The Life Legend Kenari DK Is Back..!!! + Tips Perawatannya

910

Gelaran Latber Exclusive Di Lap. Cigereleng-Bandung yang di gelar pada hari Rabu, 28 Agustus 2019 menjadi saksi kembalinya sang legenda hidup Kenari DK(Dewa Kecil) Gacoannya Mr. Yonatan Pupun Purnama (Subang). DK termasuk burung legenda, awal mula kemunculannya di Bandung pada tahun 2014, dan sampai sekarang DK sudah berhasil mengumpulkan tropi dan Piagam sekitar 400 –an.

Prestasinya yang ditorehkan mulai dari tahun 2014 ini,  rata-rata didapatkan dari gelaran kelas nasional. Diantaranya:

Aniversary H. Amiau 2014,  Ebod Joss Championships 2014, KAPOLDA JABAR, Bandung lautan api, Pemalang vaganza,Piala presiden Jokowi kebon raya,Piala Presiden Ronggolawe, dll.

“DK sebetulnya baru beres mabung mas, usianya sudah 5 tahun lebih, sekarang kondisinya sudah “on fire” lagi dan siap “Menggoyang” event-event nasionalan lagi… “, Ungkap Anggi selaku perawat DK.

Anggi Hartono(Memakai Kaos garis-garis) Ketika berhasil membuat DK menjadi juara ke 1 di kelas utama Kenari EBOD STRONG-Lap. Cigereleng, Bandung.

Pada gelaran Latber Exclusive Di Lap. Cigereleng, DK berhasil  nampil juara ke 1 di kelas Utama Kenari EBOD STRONG (Wajib Sangkar Ebod Jaya).

Meski kini sibuk dengan ternakan dan dunia bisnisnya, Mr. Pupun selaku pemilik kenari DK semakin melebarkan sayapnya dengan amunisi-amunisi kenari lainnya, diantaranya keanari”Dilan” Yang berhasil nampil maksimal di PIALA KAPOLDA JABAR- Minggu, 25 Agustus 2019.

Mr. Pupun Purnama pria bertampang macho dengan tatoo dan mogenya ini, kesehariannya juga sibuk mengurus usahanya berupa toko sepeda dan  Rumah makan.

“Kalau toko sepeda usaha sendiri awalnya sekedar hobby, lama-lama jadi serius, Kalau rumah Makan, usaha keluarga…

Sekarang lagi merintis PBF( Purnama Bird Farm)yang bergerak dibidang ternak kenari sama vitamin breeding” Ungkap Mr. Pupun.

Berikut ini tips perawatan DK untuk harian dan menjelang lomba

Rawatan harian Kenari DK:

– Pagi jam 7 burung dikeluarkan

– Sisa pakan dan Efnya di buang untuk diganti dengan yang baru.

-Sangkar dibersihkan, dan sekitar 2 minggu sekali sangkar berikut aksesorisnya(Kerodong,

tangkringan, cepuknya di cuci dengan Shampoo JATI JAJAR sesuai dosis yang tertera dikemasannya.

– Burung dikasih EF berupa sawi putih dan timun.

– kasih cepuk mandi yang kedalam air mandinya sudah dicampurkan shampoo JATI    JAJAR.

– Kemudian DK diemur sampe jam 11 siang.

– Sehabis dijemur, lalu di angin-anginkan setengah jam, tidak lupa kedalam air minumnya dicampurkan 5-10 tetes Ebod Vit untuk memenuhi kebutuhan asupan vitaminnya, lalu DK dikerodong sampai besoknya lagi menjelang perawatan.

Perawatan Menjelang Lomba:

– H-1 DK dikasih jagung muda, lalu dijemur sekitar 2 jam.

– Beres dijemur, diangin-anginkan lalu full kerodong sampe besok paginya lagi.

– Hari H “DK” dikasih sayur pacoy atau sawi putih, lalu dikasih cepuk supaya mandi, beres    mandi jemur sampai bulunya kering, angin-anginkan, lalu dikasih jagung muda,

kemudian dikerodong dan dibuka kerodongnya pas DK mau digantang.

(Ali Kenari Ronggolawe- 3 September 2019).

Nama lengkap saya Muhamad Ali intan,lahir di kota Garut 30 Oktober 1974. Ali Kenari adalah nama di Media sosial Facebook, niat pertama kali saya menggunakan media sosial Facebook adalah untuk mencoba berjualan burung kenari secara Online, itupun atas saran dari salah seorang sahabat saya. Sejak kecil saya mempunya hobi memelihara binatang (burung,ikan dan hewan lainnya, serta bercocok tanam) sampai sekarang, sehingga saya mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan tentang cara perawatan, cara beternak, cara menanggulangi penyakit dan cara perawatan untuk burung yang akan di ikut sertakan dalam festival dan kontes burung berkicau. Pada usia 11 tahun saya juga mulai belajar cara menggunakan kamera. Pada tahun 2013 saya mulai belajar menulis artikel, menjadi pengasuh sebuah rubrik dan bekerja sebagai wartawan di Tabloid Ronggolawe yang kantor pusatnya berada di Bandung. Kemudian sekitar awal tahun 2014 saya mulai menulis artikel di sebuah website hingga sekarang. Dari dasar hobi yang saya tekuni semenjak kecil, kemudian saya mencoba untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan yang sudah saya dapatkan dengan cara menulis Artikel dan juga rekaman video, Alhamdulillah artikel-artikel hasil tulisan saya sudah banyak di apresiasi, begitupun foto-foto hasil pemotretan saya. Sampai saat ini, saya masih aktif menjalankan profesi wartawan dan juga penulis untuk media Online yang berkutat di bidang hobi ini. Pada tahun 1993 saya pernah kuliah di Universitas Winaya Mukti dan mengambil jurusan Tehnik Arsitektur, tetapi dikarenakan sesuatu hal, Saya hanya bertahan sekitar 1 semester dan kemudian melanjutkan kuliah di STT Garut dengan mengambil jurusan tehnik Arsitektur. Di STT Garut saya kuliah sampai menempuh persiapan Tugas Akhir, akan tetapi dikarenakan pas mau sidang tidak ada teman yang sanggup menempuh proses sidang tersebut(Rata-rata mentok di persentasi), akhirnya siding tugas akhir saya di tunda, dank arena kesibukan berbisnis, akhirnya saya tidak bisa menyelesaikan tugas akhir saya, walaupun sudah beberapa kali di berikan kesempatan oleh pihak majemen kampus. Sekitar tahun 2000, saya juga aktif sebagai anggota dan merupakan salah satu pendiri organisasi mahasiswa pecinta alam MAPALA STT Garut,yang sampai sekarang masih tetap berdiri berkat dukungan dan kinerja para junior junior saya. Garut , 3 April 2018