Rajin Diembunkan Bikin Murai Begal Nana 99 Jawara Karawang Makin Prima + Video

7489

Pengembunan merupakan salah satu cara mengembalikan suasana keadaan burung ketika masih hidup di alam bebas. Mengembunkan burung memiliki tujuan untuk menyehatkan burung. Mempunyai bulu yang sehat dan mengkilap, suara yang nyaring karena mendapatkan udara yang segar sebelum kena polusi.

Pengembunan itu bukan mencari embun. Tetapi bertujuan untuk mendapatkan sinar merah saat terbitnya matahari. Sinar merah itu akan merangsang produksi hormon testosteron yang akan memicu burung rajin berkicau. Sinar merahnya mengandung Ultraviolet kemudian disaring kulit yang akan merubah kolesterol menjadi Vitamin D. Makanya jangan heran kalo pagi hari banyak burung liar berkicau. Bila hormon testosteron ini tidak mau berproduksi maka akan semakin sulit untuk mau berkicau lagi.

Pengembunan burung di tempat terbuka yang langsung menghadap ke langit sangat baik untuk kesehatan burung. Kurang cocok dilakukan pada burung dari jenis paruh bengkok seperti lovebird, parkit, dan burung cucak hijau. Tetapi akan lebih baik untuk burung kicauan seperti anis merah, anis kembang, anis macan, tledekan, kacer, dan murai batu.

Waktu yang baik saat melakukan pengembunan dapat dimulai dari pukul 5.00 pagi, embunkan burung di bagian timur rumah. Hal ini bertujuan agar burung bisa memperoleh sinar matahari pagi seawal mungkin. Selama proses pengembunan, burung harus ditempatkan ditempat yang aman, nyaman dan tidak terganggu oleh hewan lainnya.

“Setelah kerodong dibuka. Begal mulai keluar pagi jam setengah enam. Burung ini perawatannya tidak rewel, hariannya pagi jangkrik 5 ekor dan sore 5 ekor. Tetapi saat diembunkan, Begal kita dorong dulu dengan 3 ekor Jangkrik,” ungkap Om.Fani, perawat Murai Batu begal milik Nana 99 Depok. “Asal dilakukan rutin tiap hari dan dalam kondisi burung sehat. Pengembunan bagus untuk penyembuhan suara yang serak dan terapi untuk Murai yang mengalami birahi tinggi,” tambahnya kemudian.

Sahabat Ronggolawers, seperti yang terlihat di Video “SUARA BURUNG : Pengembunan Murai Batu Begal Gacor Milik Nana 99 Depok,” yang ada di channel Youtube : RonggolaweTV. Terlihat pada saat digantangkan Begal ternyata tidak sendirian. Ada cendet, Srindit dan kenari yang mengapit kiri kanan Si Begal.

Setelah keluar matahari pagi, kemudian Si Begal dipindahkan oleh Om.Fani ke Kandang Mandi. Dibiarkan mandi sepuasnya. ‘Setelah mandi kemudian didorong lagi 2 ekor Jangkrik. Jadi total pagi ada 5 ekor. Kemudian sore, setelah istrirahat dari kandang umbaran, lanjut dorong lagi jangkrik 5 eko. Untuk kroto secukupnya. Baru dikerodong dan diistirahatkan, ”ungkap om.Fani berikutnya.

Saat disinggung bagaimana sejarahnya Si Begal, dengan lugas menceritakan, “Berawal dari survey lapangan untuk gelaran EBOD JAYA di acara Gebyar CBC Karawang Cilamaya Wetan. Saya pantau ada burung yang durasinya bagus, ”papar pria yang sudah berpengalaman mengorbitkan Kacer Shinta Dewa milik Edy PLN-279 Team ini.
“Tak salah pilih memang walaupun cukup rumit mendapatkannya, karena durasi kerjanya istimewa. Dengan materi lagu komplit, ada serindit, kapas tembak, kenari, lovebird, dan cililin, ”tambahnya Om.Fani kepada Pewarta Ronggolawe di rumahnya kawasan Depok ini.

“Kami saat ini mengandalkan Toretto, Pasundan, dan Begal. Kita turunkan ketiganya secara bergantian di setiap lomba, ”jelas Om.Nana yang kesehariannya sebagai Agen Beras di Pasar Musi Depok Timur ini ternyata juga juga mengoleksi Anis Merah. Bicara Nana 99 tentu saja ingatan kita tak akan lepas dari nama Toretto. Murai Batu yang pernah meraih hadiah uang tunai senilai Rp 50 juta setelah menjuarai kelas paling bergengsi EBOD JAYA dalam Piala Panglima TNI CUP di Taman Bunga Wiladatika Cibubur, 9 November 2014.

Om.Nana kemudian menambahkan, satu minggu setelah take over, Begal langsung ‘test drive’ di Cidebog Enterprise di Kawasan Cibinong Bogor dan meraih Juara 1. Gelaran BnR Award 2015 di Cibubur turut dicoba Begal, saat itu meraih posisi ke 11 di Kelas BnR Vit A yang dimenangi Pelor Mas milik H.Nendra. Minggu, 21 Juni 2015, menjadi Catatan prestasi terbaru Begal dengan meraih Juara 1 di Kelas Batavia saat turun di Batavia Cup 1 Pasar Kemis Tangerang saat itu.

Perlu digarisbawahi, persahabatan sejak kecil antara Om.Fani dan Om.Nana ternyata menguntungkan. Kemampuan talenta masing-masing membaca karakter burung dan bisa menghasilkan prestasi, membuat keduanya bisa saling memahami karakter masing-masing, terlebih saat bahu membahu menyiapkan burung saat kontes, mengatur strategi lapangan dan mengatur jadwal lomba berikutnya.

Sahabat Ronggolawers, ternyata untuk tampil di Piala Ronggolawe 9 Agustus 2015, Nana 99 telah menyiapkan amunisinya sejak dini. “Untuk bikin Begal tampil prima setiap lomba, selain dimasukan ke kandang umbaran sepanjang 3 meter setiap harinya. Porsi jangkrik dinaikkan mulai H-3 sampai kemudian 30 ekor secara bertahap, ”ungkap Om Fani dengan lugas.

Selain perawatan harian yang rutin, pemberikan pakan yang sehat juga dibutuhkan multivitamin untuk menunjang stamina Murai Batu tetap prima. EBOD JOSS Multivitamin dari EBOD JAYA dipercaya bisa membuat burung menjadi gacor, meningkatkan stamina, nafas menjadi panjang dan merubah tenaga yang ngos-ngosan menjadi Joss.

Kemasan kecil dan ekonomis berukuran 10 ml yang dijual eceran 15 ribu perbotol menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna EBOD JOSS. Cukup 5 tetes EBOD JOSS 2 hari sebelum tambil bikin suara burung menjadi lantang, lebih kristal dan mampu berdurasi lagu yang panjang-panjang menjadi pusat perhatian juri lomba ketika melakukan penilaian terutama durasi kerja untuk memilih burung yang layak berprestasi.

Kandungan Suplemen Taurin menunjukkan bisa meningkatkan kinerja atletik dalam iklan minuman energi, begitu juga dalam burung. Dengan komposisi vitamin yang dipadukan dengan Taurin mampu meningkatkan kinerja mental burung. Tambahan Vitamin B3 atau Nicotinamide berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh burung dari penyakit. /Brandy 33