Kategori: Profil

Sejak Baby, “Vampir” Sudah Biasa Turun di Kelas Dewasa

Adanya latber/ latpres/ lomba dengan kelas lovebird baby, menambah ramainya kelas untuk paruh bengkok. Seolah tidak ada pergantian generasi untuk jenis burung ini. Artinya tanpa menunggu dewasa atau umur tertentu, lovebird bisa untuk diajak lomba. Hal ini terbukti adanya kelas LB dewasa tapi beberapa peserta ada yang masih baby/ berumur 5 bulan atau kurang, dan tidak kalah durasi ngekeknya dengan yang sudah dewasa.

Tidak terkecuali dengan burung yang diberi nama “Vampir”. Burung yang sejak umur 3 bulan sudah turun di even, bahkan belum juga 5 bulan, sudah diturunkan di kelas dewasa. “Vampir” yang berjenis kelamin betina ini sudah sejak umur 1 bulanan dirawat oleh Faiz,  pemuda 18 tahun asal Desa Jatibarang Lor Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes.

Sejak kecil, “Vampir” selalu dalam kandang koloni dengan pasangannya, ketika masih berumur 3 bulan-an, burung ini sudah sering diturunkan di latber, kelas baby tentunya. Seringnya burung ngekek antara 20 s.d 25 detik dengan spasi yang sangat rapat, dalam 1 sesi, bahkan pernah mencapai poin 3.800, tidak heran jika “Vampir” sering membawa pulang tropi juara 1. Dalam satu minggu, burung mampu turun 3 sampai 4 kali latber.

 

Perawatan “Vampir” tidak lah aneh-aneh. Setiap hari diembunkan sekitar 2,5 jam, pukul 04.30 sampai dengan pukul 07.00 wib, kemudian burung mandi sendiri di cepuk, selanjutnya di jemur sampai setengah sembilan. Sangkar harian menggunakan sangkar kotak/kandang ternak dan  dikoloni dengan  jantanya, kalau lomba baru burung dimasukkan ke kandang kapsul/ lomba. Demikian terus perawatan sejak umur 3 bulan sampai sekarang, 7,5 bulan. Untuk pakan harian selalu diberikan miltih, pakan produk Ebod Jaya, dan untuk vitamin selalu diberikan Ebod Jos setiap hari 2 – 3 tetes, langsung lewat paruh. 1 jam menjelang turun lomba, diberikan lagi 3 – 5 tetes Ebod Jos.

Prestasi yang pernah diperoleh sejak baby, Juara 1 Anniversary Sinar Mas, Juara 1 di Piala Kaligung,  Juara 1 launcing Harbas BC,  Juara 1 Latpres  Segara Madu,  Juara 1 di Raja Enterpriz.  Poin rata rata yang diperoleh di atas 2.000.

Belum juga 5 bulan, “Vampir” dicoba diturunkan di kelas dewasa, dan hasilnya, sering juara di angka 1 sampai 5. Hal ini menunjukkan bahwa burung prospek kedepannya sangat bisa diandalkan sebagai jagoan baru. (Yus tegal)

 

 

 

 

Bagikan
Diterbitkan oleh

Artikel Terbaru

  • Daftar Juara Latber/Latpres
  • Hasil Lomba

DAFTAR JUARA FNR CUP 1 TUBAN, MINGGU 11 APRIL 2021

Gelaran FNR CUP 1 Tuban sukses di padati peserta. Ajang lomba burung berkicau yang di…

3 hari yang lalu
  • Profil

Tampil Perdana di Kelas Murai Batu APBN, Emtri Milik Novi H Yakin Langsung Masuk Podium Juara Ajang The Golden Wahana Surya Sumatra Selatan.

Gelaran kontes lomba burung berkicau The Golden Wahana Surya menjadi bukti kedigdayaan EMTRI, Murai Batu…

1 minggu yang lalu
  • Anggota APBN
  • Profil

Kelas Murai Batu Ring APBN Ramaikan Latber Lapangan CS, Ini Harapan Ketua Korwil Jambi

Kelas Murai Batu Ring APBN Ramaikan Latber Lapangan CS, Ini Harapan Ketua Korwil MEDIARONGGOLAWE.ID, JAMBI…

2 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Latber/Latpres

RAJA KENARI PANTURA : BROTHERHOOD EDAN !! BURUNG YORKSHIRE HATTRICK + DAFTAR JUARA

Mediaronggolawe.id - Kesan megah dan mewah memang layak disematkan untuk event garapan Papburi Kudus, pasalnya…

2 minggu yang lalu
  • Berita Lomba
  • Daftar Juara Lomba
  • Hasil Lomba

AWAL BULAN GANTANGAN 86 FEAT PHP + Daftar Juara

Mediaronggolawe.id – Latpres rutin awal bulan gantangan 86 Jepara kali ini lebih spesial pasalnya Om…

2 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Lomba
  • Hasil Lomba

Penipu SF dan Rafa Team Juara Umum Bar-Bar Cup 1 Feat Krisna BC Krian, Mojokerto + Data juara. Minggu, 28 Maret 2021

Anniversary Bar-Bar Cup 1 yang diselenggarakan Minggu (28/03) pagi kemarin, berjalan sukses fan lancar. Tak…

3 minggu yang lalu