Settingan Rumput Membuat LB Bianca Borong Juara

173
Om Hakam Posisi Sebelah Kanan Bersama Om Akbar Posisi Sebelah Kiri

Berbicara settingan burung lovebird untuk saat ini, bervariasi dan terus berinovasi. Setiap pemain lovebird pasti memiliki settingan sendiri – sendiri dan beragam versinya. Salah satunya settingan lovebird milik Om Hakam, pemain lovebird asal kota Jakarta.

Aneh tapi nyata, bisa dibilang. Pada wajarnya untuk menyetting sebuah lovebird, pemain memberikan extra fooding seperti jagung, kangkung, timun, bayam, dan cannary seed. Tapi ternyata Om Hakam tidak menggunakan itu semua, Om Hakam menggunakan Rumput sebagai extra fooding burung lovebird – lovebird lombanya.

Om Teguh Posisi Sebelah Kiri Pemilik LB Bianca

Saat bertemu beliau bersama rekannya Om Akbar, di EO Ronggolawe Nusantara Neutral Bird Contest Jakarta Utara, pada hari Jumat ( 8/2/19 ). Beliau membawa salah satu amunisi lovebird terbarunya yang bernama Bianca, milik Om Teguh ( Peace Crew Sf ).

Bianca tampil sangat baik sekali pada saat itu, buka tutup hanya sebentar atau jeda persekian detik, durasi stabil diatas 30 detik up, meraih stik point sangat cepat sekali. Dan juga kestabilan Bianca disetiap sesinya sangat bagus. Dan hari itu Bianca mampu meraih point juara 3 di kelas lovebird bebas aksi A, juara 2 di kelas dewasa rapih, dan juara 2 dikelas lovebird bebas aksi B. Om Hakam sangat puas melihat penampilan Bianca pada hari itu, terlebih ini burung baru tapi kuat main lebih dari 1 sesi.

Aksi Lb Bianca

Asal mu asal Om Hakam menemukan settingan Rumput. Pada awalnya ini semua ketidak sengajaan sebenarnya, pada saat itu beliau sedang menjajal salah satu lovebird milik beliau yang sedang mengalami birahi, sesi pertama lovebird beliau tidak mau jalan, dan hanya bermain saja di bawah sangkar, beliau terus berfikir untuk mencari solusi lovebird ini agar tidak birahi. Dan saat itu burung ditaruh dipanggir lapangan, tidak sengaja beliua melihat burung tersebut menggigit rumput, seperti suka sekali dan beliau membiarkan saja agar lovebird tersebut terus menggigit rumput. Tapi tiba – tiba saja burung menjadi gacor sekali, dan terus bunyi. Pada akhirnya beliau membeli tiket kembali, dan hasil sangat takjun, lovebird tersebut birahinya turun dan meraih juara 1.

 

Dari situlah Om Hakam menemukan settingan Rumput, dan diterapkan hingga saat ini. Menurut beliau, efek dari rumput itu membuat birahi lovebird stabil, karena rumput memberikan hawa dingin, rumput juga dapat penggati sebagai kayu gigitan, yang fungsinya penstabil biarhi.

LB Bianca Sebelah Kanan, Bersama Pasangannya

Cara pemberiannya, cukup sediakan saja rumput didalam sangkarnya setiap hari, apabila rumput sudah kering wajib ganti dengan yang baru.

Selain memberikan settingan rumput, Om Hakam juga memberikan tips perawatan lovebird. Sebenarnya untuk perawatan lovebird itu sangatlah mudah dan simple, yang terpenting teratur. Seperti mandi jemur teratur, mandi pukul 07.00 pagi, dan jemur pukul 08.00 pagi hingga pukul 10.00, serta kebersihan sangkar dan air minum juga harus diperhatikan.

Tapi ada hal yang paling terpenting agar lovebird stabil juara, beliau mengatak hal terpenting itu ialah masalah pakan harian lovebird. Pakan lovebird harian menentukan kesehatan burung, burung juara haruslah sehat dulu. Banyak pemain lovebird, memberikan pakan millet kiloan untuk jagoannya sehari – hari, memang millet kiloan saja sudah cukup, tapi untuk kebersihan millet kiloan masih dipertanyakan, belum lagi banyak millet kiloan yang dipaksa dipanen atau millet muda sudah dipanen, jadi isinya kopong dan lovebird kerap sekali membuang millet seperti ini, dengan begitu lovebird tidak kenyang dan tenaga tidak terisi. Om Hakam memberi bocoran untuk menu makan sehari – hari amunisi lovebirnya.

Beliau menggunakan salah satu produk dari pabrik besar yang sudah dipercaya untuk masalah kebutuhan burung di Indonesia. Produk yang beliau gunakan yaitu MILTIH produk keluaran ebod jaya. Nama miltih sendiri sudah tidak asing lagi di para lovebird mania, miltih sudah teruji kebersihannya, dan juga miltih menggunakan bahan baku millet yang sudah tua, jadi burung lahap memakannya. Dengan begitu tenaga burung terisi terus, burung selalu tampil prima, dan yang terpenting lovebird kuat terhadap penyakit, karena didalam miltih terdapat rempah – rempah, yang mampu membasi virus serta bakteri dari luar tubuh lovebird sampai dalam tubuh lovebird. ( Bayong Like 1).