Tampil Garang, Lovebird Buluk Menuai Pujian

85

Kerap wara-wiri dan menjuarai kelas lovebird di berbagai gelaran, Mr. Vega bersama lovebird Buluk mulai menjadi perbincangan hangat kicau mania Ponorogo. Bahkan ada yang menggadang-gadang bahwa Buluk akan semakin naik pamor dan dapat menjadi idola baru lovebird dikotanya.

Bukan tanpa alasan banyak kicau mania menyebutnya demikian. Buluk memiliki show yang aduhai. Gayanya nyeklek, santai dan tentu saja ngekeknya rajin dengan volumenya yang kasar. Belum lama ini, mediaronggolawe.id berhasil menemui sang pemilik di salah satu gelaran yang diadakan di Ponorogo. Dalam perbincangan santai ini, Mr. Vega menceritakan awal mulanya mendapatkan Buluk. “Dari awal saya melihat burung ini sudah langsung jatuh cinta. Entah kenapa, seperti ada ikatan yang kuat dengan burung ini. Dan saya langsung yakin kalau burung ini bakalan berprestasi, dan ternyata semua itu terbukti”, ungkap Mr. Vega mengawali kisahnya.

Menurut pengakuan Mr. Vega, Buluk ini termasuk burung yang gampang nampil. Hampir tidak pernah nakal dan rewel ketika digantangan. “Saya tidak pernah memberikan terapi khusus pada Buluk. Hanya dengan settingan normal tapi tidak sembarang. Kuncinya memang sabar dan cinta”.

Dalam kesempatan kali ini, Mr. Vega juga memberikan rawatan harian maupun rawatan lomba dari Buluk. Settingan harian seperti biasa dilakukan para lovebird lovers pada umumnya. Dimulai pada pagi hari Buluk mulai dikeluarkan untuk dimandikan. Buluk dimandikan dengan cara disemprot halus sampai basah kuyup. Setelah mandi dirasa cukup Buluk kemudian dijemur kurang lebih 2 jam atau tergantung kondisi cuaca. Saat penjemuran Buluk dipisah dari burung sejenis.

Pemilihan biji-bijian yang baik dan berkualitas tinggi juga diberikan Mr. Vega kepada BULUK. Mr. Vega mempercayakan pada produk Ebod Jaya yaitu pakan Miltih yang banyak mengandung gizi yang diperlukan oleh burung. Selain itu pemberian jagung manis juga diberikan setiap 2 hari sekali. Air minumnya pun tak luput dari pantauannya. Selain pakan yang berkualitas, Mr. Vega juga memberikan suplemen Bio Fighter yang sangat ampuh sebagai pendongkrak stamina serta menjadikan burung semakin gacor dan lebih fighter. Penggunaannyapun terbilang mudah, cukup diteteskan beberapa tetes saja di air minumnya.

Untuk settingan lomba biasanya Buluk hanya dijemur selama 20 menit pada H-3 lomba. Pada saat lomba, Mr. Vega memberikan kangkung segar kepada Buluk untuk menambah staminanya serta memberikan Bio Fighter 1 jam sebelum digantang. Dengan rawatan yang tidak neko-neko tersebut dapat membuktikan Buluk bisa berprestasi seperti yang lainnya. Semoga kian hari Buluk menjadi satu-satunya jawara Lovebird di Nusantara.

(Ebod Jaya/mediaronggolawe.id)