Tips Agar Toet / Pentet Tidak Salto Saat Dikonteskan

206

[doptg id=”1564″]

 

Ada rasa bangga dalam hati setiap kali bertemu tetangga dekat rumah di lapangan kontes, mendukung dan mensuport adalah salah satu bukti peduli terhadap saya. Dipertemukan dengan banyak saudara di lapangan kontes membuat saya merasa betah di lapangan kontes, bukan hanya dipertemukan dengan banyak orang yang pada akhirnya menjadi saudara tapi saat di lapangan kontes perut saya tidak pernah kelaparan. Penghobi yang akan memberikan tipsnya sekarang merupakan tetangga saya di kota Sumedang, dalam photo yang ada memang tidak terlihat sedang membawa burung jenis pentet karena photonya saya ambil saat beliau membawa lovebird kelapangan kontes.

Tapi jauh sebelum menjadi penggemar lovebird Umo salah satu pemilik EO di kota Sumedang (Rancapurut) sudah beberapa kali berhasil orbitkan pentet yang berprestasi di lapangan kontes. Selain lovebird dan pentet, Umo juga berhasil dan turut andil dalam mengorbitkan anis merah Mantili milik Kimpen Putri Ayu di lapangan kontes. Tapi sudahlah tidak usah melebar terlalu jauh sekarang kita fokus ke pentet ya, soalnya judul dari artikelnya juga membahas tentang pentet yang gemar salto di lapangan kontes. Artikel kedua saya dibulan juni ini merupakan artikel perdana yang membahas burung jenis pentet semoga bisa dipahami dengan mudah oleh anda dan menambah pengetahuan baru saat anda akan membawa pentet anda ke lapangan kontes.

Toet, pentet atau cendet oleh para peneliti burung sering disebut dengan burung papa, kenapa? Karena ketika di alam bebas pentet lebih senang hidup menyendiri atau soliter. Tonggak kayu menjadi tempat favoritenya untuk bertengger, sendiri seperti yang sedang melamun dan galau adalah kebiasaan dari pentet. Namun bukan berarti galau tidak aktif justru sebaliknya, ketika dikonteskan atau dalam sekali waktu cendet anda bisa menjadi sangat aktif bahkan hyper dan itu imbasnya mengurangi penilaian di lapangan kontes. Pentet juga burung yang labih dan tidak konsisten dalam meraih prestasi maka dari itu jika ada pentet yang sering juara bahkan tiap minggu saya salut pada perawatnya karena sulit sekali memahami karakter pentet.

Kenapa pentet saya bilang tidak konsisten dan galak karena pada satu waktu saat dikonteskan pentet bisa menjadi burung yang sangat ramah dengan mengeluarkan tembakan yang memukau tapi mungkin pada beberapa waktu saat anda akan mengkonteskan kembali pentet anda justru malah ngamuk, galak dan tidak mau bersiul. Oleh sebab itu dikesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan tips agar pentet anda tidak galak di lapangan kontes,

  1. Pentet merupakan salah satu jenis burung yang takut air, untuk bisa memandikannya akan sedikit sulit. Begitu juga jika sering dimandikan maka kondisinya akan cepat sekali drof. Untuk menjaga agar pentet anda tidak mudah drof meski dimandikan dengan lebih sering sebaiknya gunakan EBOD VIT vitamin harian burung yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh burung anda.
  2. Untuk bisa ramah dan gemilang di lapangan kontes sebaiknya anda membuat suhu tubuh pentet tetap nyaman, pentet merupakan burung yang tahan dengan udara panas jadi jangan sering dimandikan karena akan menghambat keluarnya minyak di bulunya. Minyak yang dikeluarkan oleh pentet dari bulunya sudah bisa memberikan suhu hangat dan nyaman untuk tubuhnya.
  3. untuk membuat pentet anda jinak sebaiknya di jemur dengan waktu yang lebih lama sekitar tiga jam atau bisa dari jam delapan hingga siang hari.
  4. Setelah itu berikan kroto yang dipadukan dengan jangkrik. Untuk pemberian kroto setengah sendok teh saja sudah cukup, sedangkan untuk jangkrik berikan 2-3 ekor saja.
  5. Untuk pemberian ulat hongkong atau bamboo anda bisa memberikannya tiga hari sekali secara bergantian.

Perlu anda ketahui pemberian Extra Fooding sangat bermanfaat bagi pentet karena bisa menekan birahi, namun pemberian yang berlebihan juga tidak baik untuk pentet anda maka berikan sesuai porsinya dan secukupnya. Jika pentet anda birahi bahkan sampai over birahi itu akan berakibat buruk di lapangan kontes, birahi pada pentet akan membuat penampilan pentet anda terganggu, pentet anda menjadi galak dan juga hyper aktif. Karena pentet juga burung yang sering bertengger di tangkringan tentu akan membuat kaki pentet anda lecet dan juga pegal jadi berikan BIO CLEAN salep prodak terbaru dari Ebod Jaya yang akan menjaga kebersihan dan kesehatan kaki burung anda, Bio Clean baik untuk mengobati kaki burung yang luka atau bisa juga untuk mencegah kaki burung anda terluka. (Wulan Susanti A/ 02 Juni)