Suka Diberikan Racikan Bawang Putih, Lovebird Baby Belalang Tempur Ditawar Hingga 20 Juta

12997

Akhir-akhir ini banyak bermunculan lovebird konslet dari berbagai daerah, dan menjadi tranding topik dikalangan pecinta burung lovebird di seluruh indonesia. Kita sebagai kicau mania yang sering berpartisipasi dengan gelaran festival kontes burung berkicau, pasti sering sekali melihat burung lovebird konslet dikelas dewasa. Dengan perkembangan dunia perburungan yang sangat pesat. Sekarang lovebird konslet merambah ke kelas baby atau paud. Memang saat ini kelas lovebird baby atau paud, juga menjadi kelas yang cukup banyak peminatnya, dan lovebird mania berlomba-lomba, untuk menciptakan burung konslet dengan versi yang berbeda-beda.

Belalang tempur namanya. Burung lovebird baby milik bapak abdul fatah, saat ini menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta lovebird mania dijakarta. Bagaimana tidak, belalang tempur sendiri saat ini baru berumur 3 bulan 2 minggu. Akan tetapi prestasi yang di capainya dikelas baby, sudah mengoleksi hampir 20 kali juara 1, itu diraih dalam kurung hanya 1 bulan saja. Lovebird yang mempunyai warna exsotis ini, albino, mempunyai ciri khas burung konslet pada umumnya. Bunyi sendiri sambil tertidur tanpa memikirkan lawannya, hingga kinerjanya hampir tanpa jeda, bisa puluhan kali nariknya, dan bisa main lebih dari 3 sesi.

Berawal mendapatkan belalang tempur sendiri. Beliau mendapatkan nya dari hasil ternakan anggotanya, yang kebeteluan bapak abdul fatah adalah ketua dari komunitas lovebird jiung kemayoran Jakarta pusat. Beliau mengatakan saat melihat pertama kali belalang tempur memang sudah ada kontak kemistri. Karena sifat ciri khas yang dimiliki belalang tempur berbeda dengan lovebird pada umumnya.

Saat itu belalang tempur disandingkan oleh lovebird baby yang seumurnya, lovebird baby lain tempur dan mulai narik-narik. Akan tetapi belalang tempur hanya tertidur pulas dan ngeriwik, seperti burung sakit, rasa penasaran lebih mendalam, dan mulai memisahkannya untuk digantungkan sendirian. Dan ternyata lovebird belalang tempur malah narik panjang sambil tertidur, ciri – ciri burung konslet lah, dengan begitu saya bayar dan akhirnya saya rawat.

Beliau tenyata juga suka beresperimen untuk membuat pakan racikan untuk lovebird-lovebirdnya. Jika pakan racikannya sudah berhasil terhadap lovebirdnya, beliau tidak sungkan-sungkan untuk membagi resep pakannya terhadap anggotanya. Saat bertanya dengan beliau racikan seperti apa yang beliau buat. Ternyata beliau menggunakan bahan utama bawang putih, tetapi bawang putih yang tunggal.

Dibalik sebuah bawah putih tunggal banyak mengandung, minyak atsiri, allicin, kalsium, saltivine, protein, lemak, fosfor, zat besi, dan juga mengandung vitamin A, B1, C. Manfaat bawang tunggal tersebut ialah, mengobati flu, obat penurun kolestrol, mencegah penyakit kanker, meningkatkan daya ingat, serta menjaga stamina, itu manfaat untuk manusia. Dan manfaatnya di burung apa, menurut beliau kalau diburung, agar tidak mudah terserang penyakit, dan menambah stamina untuk burung, agar tidak mudah lelah.

Cara pembuatan racikan makanan itu sendiri:

Beberapa suing bawang putih di parut, lalu hasil parutannya dikasih air hangat, takaran air hangatnya sesuai kebutuhan saja. Setelah itu yang digunakan hanyalah air rendaman bawang putih tersebut. Kita saring sisa-sisa bawang putihnya hingga bersih, dan air bawangnya kita bisa gunakan untuk merendam milet. Tunggu beberapa jam agar air bawang dapat meresap ke dalam milet tersebut. Kalau sudah selesai masa perendaman, milet bisa kita jemur hingga kering, atau kalau dirumah memilik oven, bisa kita pergunakan oven biar lebih cepat proses pengeringannya.

Untuk Perawatan belalang tempur sehari – hari dan menjelang lomba:

Untuk perawatan sehari-hari belalang tempur sangat lah mudah dan tidak merepotkan saya. Yang saya hanya lakukan, rutin mandi tiap malam hari sekitar pukul 18. 00, dan jarang sekali untuk dijemur, makanan nya pun hanya milet saja, tetapi milet yang sudah saya racik, yang menggunakan air bawang putih tadi. Untuk persiapan lomba pun cukup sederhana hanya pemberian jagung muda saja, itu pun saat mulai dari H-1, hingga memasuki hari H.

Tapi saya tidak lupa suka memberikan Ebod Strong, 1 minggu 2 kali dengan dosis pemberian hanya 2 sampai 3 tetes saja, di air minum belalang tempur. Agar belalang tempur durasinya naik dan suaranya lebih Kristal. Yang lebih terpenting ebod strong terbuat dari bahan herbal. Jadi aman untuk burung, tanpa ada rasa takut efek samping kedepannya. Saya sendiri memang suka ber esperimen, tapi menggunakan bahan herbal, bukan bahan kimiawi.

Ternyata banyak pemain yang sudah menawar belalang tempur, hingga 30 orang yang menawarnya dengan harga yang berbeda-beda. Dari mulai yang bertemu langsung dilapangan, dan melihat langsung saat belalang tempur beraksi, hingga melalui pesan singkat elektronik dan telepon, peminat nya pun dari Jakarta maupun luar kota. Karena dengar dari mulut ke mulut antar pemain. Tawaran terakhir menembus angka nominal 20 juta rupiah, tetapi beliau masih sayang untuk menjual, dan ingin melihat seperti apa kelak besarnya lovebird baby belalang tempur. Tutur abdul fatah saat berjumpa. (Bayong10/20 februari 2017)

Jika ronggolawers ingin berbagi tips tentang perawatan burung, dan diulas di mediaronggolawe.id dapat menghubungi saya langsung di kontak tlp / wa 081281834232, atau bisa add fb rendy ronggolawe, dan jangan lupa subscribe channel youtube dengan nama Bayong Like . Salam ronggolawer.