Pecinta burung tampaknya semakin menjamur. Bahkan, setiap jenis burung sudah memiliki pecintanya masing-masing. Tak heran, bila saat ini banyak bermunculan komunitas pecinta burung yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan salah satu diantaranya adalah komunitas pecinta Lovebird yang bernama SJS Baraya Team.

Semakin bertambahnya pecinta lovebird dari tahun ke tahun, berdampak pula dengan semakin banyaknya anggota SJS Baraya Team.

Mr. Derro ( Tengah ) , Pengurus SJS Baraya Team Sekaligus Sang Pencetak Lovebird Obyokan Menjadi Juara.

Dibanding burung jenis lain, lovebird merupakan jenis yang paling mudah dirawat. Karena, lovebird merupakan burung yang tidak gampang terserang penyakit. Selain itu, pakan utama lovebird pun terbilang mudah didapat yakni pakan burung berbentuk biji-bijian. Istimewanya lagi, lovebird merupakan burung koloni yang bisa dimasukkan ke dalam sangkar berbarengan dengan lovebird lain.

Sama seperti jenis burung lain, lovebird juga terdiri dari berbagai jenis. Diantaranya jenis Peachfaced, Personata, Fischeri, Nyasa, Black-cheeked, hingga Redfaced.

Logo SJS Baraya Team.

Visi dan Misi SJS Baraya Team.

Sesuai dengan kesepakatan antar anggota, SJS baraya Team memiliki visi yaitu “Menjadi komunitas tempat bernaungnya penghobi burung lovebird di wilayah Subang Pagaden  untuk bersilaturahmi, berdiskusi, berkreativitas, berprestasi, berderma dengan berdasarkan atas rasa kebersamaan dan menjunjung tinggi persahabatan”.

Visi itu kemudian dijabarkan dalam beberapa misi berikut ini:

  1. Menjadikan SJS sebagai wadah para penghobi burung lovebird di wilayah Subang.
  2. Menjadikan SJS sebagai sarana bertukar pengalaman penanganan burung lovebird.
  3. Menjadikan SJS sebagai sarana berkreativitas yang berkaitan dengan burung lovebird.
  4. Menjadikan SJS sebagai komunitas yang berprestasi dalam berbagai ajang di wilayah regional dan nasional.
  5. Menjadikan SJS sebagai komunitas yang peduli dengan sesama, ” Eleh Meunang Babarayaan “.

Adapun rencana aksi yang sudah disusun antara lain:

  • Membuat penangkaran lovebird yang dikelola oleh anggota SJS.
  • Membuat lovebird bukan hanya sebagai burung kicauan, melainkan dapat dijadikan bahan kolektor yang diburu untuk mengkoleksi warna-warna mutasi.
  • Meramaikan lomba-lomba di kelas lovebird.
Mr. Asep Nthut Salah Anggota SJS Baraya Team.

Pakan utama lovebird adalah milet putih, hampir semua anggota SJS Baraya Team lovebirdnya  mengkonsumsi Miltih produk dari Ebod Jaya, Miltih adalah pakan yang sangat digemari burung pemakan biji-bijian seperti kenari, finch, parkit, dan lovebird. Pakan ini memiliki kandungan nutrisi tinggi untuk burung peliharaan. Milet bisa diberikan dalam berbagai cara penyajian, termasuk dicampur dengan bahan pakan lain agar bisa meresap ke dalam bijinya sebelum dikonsumsi burung. Milet racikan bernutrisi tinggi ini bisa membuat burung lebih sehat, lebih aktif, dan lebih rajin berbunyi.

Miltih Merupakan Solusi Terbaik Untuk Menstabilkan Birahi Lovebird.

Miltih merupakan solusi terbaik untuk menstabilkan birahi lovebird kesayangan anda, baik untuk dipergunakan setiap hari agar kondisi lovebird yang kita rawat selalu berada dalam kondisi prima.