu saat berlomba, murai batu tidak akan maksimal dan kinerjanya akan menurun.

Banyak cara yang bisa anda lakukan saat murai batu milik anda ada dalam kondisi birahi, tapi cara itu biasanya dilakukan jika waktu murai anda untuk dilombakan masih snagat jauh dan lama. Bagaimana jika anda sudah membeli tiket lomba, lomba yang akan anda ikuti hanya tinggal dua hari sedangkan murai batu anda masih dalam kondisi yang birahi atau justru over birahi.? Tentang birahi Media Ronggolawe sempat sharing dengan kicau mania yang berasal dari Ujung Berung yaitu A Ferly, salah satu kicau mania pecinta murai batu bahwa A Ferly mempunyai cara yang cepat untuk menurunkan birahi pada murai batu yang over birahi.

Karena tipsnya yang diberikan oleh A Ferly singkat dan padat sedangkan penulis harus sedikit lebih panjang menulis supaya anda tidak sia-sia membaca artikel ini maka selain tips menurunkan over birahi dengan cepat di artikel ini penulis juga akan membagikan tips singkat penanganan murai batu yang ngedrop. Sebelumnya penanganan murai batu ngedrop berikut tips cepat menurunkan murai batu yang over birahi.

  1. Ciri murai batu birahi biasanya agresif, bulu mengkorok, nglowo (sayap turun) dan mematuk ornament sangkar. Kenali dahulu tanda-tanda murai batu birahi baru setelah itu anda bisa menangani birahinya.
  2. Pangkas pemberian jangkrik menjadi 2 ekor dipagi hari dan 2 ekor di sore hari. Jika masih birahi anda bisa menghentikan pemberian jangkrik untuk beberapa waktu, jangan khawatir murai anda akan lemas karena porsi EF dikurangi karena EBOD VIT akan menjada daya tahan tubuh murai batu anda, Ebod Vit vitamin harian burung berkicau.
  3. Berikan cacing seminggu sekali saja, jika menjelang lomba dua hari maka bisa anda berikan juga hanya dalam porsi yang sedikit
  4. Murai batu yang birahi jangan banyak di jemur, maksimal penjemuran 30 menit
  5. Umbar murai batu di sangkar umbaran dengan waktu yang lebih lama

Penanganan Murai batu Ngedrop :

  1. Tingkatkan porsi EF jangkrik 5 pagi dan 5 sore
  2. Tambah pemberian kroto
  3. Berikan kelabang dua ekor seminggu sekali jika ada
  4. Mandi dia buat dua hari sekali
  5. Tambah waktu penjemuran
  6. Isolasi murai batu dan berikan vitamin dan mineral
  7. Jika sakit berlanjut anda bisa memberikan EBODRE vitamin dan obat burung sakit yang akan membantu mengembalikan kondisi murai kembali segar. Jika masih drop anda bisa membawa ke dokter hewan. (Wulannisa/35juli)