Rawatan Mudah dan Murah Ala Lovebird Percil

57

Ramainya kelas Lovebird diberbagai event membuat para kicau mania semakin berlomba-lomba untuk memposisikan gacoannya menjadi yang pertama. Salah satunya adalah Yoko yang semakin sukses dengan Love Bird andalannya yaitu Percil. Love bird Percil sudah membuktikan prestasi-prestasinya hampir disetiap event yang diikutinya. Sang jawara Love Bird ini semakin memposisikan Yoko sebagai kicau mania yang disegani kawan maupun lawan.

Love bird Percil memang memiliki kualitas jempolan.  Dengan gaya nyekleknya dan juga ngekeknya yang panjang dan rajin semakin membuat kepincut orang yang melihatnya. Selain itu Percil juga sangat tenang dan juga stabil. Pantaslah kalau Percil ini menjadi jawaranya kelas Love Bird.

Memang semua itu tak lepas dari campur tangan sang pemilik yaitu Yoko. Perawatan yang diberikannya kepada Percil tidaklah sembarangan. Meskipun Percil sudah memiliki dasar yang cukup bagus namun apabila tidak diimbangi dengan perawatan yang maksimal dan kesungguhan dalam perawatannya tentu semua itu tidak akan didapatkan Percil. Perawatan yang maksimal bukan berarti memberikan perawatan yang berlebihan. Dalam merawat Percil ini, Yoko tetap memberikan perawatan yang sewajarnya saja.

Ditemui disela-sela Latpres Ronggolawe Nusantara Ponorogo, Yoko membagikan sedikit rawatan Percil. Rawatan tersebut diantaranya adalah perawatan harian yang dimulai pada pagi hari. Dan itu semua dilakukan secara rutin. Biasanya, Percil selalu dikeluarkan pada pagi hari untuk diangin-anginkan terlebih dahulu. Mandi biasa dilakukan setelah proses angin-angin selesai. Untuk mandi ini Percil terbiasa mandi dengan spraying/semprot halus sampai basah kuyup. Cara mandi ini sesuaikan dengan kebiasaan burung masing-masing. Kenali sifat dan kebiasaan burung anda.

Setelah proses mandi selesai, jemur burung kurang lebih 1-2 jam saja sampai bulu kering sempurna. Jangan campurkan dengan burung sejenis agar penjemuran ini dapat maksimal dan burung tetap bisa menjaga birahinya. Setelah penjemuran jangan langsung mengerodong burung. Biarkan burung ditempat teduh, bisa di bawah powoh atau diteras rumah. Ganti selalu air minumnya dan berikan beberapa tetes Bio Fighter. Produk dari Ebod Jaya ini sangat ampuh mendongkrak stamina burung dan pastinya sangat aman apabila digunakan setiap hari. Selain digunakan rutin setiap hari, Yoko juga memberikan Bio Fighter pada saat lomba. Pemberian beberapa tetes satu jam sebelum digantangkan, membuat Liontin semakin fighter.

Pastikan selalu menambah atau mengganti pakannya apabila pakan sudah mulai habis. Yoko selalu memberikan pakan biji-bijian yang berkualitas tinggi dengan memberikan pakan khusus Love Bird dari produk Ebod Jaya yaitu pakan Miltih. Selain pemberian biji-bijian tersebut, Yoko juga memberikan EF (extra fooding) berupa jagung manis segar dan juga buah-buahan. Kangkung segar biasanya hanya diberikan sesekali atau pada saat burung akan mengikuti lomba.

Jaga selalu kebersihan kandang dan burung untuk menghindari datangnya penyakit yang diakibatkan kuman dan bakteri yang ada disekitar burung dengan menambahkan Shampo Jatijajar yang digunakan untuk mandi dan juga sebagai pengganti disinfektan yang bisa disemprotkan di kandang burung.

Rawatan tersebut memang melalui berbagai percobaan. Untuk mendapatkan hasil yang seperti sekarang ini tentunya tidak bisa didaptkan secara instan. Membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal ini. Semoga rawatan tersebut dapat membantu Sobat Ronggolawers semua. Jangan mudah putus asa dan gampang menyerah untuk mengenali karakter dan kebiasaan burung anda masing-masing.

(ekopo/mediaronggolawe.id)