Ternak Murai Batu Disenggang Waktu Kuliah

92

Kudus, salah satu anak muda bernama Dian menjadi salah satu anggota APBN korwil kares Pati yang berlokasi di Perumahan Muria Indah. Bermula meneruskan ternakan dari orang tua, Dian yang keseharian masih duduk di bangku kuliah ini terlihat nampak serius dalam mengembangkan ternakannya. Karakteristik yang suka dalam beternak buat Dian menjadi lebih senang dalam merawat peliharaanya. Bermula sejak tahun 2013 mempunyai satu pasang Murai Batu, dari situlah mengembangkan hingga sekarang sudah menjadi 12 pasang ekor Murai Batu yang sudah ada di kandang KTM KDS BF.  Meski dia tidak passion dalam lomba burung, Dian mengaku lebih suka beternak ketimbang dalam perlombaan burung berkicau.

Minimalis Kandang dari KTM KDS BF Membuat Lokasi yang Sempit Menuai Hasil yang Besar

 Dinilai lebih menghasilkan meski harga anakan yang dijual relatif lebih murah dibandingkan dipasaran Murai Batu untuk perlombaan, namun ternakan dari KTM KDS BF ini juga tak kalah fighter jika ditarungkan, “di kelas latber saja masih sering nyantol indukan-indukannya, anakanya juga sudah ada yang juara meski di tingkat latberan sore mas” ucapnya. Sesaat adanya peraturan pemerintah tentang pelestarian burung, salah satu burung yang dilindungi adalah Murai Batu. Dian yang tergabung dalam organisasi Murai Batu juga ikut berperan serta dalam deklarasi 148 di depan kantor BKSDA kares Pati. Siang-siang berpanasan beliau juga ikut berorasi bersama rekan-rekan peternak Murai Batu yang ada di Pantura timur ini. Dengan adanya APBN, dia merasa tenang karena ikut dalam suatu wadah yang berbadan hukum yang diprakasai oleh Haji Ebod selaku pemilik Ebod Jaya membuat nyaman seluruh aspek dalam beternak Murai Batu.

Ebod Breeding tak Lupa di Berikan Sebelum Penjodohan dan Sebagai Vitamin Harian Kandang KTM KDS BF

Diwaktu senjang Dian sendiri yang meloloh anakan Murai Batunya, meski masih dibantu orang tua, dia tak pernah ketinggalan ikut serta dalam penjodohan sampai memanen anakanya. Pengondisian sebelum penjodohan pun dilakukan sendiri, dengan vitamin Ebod Breeding membuat indukan jantan dan betina yang siap kawin pun langsung dengan mudah bisa saling kawin, ketika kehabisan Ebod Breeding pun dia cukup risau, 2 pasang ternakannya pun kosong telurnya, setelah itu dia selalu gunakan Ebod Breeding sebelum penjodohan sampai harian pun tak pernah ketinggalan.

Percayakan Ebod Trotol pada Pelolohan Anakan Murai Batu

Dia juga menggunakan bubur lolohan dari Ebod Jaya, Voer Trotol pun ia gunakan dalam melolohan anakannya, dengan vitamin yang terdapat dalam Voer Trotol, anakannya pun tumbuh sehat dan badanya pun terlihat lebih berisi. Alhasil meski baru berusia 1 bulan, pembeli pun berdatangan untuk menginden anakan dari kandang KTM KDS BF.