Ring Sandi MTR BF Ponorogo, Konsisten Menjaga Kualitas Tangkarannya

75

Mediaronggolawe- Sandi MTR BF, merupakan salah satu penangkar Murai batu sukses di kota Ponorogo. Kesuksesannya layak dijadikan teladan bagi penangkar- penangkar lainnya kususnya pemula. Ketelatenan serta komitmennya dalam menjaga kualitas hasil tangkarannya, sukses dibuktikannya.

Penangkaran Murai batu yang dikembangkannya terbilang modern. Cara menata kandang dengan memanfaatkan pekarangan rumah, berhasil membuat kesan “ serius “. Ya, memang Ring Sandi MTR Ponorogo sudah terkonsep sejak awal untuk menjadi breeder yang tak setengah- setengah.

Selain lokasi yang nyaman bila ada teman yang berkunjung, kandang penangkarannya pun cukup bersih, sehingga bisa buat santai sambil ngopi- ngopi bersama teman. Bukan hanya tampilan kandangnya saja yang imagenya dibangun, tapi kualitas anakannya pun benar- benar dijaga. Percuma saja saya dengan susah payah mengembangkan penangkaran saya, kalau hanya menghasilkan anakan yang tidak memiliki nilai lebih, tandas om Sandi sang pemilik ring Sandi MTR Ponorogo.

Untuk menghasilkan anakan berkualitas kontes, tentu tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Terkadang, orang awan taunya hanya nilai uang saat panen. Mereka tidak memikirkan betapa sulitnya menghasilkan produk yang berkualitas. Selalu ada saja kendala semisal macet produksi, telur tidak menetas dll. Kondisi tersebut selain rejeki, faktor cuaca juga sangat menentukan. Tapi alhamdulillah, selama ini saya masih bisa bertahan dan tetap semangat.

Kandang- kandang ring Sandi MTR pun semuanya terisi indukan- indukan trah jawara yang kualitas materinya telah teruji dilapangan. Om Sandi MTR memang sengaja mengisi semua kandangnya dengan materi indukan pilihan. Dengan materi indukan saja belum tentu bisa hasilnya bagus, apalagi yang kita masukkan kandang bukan materi bagus, bongkar om Sandi MTR.

Beberapa indukan ring Sandi MTR, dulunya merupakan jawara lapangan. Salah satunya adalah Naga Bonar. Mungkin kicau mania blok timur masih mengingat nama Naga Bonar. Aksinya dilapangan sangatlah menonjol terutama pada volume, isian roll tembaknya serta gaya sujudnya yang khas.

Merasa telah cukup kenyang prestasi dilapangan, Nago Bonar pun pensiun dan dimasukkan kedalam kandang. Keturunan dari Naga Bonar sendiri telah banyak menua prestasi. Mewarisi bapaknya, sang anak juga memiliki mental tarung yang luar biasa. Soal isian dan volume, pokoknya jaminan kualitas.

Jago lain om Sandi MTR yang telah diakui kualitasnya adalah Balak 6 Sandi. Namanya yang unik, sesuai dengan penampilannya dilapangan. Balak 6 Sandi memiliki karakter isian yang unik dan jarang dimiliki jago- jago Murai Batu lainnya. Uniknya disini adalah kalau biasanya, seekor Murai Batu membawakan isian rambatan dengan cengkok standart, kalau Balak 6 Sandi divariasi diseret- seret gulung. Kemampuannya bervariasi lagu pun diakui ciamix oleh Murai mania lainnya. Terlebih, keunggulan volumennya jarang disamai.

Selain materi indukan yang berkualitas, perawatan terutama kesehatan indukan sangat diperhatikan oleh om Sandi. Beliau selalu memberikan pakan yang berkualitas bagi indukan. Selain menu utama kroto dan jangkrik, voor Ronggolawe masih menjadi pilihan utamanya. Voor Ronggolawe memiliki nutrisi yang sangat tinggi dan dibutuhkan oleh burung.

Selain itu, setiap pasang indukan tak lupa diberikan Ebod Breeding untuk menjamin kualitas telur. Bukan hanya indukannya saja yang diperhatikan secara kusus. Anakan ring Sandi MTR diwajibkan mengkonsumsi bubur lolohan Trotol dari Ebod Jaya. Dengan bubur Trotol, kesehatan anakan pun terjamin. Kalau anakan sudah sehat, tinggal dimasteri saja dengan berbagai jenis burung masteran yang komplit di markas om Sandi MTR Ponorogo.

Melihat penanganan yang serius dalam menekuni dunia breedingnya, maka sudah sewajarnya ring Sandi MTR menjadi incaran Murai mania yang mengejar kualitas. Penasaran dengan kualitas ring Sandi MTR ? Silahkan wawancara langsung dengan om Sandi MTR dengan nomor WA : 0813- 5716-2135.

( mediaronggolawe/ ebod jaya )