Satukan Misi Untuk Meramaikan Kelas Kenari, Komunitas Kenari Heppy Magelang Sukses Di Event Piala Kartini

149

Semakin mewabahnya virus burung kicauan, menjadikan semakin banyaknya kicau mania khususnya di kota Magelang ini, dari berbagai latar belakang pekerjaan, dari yang tua ataupun muda, bahkan tak sedikit dari mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Dengan kesamaan pada hobby yang sama yaitu terhadap burung mereka membentuk suatu wadah yang disebut dengan komunitas burung berkicau. Komunitas Kenari Heppy Magelang  adalah salah satu komunitas pecinta burung kenari yang memiliki misi untuk selalu meramaikan kelas kenari di kota Magelang. Seperti yang kita ketahui bahwa burung kenari mempunyai banyak jenis, dari yang lokal, loper, af hingga yang impor. Di sekitar tahun 2010 burung kenari sempat naik daun bahkan harganya cukup fantastic, namun saat itu para penghobby lebih menyukai warna dari burung kenari, variasi warna burung kenari mulai dari warna kuning, hijau, merah ataupun campuran (bon). Berbeda dari sekarang, dahulu harga burung kenari sesuai dengan warnanya, kicauan adalah bonus, tapi di era sekarang burung kenari termasuk ke dalam burung lomba, alhasil banyak yang mencari burung kenari dengan suara kicauan yang panjang dan memiliki irama lagu yang dahsyat.

Berawal dari hobby yang sama terhadap burung yang sama, komunitas Kinari Heppy Magelang terbentuk atas dasar ingin mengangkat kembali kepopuleran burung kenari yang sempat meredup, tak dipungkiri harga burung kenari termasuk turun drastis dari tahun ke tahun, tapi dengan adanya kontes burung kenari, harga burung kenari pun sedikit demi sedikit mengalami peningkatan. Komunitas Kenari Heppy Magelang yang beranggotakan 30 anggota dengan amunisi burung kenari yang beragam jenis. Komunitas Kenari Magelang selalu datang berombongan di latber, Latpres Maupun event. Dengan membawa burung andalan mereka. Salah satu burung gacoan mereka yang tengah merajai daftar juara adalah burung kenari Ganesha milik Mr. Huda Septiawan. Burung dengan warna cerah dan mempunyai kicauan yang panjang dan beragam isian ini mampu memikat hati para juri di setiap penampilanya. Ditemui di event Piala Kartini Mr. JHuda Septiawan memberikan sedikit bocoran pola rawatan burung kenarinya.

“Sama halnya dengan yang lainya, tidak ada perlakuan khusus terhadap burung kenari Ganesha, pola rawatan yang simple tapi tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan, pakan yang berkualitas dan penambahan multivitamin agar burung tidak mudah terjangkit penyakit. Untuk pakan harianya saya memberikan Ebod Canary produk Ebod Jaya yang mempunyai campuran millet merah, kenari seed, millet putih yang sangat disukai burung kenari. Untuk multivitaminya saya memberikan ebod joss untuk burung lebih gacor dan bertenaga” biasa saja kan, ucap Mr. Huda Septiawan.

Terima kasih kepada komunitas Kenari Heppy Magelang yang telah berbagi ilmu dan pengalamanya untuk pola rawatan burung kenari jawara. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat kepada seluruh kicau mania dalam merawat burung kenari jagoan anda. Salam Strong

Kelahiran Jakarta 18-Des-1984, Agama Islam. Saya Asli Jakarta tapi setelah menikah dan kebetulan saya mendapatkan jodoh orang Muntilan, sekarang saya bertempat tinggal di Muntilan Kabupaten Magelang Jateng dan sudah menetap di Muntilan sejak tahun 2010 sampai sekarang.