Berawal dari kecintaan dengan alam dan memiliki hobi yang sama, sejumlah pemuda pecinta burung di kabupaten Subang  mendirikan Komunitas Baraya Ciblek Subang ( BCS ).

Logo Baraya Ciblek Subang.

Ketua BCS, Ri’e Ashifa mengatakan, burung ciblek adalah sejenis burung pengicau atau ocehan. Burung dari suku Cisticolidae ini menjadi primadona sendiri karena tipikalnya yang ramai dan lincah.

“Baraya Ciblek Subang adalah pencinta burung ciblek. Di BCS  ini tak ada master atau pemula kita semua sama saling berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang ciblek, ciri-ciri burung Ciblek punya has suara ngebren. Buru kecil dengan suara lantang,” ujar Ketua BCS, Ri’e Ashifa.

Lebih jauh kata Om Ri’e, burung ciblek saat ini terancam punah lantaran mulai banyak diburu orang untuk diperdagangkan terutama di Jawa Barat.

“Kelestarian burung ciblek saat ini sangat memprihatinkan dikarenakan banyaknya penangkapan besar-besaran dan tidak diimbangi dengan penakarannya dan seperti diketahui memang burung ciblek sukar untuk ditangkarkan,” katanya.

Ekspresi Anggota BCS Saat Gantang Gacoannya.

Komunitas Ciblek Baraya Ciblek Subang ( BCS ) sudah banyak menelurkan generasi pecinta  Ciblek di kota Subang. Beberapa kali latpres yang digelar tetap konsisten mengangkat pamor burung-burung kecil.Selain ikut berlomba, mereka juga menampakkan kekompakannya dengan tujuan mengangkat komunitas ciblek, yang akhirnya selalu memjadi sorotan yang positif serta selalu berantusias meriahkan di setiap perlombaan yang di ikutinya, sehingga setiap kehadirannya memberikan warna tersendiri di perlombaanya, dimana di setiap anggotanya masing masing membawa dan menurunkan amunisi amunisi terbaiknya dan hampir seluruh amunisi BCS  mendominasi daftar tangga juara, BCS yang merupakan suatu komunitas Burung Ciblek di Kabupaten Subang ini mempunyai Visi dan Misi yang positif dalam dunia perkicauan, kekompakan serta selalu berbagi pendapat tentang amunisi yang mereka milik menjadikan suatu contoh yang baik bagi para kicau mania.

Perawatan burung masing-masing berbeda tergantung pada perilaku awal burung tersebut, terkadang seperti perubahan lingkungan, kandang dan tenggeran dapat merubah kebiasaan mereka, makanya peran majikan adalah melakukan pengamatan perilaku burung sebelum menetapkan mereka untuk dipoles.

Perawatan harian dan perawatan menjelang lomba juga berbeda, contohnya ciblek yang akan dilombakan memerlukan tenaga extra sehingga kita perlu menyimpan tenaganya sampai lomba tiba supaya ciblek akan poll mengeluarkan kemampuanya saat lomba, dan hal lainya anda dapat baca pada beberapa tips paten mengorbitkan burung ciblek menjadi juara lomba seperti telah dilampirkan dibawah ini.

Perawatan harian ciblek

  • Gantangkan ciblek setiap hari sekitar jam 6 pagi atau kurang dari jam tersebut saat embun pagi muncul, karena proses pengembunan adalah proses yang bagus untuk meningkatkan energi dan pengembangan kicauanya, nah sobat dapat memprediksi sendiri dengan daerah masing-masing kapan embun pagi muncul.
  • Pemberian pakan standard dan EFperlu dilakukan setiap hari juga, selain voer dan kroto pakan telur rebus juga salah satu pakan yang dapat dipilih karena telur rebus memiliki kandungan protein tinggi yang dapat merangsang birahi ciblek, berikan telur rebus secukupnya agar ciblek tidak over birahi.
  • Air perlu diganti setiap hari, tempat minum harus dibersihkan jika perlu gunakan air yang sudah matang.
  • Jam 7 pagi mandikan ciblek dengan menggunakan cepuk air, jika sudah mandi jangan lansung digantangkan, biarkan ciblek mengeringkan bulunya dahulu sampai beberapa saat baru lah digantangkan.
  • Sekitar jam 8 masukan ciblek ke tempat yang sedikit adem, lalu putarkan masteran dari pejantan lain yang kicauanya sudah mapan atau pancing ciblek dengan suara ciblek betina, trik ini dilakukan untuk mengecas power ciblek.
  • Sore hari gantang kembali ciblek berikan dahulu 2 ekor jangkrik, gantang ciblek sampai petang barulah kerodong dan masukan kembali kedalam rumah.

Perawatan ciblek calon juara sebelum lomba

  • Proses penjemuran hampir sama seperti perawatan harian, tetapi yang terpenting khususkan ciblek yang akan mengikuti lomba ini ditempat dimana tidak ada ciblek lain, hal ini dilakukan karena ciblek akan banyak mengeluarkan energinya saat membalas kicauan ciblek lain, resikonya dia akan loyo saat diarena lomba nanti.
  • Beri mereka jangkrik dan kroto saat lomba, multivitamin atau suplemen juga dapat diberikan agar ciblek memiliki tenaga ekstra. Jika punya waktu anda pun dapat memberikan racikan jahe, pembuatanya mudah anda hanya perlu menumbuk jahe lalu di panaskan dalam panci sampai sarinya tercampur sampai mendidih, setelah air jahe telah mendingin barulah berikan pada ciblek.
  • Bersihkan bawah sangkar pastikan tidak ada sisa pakan berjatuhan ( persiapan H-1 sebelum lomba )
  • Kerodong ciblek saat setelah penjemuran hal ini dilakukan agar ciblek dapat menyimpan energinya ( H-3 sebelum lomba ). Kerodong ciblek dengan kain yang agak tebal agar ciblek tidak strees saat diperjalanan ( persiapan hari H saat lomba ).

Perawatan umum diatas banyak berhasil mendongkrak kemampuan ciblek saat dan sebelum lomba, tetapi ingat kualitas ciblek juga bergantung pada kualitas genetik dan bakat ciblek, yang pasti ciblek yang memiliki indukan gacor lebih mudah untuk dipoles walaupun anda perlu mengeluarkan budget tinggi juga untuk mendapatkanya.

Voer  NgeBren (Mini Pellet) Adalah Voer Khusus Lomba/Premium yang sangat bagus untuk Ciblek.

Voer  NgeBren (Mini Pellet) Adalah Voer Khusus Lomba/Premium yang sangat bagus untuk Ciblek & Pleci. Bikin momongan kesayangan anda Gacor dan Tampil ngotot diarena gantangan.