Sun Nectar Squad (Komunitas Konin) – Gerakan Kecil Untuk Wujudkan Sebuah Mimpi Besar

86

Cikarang (03/04), Sun Nectar Squad (SNS) bukan sekedar komunitas pecinta lomba konin. Seperti saat ditemui saat acara lomba di Cikarang om Marzuky menjelaskan mereka sedang mengusahakan untuk menangkarkanya.

“Kami sadar jenis kolibri masih masuk dalam burung yang dilindungi, maka kami berusaha untuk menangkarkanya. Walau masih belum bisa besar-besaran seperti burung lain. Alasanya mungkin karena nilai ekonomisnya yang terbilang murah maka tak banyak yang mau menangkarkanya. Tapi minimal kami terus berusaha kalo bukan dari kita yang awalnya hoby mungkin tidak ada yang akan mau menangkarkanya. Seperti murai, Jalak Suren, Jalak Bali dan Cucak Rawa yang sudah keluar dari daftar burung dilindungi karena sudah banyak yang berhasil menangkarkanya” Ujar om Marzuky yang juga merupakan seorang dokter hewan salah satu anggota SNS.

Om Marzuki, Om Hery Robo cop, Om Sandy (KMBC – 0304)

Kediaman Om Arga  di daerah Bantar Gebang menjadi tempat untuk berkumpul anggota SNS. Pertemuan rutin sering diadakan, untuk mempererat silaturahmi, membahas penangkaran, setingan lomba atau hal-hal lainnya. Di sana juga dibuat penangkaran untuk konin. SNS masih dibawah naungan Konin Mania Indonesia (Komando)

“Penangkaran dibikin dirumah saya, minimal kita bekerja nyata bahwa kita juga ingin melestarikan konin, tidak hanya sekedar berlomba saja. Mungkin ini hanya sebuah gerakan kecil untuk meraih mimpi yang besar, semua hal pasti diawali dari yang kecil dulu, semoga nantinya akan banyak lagi yang mau menangkarkan kolibri” ujar om Arga.

Di acara lomba kali ini SNS membawa beberapa amunisi dan berhasil menjadi juara. Om Arga, Sandy, Marzuky dan om Arga yang saat itu datang membawa amunisi terbaiknya masing-masing. Walau satu tim, saling berbagi setingan saat digantangan mereka tetap bersaing untuk menjadi yang terbaik dan siapapun yang juara tidak menjadi masalah.

Om Marzuki, Om Arga, Om Sandy (KMBC – 0304)

“Dulu konin tidak begitu ramai, karena susah cari yang bisa untuk lomba. Harus rawatan lama dan benar-benar punya mntal bagus, jadi ngga banyak yang bisa jadi juara. Sekarang lebih mudah, konin muda dari ombyokan juga bisa dilombakan, dengan setingan pas pakan cocok konin akan cepat kondisi dan terbentuk mentalnya. Untuk vitamin pada dasarnya makanya sendiri nectar itu sudah bagus kandungan vitamin dan gizinya seperti nectar milik kami, namun masih perlu juga vitamin macam Ebod Joss atau Ebod Vit untuk menjada kesehatanya” ujar om Marzuky.