Ratusan Kali Juara, Cucak Ijo Ben10 Ditawar Rp 20 Juta

603
Alexa Dayan menunjukkan trofi yang diraih cucak ijo Ben 10 dalam acara Adal-Adal SF Cup 1 di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan, Minggu (10/3/2019).

PALEMBANG – Kicau mania di Kota Pempek pasti mengenal cucak ijo yang satu ini. Ratusan kali juara membuat harganya terus merangkak naik.

Ben10, nama cucak ijo yang kali ini diliput MediaRonggolawe.Id. “Burung ini (Ben10/red) di saya sudah enam bulan terakhir. Umurnya baru dua tahun,” kata Alexa Dayan (42) saat diwawancarai disela acara Adal-Adal SF Cup 1, Minggu (10/3/2019).

Dayan mengungkapkan, ia harus merogoh kocek Rp 1,2 juta untuk mendapatkan Ben10. Namun sekarang ia bisa berbangga hati karena cucak ijo kesayangannya itu sudah pernah ditawar mencapai Rp 20 juta oleh kicau mania asal Bangka Belitung.

Cucak ijo Ben10 saat berpose di depan kamera disela lomba Adal-Adal SF Cup 1, Minggu (10/3/2019)

Menurut Dayan, rawatan harian cucak ijo kesayangannya tidak ribet. “Kalau di rumah diablak saja, gak dikerodong. Kalau pagi diembun tapi hanya dua hari satu kali saja. Setelah itu Ben10 dijemur satu jam hingga pukul 07.00. Lalu dimasukkan dalam kerambah mandi agar mandi sendiri. Habis mandi dianginkan di teras sampai pukul 11.00 baru dimasukkan dalam rumah,” jelasnya.

Di dalam rumah, Ben10 tidak pakai kerodong. “Kalau sore dikeluarkan di teras rumah sambil diangin-anginkan sampai pukul 17.00,” tambahnya.

Cucak ijo Ben 10 milik Alexa Dayan saat ppse di depan kamera dis3la acara Adal-Adal SF Cup 1, Minggu (10/3/2019).

Sedangkan perawatan untuk lomba, agak berbeda dari hari biasanya. “Yang pastinya diembun. Lalu mandi pukul 09.00 dan tidak dijemur. Habis mandi dan sudah kering langsung dikerodong dan dibawa ke tempat lomba. Buka kerodongnya kalau sudah mau gantang baru dibuka,” lanjutnya.

Pakan harian yang dipakai hanya berupa voor dan pisang kepok. “Kalau mau lomba dikasih apel Washington. Saya juga kasih jangkrik dua ekor pada pagi dan sore hari.12. Kalau lomba jangkriknya bisa 30 ekor. Dua seai.mau gantang, saya kasih ulat hongkong dua ekor tiga ekor,” jelasnya

Alexa Dayan, memberikan tetesan Ebod Strong ke dalam wadah minum air burung cucak ijo kesayangannya disela lomba Adal-Adal SF Cup 1, Minggu (10/3/2019)

Menunjang stamina burung cucak ijo kesayangannya, Dayan menggunakan Ebod Vit yang dicampur air untuk minum Ben10. “Pakek Ebod Strong juga buat lomba biar staminanya terjaga selama lomba di di gantangan,” pungkasnya.