Pekanbaru – Memang perawatan yang konsisten dan penuh kesabaran akan membuahkan hasil yang luar biasa, ini terbukti dan dirasakan oleh om Budy dalam merawat burung lovebirdnya. Burung yang dirawat konsisten setiap hari ini, lansung menunjukkan hasilnya dengan juara pertama di arena lomba yang diadakan di Pekanbaru. Burung koncer dan meraih poin tertinggi yakni 5000 lebih pada kelas Lovebird paud dan loss gantangan yang diadakan bertempat di Pujasera Pekanbaru, minggu (10/02/19).

Prestasi yang diraih om Budy selama ini

Dengan raihan tersebut, lovebird yang diternak lansung oleh om Budy ini, lansung di take over oleh kicaumania asal Jambi yang lansung memantau pada lomba tersebut. Lovebird paud tersebut memang rajin sekali ngekek, dan sangat wajar sekali para pengadil lapangan memberikan poin tertinggi.

Pewarta mediaronggolawe.id lansung tertarik dan lansung menghubungi om Budy untuk dimintai keterangan mengenai lovebird yang membuat heboh acara lomba tersebut. Lovebird dengan ring 28 ini, membuat para penonton pada kelas tersebut terkesima dan tidak percaya yang dilihatnya. Dengan raihan tersebut, LB ini lansung di Take Over oleh kicaumania dari Jambi.

Lovebird di kandang ternak

Saat ditanya soal perawatan, om Budy menjelaskan bahwa “burung ini hariannya di kandang ternak, biasanya burung ini bergabung dengan beberapa ekor burung dan bisa mencapai 9 ekor burung dalam kandang tersebut. Burung ini pun pakan milet putih saja yakni Ebod Miltih, dibarengi Ekstra Fooding (EF) jagung manis setiap harinya dan jagung ini harus diganti setiap hari. Burung ini jarang sekali mandi, cukup dikasih cepuk besar saja yang diletakkan di dalam kandang. Untuk minum, harus diganti setiap hari dan dijaga kebersihan wadah tempat minumnya sambil burung ini dimaster 24 jam”, tutur om Budy.

Lovebird dari peternakan om Budy ini bernama ring Budyjumbee, dan untuk Lovebird yang juara dan mendapatkan poin tertinggi kemaren adalah ring yang berkode 28. Burung ini pun sangat sederhana sekali untuk setting lombanya, cukup dimasukkan kedalam sangkar koloni dan dikrodong rapat, diusahakan jangan sampai melihat lovebird lain selain didalam kandang koloni. Satu sesi sebelum naik ke gantangan, Lovebird ini dicabut dengan hati-hati dari kandang koloni dan dimasukkan kedalam sangkar kapsul. Setelah itu, burung harus diganggu supaya tidak ngekek terus menerus dengan menggunakan jari tangan.

om Budy bersama istri

Dalam perawatan dan setting lomba, om Budy tidak hanya merawat burungnya sendiri, melainkan dibantu oleh sang istri. Kesibukannya dalam pekerjaan, Om Budy sangat terbantu bila hoby nya didunia kicau disuport penuh oleh keluarga. Apalagi bisa membuat lovebirdnya juara, bisa mencapai rekor poin tertinggi 5340 poin dan lansung ditake over diarena lomba dengan harga lumayan tinggi dari harga pasaran lovebird paud lainnya. Bila kicaumania berminat dengan lovebird hasil ternakan ring Budy Jumbee dari om Budy dapat menghubungi beliau dengan nomor kontak dan W.A 085266022719.(efn)