Raja Kipas – Om Idris “Aa Jangkung” Murai Batu Specialis BOB

237

“Saya beli dalam keadaan rusak, mabung ngga keurus. Uda AM yang liat waktu bagusnya atas rekomendasi dia saya mau bayarin, tapi bukan karena itu saja. Waktu lihat katurangganya langsung suka, terutama bentuk kepala dan paruhnya” ujar Om Idris yang lebih dikenal dengan AA Jangkung di lingkungan kicau mania.

Raja Kipas demikian diberi nama, murai batu yang dibeli dalam keadaan rusak saat ini berubah menjadi murai specialis BOB. Dirawat dengan sepenuh hati, Raja Kipas kembali pada kondisi terbaiknya. Podium juara tidak pernah meleset setiap digantang.

Raja Kipats – Materi, Gaya dan Stamina ++ (membuatnya sering juara apabila ada kelas BOB)

“Aa jarang main event besar, paling latberan yang deket-deket sini saja. Karena sibuk, tapi dia benar-benar menikmati hoby. Tidak pernah mau pake perawat, semua burung dirawatnya sendiri. kalo ada waktu baru berangkat lomba. Sekalinya main event Presiden Cup terakhir kemaren, Raja Kipas masuk juara enam.” Ujar Uda AM salah satu sahabat kicau mania yang sering lomba bersama dan juga yang merekomendasikan Raja Kipas.

Menurut Aa Jangkung murai adalah burung fighter, setiap digantang benar-benar menguras tenaga apalagi seperti Raja Kipas yang body besar dan ekor panjang. Jadi disamping karena kesibukan tapi juga karena benar-benar dijaga Raja Kipas paling cepat dimainkan hanya seminggu sekali. Hari lain saat ingin lomba Aa Jangkung akan membawa jagoan yang lain Cucak Hijau atau Love Bird.

Salah satu Koleksi Tropy BOB Raja Kipar.

Raja Kipas sehari-hari dirawat dengan konsisten, pagi hari wajib embun dan umbar setiap hari senin dan kamis. Penjemuran hanya sampai jam delapan. Pemberian pakan harian  jangkrik 3-3. Saat akan dilombakan baru ditambah kroto malam harinya. Konsistensi ini yang membuat Raja Kipas dapat bertahan sampai saat ini.

“Di saya hitungan sudah ada tujuh tahun, ini saya beli buat gantiin Murai Cilukba yang saya jual ke Uda AM. Tapi belakangan staminanya agak turun biasa main tiga sesi kelas umum ditambah satu kelas BOB masih joss. Kemarin sempat kalo mau main BOB sesi tiganya istirahat. Ini saya coba pake Stroong Murai dari Ebod bagus juga, sesi satu dan sesi dua mainya lebih ngotot mau bongka isian. Cuma belum pernah main sampai sesi tiga, latber paling ada dua sesi aja yang main. Belum juga ada lomba yang pake BOB” ujar Aa Jangkung ditemui di lapangan saat menggantang Raja Kipas

 

Koleksi Tropi BOB Raja Kipas