Rawatan Bomber ‘KENARI’ Lokal Kualitas Nasional

122

Bomber, Datuk Tanbaro, ILB, Jakarta
Rawatan Sepenuh Hati Membawa Arti

Profesi seseorang ternyata bisa mempengaruhi sifat orang tersebut. Begitu juga yang dialami oleh Datuk Tanbaro. Kesehariannya yang selalu bergelut dalam dunia pendididkan, bisa membawa sifat sabar juga dalam merawat burung–burung koleksinya. Apalagi setelah setahun belakangan ini Datuk Tanbaro meninggalkan profesi sebagai seorang Guru, totalitasnya menekuni hobynya dalam dunia perburungan mulai membawa nilai tambah yang cukup lumayan.

Sudah banyak burung-burung kualitas nasional hasil rawatan tangan dinginnya. Ada Aura, Gladiator, Sniper MM, Aura Ilahi, Aura 2 untuk jenis Lovebird. Belakangan ini Kenari koleksinya juga sudah mulai menempati jajaran Kenari papan atas, seperti Bomber yang prestasinya mulai satbil. Prestasi Bomber yang cukup mentereng yaitu, Gubernur Jabar Cup, Road To Kapolda Jabar, Kapolda Cup Jabar, Presiden Cup III, Piala Panglima dan terakhir bisa Juara di Kapolres Depok Cup 1. Berikut ini Datuk Tanbaro mengungkapkan rawatan Bomber sehari-hari dan rawatan menjelang lomba.


  • Mandi, Mandi menggunakan semprotan setiap jam setengah delapan pagi sampai basah kuyup.
  • Penjemuran, Penjemuran setelah mandi maksimal sampai jam sepuluh pagi, lalu dianginkan sampai bulunya benar benar kering.
  • Extra Fooding, Hari Senin, Rabu, Jumat sayuran Sawi hijau menjadi menunya. Hari Selasa, Kamis dan Sabtu diberikan Ketimun.
  • Kerodong, Bomber selalu dikerodong menjelang sore hari sampai besok pagi.
  • Air Minum, Setiap hari minumannya menggunakan campuran Ebod Vit yang diganti setiap hari.
  • Pakan, Pakan utama hariannya hanya menggunakan Ebod Canary.

“Bomber memang Kenari yang mudah untuk ditampilkan di lapangan. Begitu juga ketika akan diikutkan dalam lomba besar, tidak ada persiapan khusus. Bomber hanya dikerodong full menjelang lomba, ”ucap Datuk Tanbaro.

“Memang terlihat mudah, padahal sebelumnya saya sempat kesulitan untuk menamplkan Bomber. Bomber selalu nabrak sangkar ketika melihat lawannya di gantangan. Setelah pakannya saya ganti dengan Ebod Canary, barulah Bomber kerjanya mulai stabil. Jadi, dalam menemukan setingan Bomber ketika saya medapatkan saran dari rekan saya untuk mengganti pakannya dengan Ebod Canary. Ternyata saran sahabat saya terbukti ampuh dan saya selalu mengunakan Ebod Canary sampai sekarang, ”ujar pria ramah ini menambahkan.

Untuk Sahabat Ronggolawers yang ingin sharing dalam merawat burung, khususnya jenis Kenari dan Lovebird jangan sungkan untuk datang ke rumah Datuk Tanbaro di Jln.Jauhari, Rt.06/04, No.100, Jati Keramat, Jati Asih, Kota Bekasi. Melihat perkembangan dunia perburungan yang semakin ramai, tidak luput dari perhatiannya. Belakangan ini Datuk Tanbaro semakin serius untuk terjun di dalamnya. Selain merawat burun jagoannya untuk turun dalam lomba, dia juga sudah mulai mengoleksi jenis burung lain yang diperjual belikan. Tentunya dengan tetap dijaga kualitasnya.


Cililin coklat dari hutan Sumatera dan Murai Batu bahan dari hutan Sumatra Barat mulai banyak bertengger di halaman rumahnya. Bagi yang berminat, Sahabat Ronggolawers bisa menghubungi Datuk Tanbaro via seluler di (0812-8597-6688), pin BB 7e8a94b7. (kangronggo002)