Sofyan Anwar Ansory : Kisah Inspiratif Ketua DPC Termuda Ronggolawe Nusantara

308

Kurangnya orientasi dan keseimbangan kegiatan membuat Sofyan Anwar Ansory pria yang selalu ramah dan terbuka ini sempat terjun ke lembah dunia hitam. Terjebak dunia narkoba membuatnya sulit berhenti hingga ia berpikir bahwa harus Move on  meninggalkan dunia kelam ini”Kenapa sih kita harus ketergantungan hal useless begitu, gue perhatikan lebih jauh dan gue kehilangan keseimbangan dan sehari- hari ga ada kegiatan,”kenangnya. pada tahun 2013 hingga ia menemukan suatu pengalihan yang tepat yaitu  mulai menanggalkan hal negatif itu dan memulai kegemaranya pada dunia burung dan mulai masuk organisasi Ronggolawe Nusantara tepatnya di DPW Bekasi Raya pimpinan Aang Ronggo masuk 3 tahun dan membentuk DPC Otonom Cikarang setahun belakangan ini. Berbagai event telah dipercayakan padanya untuk digarap  mulai dari  Hansip Cup I , Piala Markonah, Anniversary Lovebird Mania Cikarang, hingga event paling berkesannya yaitu Piala Wibawa Mukti 1 dimana tembus hingga 2717 peserta dan untuk pertama kalinya membuat event 2 lap dengan support 40 juta dari Bapak H.Ebod  dan doorprize Umroh yang ia akui belum ada pengalaman untuk menggelar event 2 lap sebelum-sebelumnya.

Menurutnya suatu kebanggan tersendiri bergabung bersama Ronggowale walaupun bukan murni sebagai pemain maupun EO suatu kontes burung “ semuanya saya awali dengan nekat dari nol, karena saya bertekad untuk berusaha dan berorganisasi mengutamakan kerja..kerja..dan kerja,”ujarnya menceritakan pengalamannya dalam kontes dunia burung ini. Dalam menjalani karirnya di dunia burung ia menceritakan bahwa tidak ada duka yang ia alami karena ia mengaku menjalaninya dengan hati dan apabila menemukan suatu kendala di lapangan ia hanya memegang prinsipnya untuk sabar, segalanya tidak instan dan semuanya tidak harus dilihat di dalam hasil akhir tapi prosesnya. Selain berorganisasi di dalam kontes dunia burung, Sofyan juga aktif sebagai anggota Karang Taruna di Kecamatan dan Kabupaten Bekasi.

Ia juga menaruh harapan-harapan pada dunia kontes burung khususnya untuk Ronggowale dan penggemar burung iya berharap semoga terus jaya dan berkembang untuk dunia perburungan nasional hingga mencapai eksistensi yang diharapkan dan untuk para penggemar burung “Semoga nanti kita dapat bertemu pada 1 titik di dalam event Piala Kapolres Metro Bekasi Minggu 17 Maret 2019 mendatang” ujarnya.  Di dalam karirnya Sofyan selalu berterimakasih kepada orang yang paling berjasa di dalam dunia perburungan dan yang telah menjauhkannya dari dunia kelamnya yaitu sosok kakak baginya sekaligus orang tua yaitu Doni Lawing dan H. Agus Maksum.

Event yang digagas Sofyan minggu ini