Rela berbagi kamar tidur dan Raup puluhan juta rupiah perbulan dari beternak 2 indukan prestasi murai batu

130

Mr. IMAM BF adalah anggota APBN asal  Ds. Temenggungan, kecamatan Balong bendo kota Sidoarjo. Kecintaanya pada dunia hoby khususnya murai batu memang sudah mengakar. Bergabung dalam team Kicau lor brantas (KLB TEAM) Mojokerto, torehan prestasi di dunia lomba burung berkicau sudah tak di ragukan lagi. MB. RIZKY sama MB. SHOLEH adalah gaco handal beliau yang kenyang akan juara. Berjejer tropy kejuaraan baik tingkat latber, latpres hingga event sekelas cup pernah beliau raih yang terahir tentu di Event anniversary RWBC gresik selasa kemarin. Sehingga tak heran saat saya mengunjungi kediaman beliau banyak tropy berjejeran bahkan tak muat di rak tropy beliau.

Rentetan Tropy memenuhi Rak tropy sebagai bukti prestasi Mr. Imam di dunia lomba hoby kicau khususnya murai batu.


Kecintaanya pada dunia hoby burung inilah yang mengantarkan beliau memantapkan diri untuk berternak murai batu burung yang paling di sukainya. Bahkan demi mengembangkan breedingnya beliau pun rela berbagi kamar tidur dan rela harus tidur di ruang tamu rumahnya karena kamar tidurnya dipakai buat ternak.

“Saya mempunyai dua indukan ternak prestasi, demi ternak murai batu saya harus rela berbagi dengan kandang ternak saya karena lahan yang terbatas dan tentu faktor keamansn mas. Saya memulai ternak awal mei 2017  dan alhamdulillah bulan juni 2017 langsung berhasil menghasilkan 3 ekor trotol. Sampai sekarang sudah panen normal 7x dengan rata-rata menghasilkan 3 ekor tiap indukannya dan alhamdulillah kemarin malah bisa panen 4 ekor.” Ujar beliau.

Mr. Imam dan kandang murai batu dalam kamar tidurnya.


Penasaran dengan hasil breeding beliau yang tergolong cepat berhasil dan menghasilkan trotol yang begitu banyak, apalagi selama ini banyak keluhan dari para peternak murai batu yang sering gagal panen. Saya pun bergegas menanyakan rawatan harian di kandang beliau.

“Saya memberikan Voer premium Nanjung 105 sebagai voer pakan harian, 3x dalam seminggu saya kasih kroto yang sudah saya campur Ebod breeding sebagai vitamin dan itu saya lakukan rutin hingga sekarang mas karena menurut saya jika kita tidak tertib maka yang ada kegagalan mas. Lalu untuk anakan yang baru saya panen, Sebelumnya saya memakai Sirvi namun semenjak adanya produk merk TROTOL dari EBOD JAYA saya pun langsung cocok ternyata selain mudah larut dan texstur yang lembut kandungan vitamin dan gizi di produk ini sangat bagus dari segi postur badan tulang juga sangat kelihatan lebih kekar dan bongsor.” Ujar beliau sambil meloloh anakan murai batunya.

Mr. Imam saat meloloh trotol-trotolnya.

Sebelum pamit dan melanjutkan tugas berkunjung ke peternak murai batu yang lain, sayapun sempat menanyakan alasan beliau ikut APBN dan apa yang beliau dapat dari keikutan beliau menjadi anggota APBN.


“Awalnya saya takut dengar berita di TV maupun di medsos / FB, katanya burung murai batu masuk burung dilindungi apalagi setelah saya baca dengan teliti ternyata itu benar adanya dan bukan isu. Permen LHK no.20/2018 memang jujur mengguncang saya dan berimbas pada hasil ternakan saya yang jujur di waktu itu susah untuk jualnya. Saya sempet bingung dan Down. Lalu angin segar datang lewat info dari teman-teman saya dengar akan ada pembentukan  APBN yang kata teman saya memfasilitasi keluh kesah peternak murai batu. Tanpa pikir panjang pun saya ikut dan alhamdulillah saya mendapat keuntungan yang luar biasa dengan bergabung di APBN terutama hal informasi, disamping itu harga jual murai batu saya stabil kembali usia 1,5 bulan saya jyalnya 2,5 – 3 jtan dan perbulan saya bisa kantongi 10-15 jt dari hasil jual trotol saya lumayan buat kebutuhan sehari-hari anak istri. Oh ya mas ini ring APBN dan sertifikat keanggotaan saya, doakan ya tahun 2020 nanti trotol ini bisa koncer, nanti kamu liput lagi ya. Canda beliau sambil tertawa.

Sertifikat dan Ring APBN Mr. Imam sebagai bukti keanggotaan beliau di APBN Korwil Gerbang kartasusila.

Demikianlah hasil.liputan saya dengan Mr. IMAM LB BF peternak murai batu anggota APBN asal Sidoarjo jawa timur. Bagi rekan-rekan yang ingin berbagi tips, konsultasi, dan tentu Trah murai berkelas, silahkan hubungi beliau degan alamat tertera diatas.

Pakan Bubur Trotol dari Ebod jaya nyata kualitasnya.