Tips Agar Telur Lovebird Menetas Bersamaan

4549

 

Bagi peternak lovebird yang sudah berpengalaman sering memanfaatkan telur dummy atau telur plastik. Telur yang sudah dikeluarkan indukanya akan di ganti telur palsu atau telur plastik ini yang bertujuan telur yang asli bisa di erami induknya secara bersamaan. Sebab sebagian besar hanpir semua burung termasuk burung lovebird, mengerami telur dengan pola asinkronisasi pengeraman, atau tidak bersamaan sebagaimana dengan sejenis unggas lainya missal, ayam, bebek, dan unggas pada umumnya. akibatnya telur akan menetas terlebih dahulu.

Induk lovebird biasanya akan bertelur secara bertahap. Setelah bertelur yang pertama biasanya burung lovebird ini akan bertelur kedua kalinya berkisar kurang lebih 1 sampai 3 hari kemudian, Demikian seterusnya, hingga semua telur akan dikeluarkan. Biasanya dalam satu periode peneluran, induk lovebird bisa menghasilkan berkisar 4 sampai 6 butir telur, tergantung faktor genetik, kualitas pakan dan faktor pemacu lainnya yang bisa merangsang burung lovebird tersebut dapat menghasilkan jumlah telur yang sewajarnya.

Batas waktu peneluran ini jelas mengakibatkan telur tersebut akan menetas secara tidak bersamaan. Dalam hal ini telur yang pertama akan menetas lebih dulu. Jika masih ada beberapa telur yang belum menetas, resikonya antara lain, telur mengalami kerusakan bahkan bisa pecah akibat terinjak-injak anakan yang lebih dulu menetas tersebut andai-pun ada telur terakhir yang bisa menetas maka, masih ada resiko lain yang menghadang, yaitu terinjak kakaknya pada saat berebut waktu melolohkan makanan yang dilolohkan indukanya.

Untuk menyiasati hal tersebut, dengan cara beberapa penangkar yang berpengalaman mempunyai tips dan trik yang cukup mahir bagaimana agar telur burung lovebird bisa menetas secara bersamaan, sehingga telur pecah atau piyik mati bisa dapat dihindari.

Cara yang lazim yang bisa digunakan adalah, memberikan telur buatan / palsu yang terbuat dari plastik, sebagai piranti atau pengganti telur yang kita ambil. Caranya ; setiap induk lovebird yang bertelur kita langsung bisa mengambilnya dan menaruhkannya di tempat yang aman, misalkan saat indukan mengeluarkan telur pertamanya, maka segeralah mengabil telur tersebut dan menggantikanya dengan telur palsu atau telur dummy. Begitu juga dengan telur kedua, ketiga dan seterusnya. Dengan demikian, jumlah telur palsu yang kita keluarkan-pun juga harus sesuai dengan telur yang sudah dikeluarkan oleh indukan betina. Telur asli yang sudah dikeluarkan indukan betina harus di simpan pada wadah khusus dengan suhu kamar kurang lebih 29 derajat celcius.

CARA PENGAMBILAN TELUR ASLI YAITU
Sebelum mengambil telur yang asli, pastikan terlebih dahulu tangan atau jari kita bersih steril dan terbebas dari kuman atau bakteri. Anda bisa mencuci tangan anda dengan sabun atau tisu yang mengandung desinfektan.

Berikut Inilah Cara Pengambilan Telur Asli

  1. Saat menukarkan telur yang asli pastikanlah indukanya tidak mengetahuinya atau indukanya tidak ada berada di dalam sarang. Ketika indukanya keluar untuk mencari makan atau minum, itulah kesempatan kita untuk menukarkan telur yang asli dengan telur palsu.
  2. Ketika mengambil telur yang asli usahakan kita membawanya dengan hati hati, usahakan tidak menggoyangnya yang bertujuan supaya telur tidak terguncang.
  3. Setelah telur terakhir dikeluarkan, maka saat itu juga kita bisa langsung mengembalikan telurtelur yang asli yang sudah kita simpan pada wadah. dan lakukanlah penukaran telur ini pada saat indukanya keluar dari sarangnya
    Dengan cara seperti ini telur-telur tersebut bisa menetas secara bersamaan. Dan silahkan mencobanya (wisnu 7)