Rahasia Rawatan Murai Batu ” PB ” Tampil Stabil Juara Di Setiap Event.

109
MEDIA HOBI : Pakan Rahasia Murai Batu Juara Nasional Si " PB " Milik Mr. Evan / Aris PRM Bird Farm

 

Di sela-sela kesibukannya sebagai  pengusaha baju import dan sparepart motor, Om Evan dan Om Aris masih menyempatkan waktunya bermain burung, khususnya murai batu. Selama lima tahun di tangan Om Evan dan Om Aris, murai batu ” PB ” selalu moncer dalam setiap event yang diikutinya. Yang terbaru, burung ini menjuarai dua kelas dalam gelaran Piala Asyuro di Cirebon, Minggu (24/2).

” PB ” Murai blacktail ( ekor hitam ) ini terbilang stabil disetiap penampilannya.Murai batu yang berkualitas, dalam  arti memiliki materi lagu yang bagus serta penampilan dahsyat, tentu banyak dijumpai di berbagai arena lomba. Bahkan ada juga burung yang tak pernah  ikut lomba  memiliki  kualitas  bagus, tetapi  mencari  murai  batu  berkualitas  dengan  prestasi  stabil  selama bertahun-tahun, kendati sudah  bolak-balik melalui masa mabungnya dan tetap apik pasca mabung, itu tidak mudah.

Murai Batu ” PB ” raih Juara 2,3 di Piala Majalengka Bangkit.

Salah satu ciri khas murai batu ” PB ” adalah suara kicauannya yang ngeroll nembak. Materi  isiannya cukup komplit, antara lain cucak cungkok, gereja tarung, cucak jenggot, kenari, lovebrid, dan cililin. Lagu-lagu dan tembakan ini dikeluarkannya secara bergantian, sambung-menyambung.

Murai Batu ” PB ” MIlik Mr. Evan PRM BF.

Staminanya juga hebat. Beberapa kali, burung ini mampu tampil sebanyak lima sesi dalam satu event. Menurut Om Evan, sepanjang kondisi fisiknya fit, ” PB ” hampir dilombakan setiap pekan. Dari berbagai event yang pernah di ikutinya, 95 persen meraih juara pertama.

Berikut ini beberapa prestasi murai batu ” PB “:

  • Piala Kades Blanakan Cup 1 ( juara 1, 1, 3 )
  • Latpres PKM ( juara 1, 1 + juara terbaik )
  • Latpres Katineung team ( juara 1, 1, 2, )
  • Piala Majalengka Bangkit  ( Juara 2, 3 )
  • Piala Aspol ( juara 1  )
  • Jogja Istimewa ( 2,3 )
  • Piala SJE II Cirebon ( juara 1,1 )
  • Piala Asyuro ( juara 2,3 )
  • Piala Brimob ( juara 2, 3 )
  • Piala Kapolda Jabar ( juara 5,5 )
  • Piala Presiden Jokowi ( juara 3 )
Murai batu ” PB ” Juara 1 dua kali di Piala SJE Cirebon.

Perawatan murai batu ” PB “

Mengenai perawatan murai batu ” PB “, sejauh ini Om Evan melakukannya sendiri; tentu kalau waktunya memang senggang. Jika sibuk, ada Om Aris yang siap menjalankan tugas perawatan.

Berikut ini tips perawatan murai batu ” PB “:

  1. Perawatan harian ( Senin – Jumat )
  • Setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 10.00, burung dijemur.
  • Pakan utama berupa voer Nanjung 105.
  • Extra fooding (EF) berupa jangkrik sebanyak 5 ekor, masing-masing pagi dan sore hari.
  • Kroto diberikan sebanyak 1 sendok, hanya pada hari Senin dan Jumat.
  • Air minum diganti setiap hari, vitamin diberikan setiap Rabu.
  • Siang hari, burung diangin-anginkan di teras rumah tanpa dikerodong.
  • Mandi sore dengan cara di semprot dilakukan seminggu 3 kali, sekitar pukul 17.00 wib.
  • Malam hari, burung disimpan di dalam rumah dalam kondisi tanpa dikerodong.
  1. Perawatan lomba ( Sabtu – Minggu )
  • Pada H-1 (Sabtu), porsi jangkrik ditambah menjadi 10 ekor, masing-masing pagi dan sore.
  • Burung full kerodong sejak pagi hingga malam hari.
  • Porsi jangkrik 5 ekor, ditambah kroto sebanyak 1 sendok teh.
  • Sekitar tiga sesi sebelum naik gantangan, burung kembali diberi jangkrik 2 ekor dan ulat hongkong 3 ekor.
Om Evan dan Om Aris PRM BF.

Rahasia Pakan murai batu ” PB ” selalu tampil maksimal dan stabil di setiap event dari latber, latpres dan event nasional menggunakan Voer Nanjung 105. Voer Nanjung 105 adalah pakan burung premium berkualitas, yang secara khusus diracik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung kicauan Anda. Voer Nanjung 105 dihadirkan untuk semua penggemar burung berkicau, agar kebutuhan nutrisi burung peliharaannya sangat tercukupi, sehingga didapatkan hasil yang optimal, baik untuk kebutuhan harian, kontes burung berkicau, maupun ternak. Voer Nanjung 105 terbuat dari bahan baku bermutu tinggi, dengan mengkombinasikan manfaat dari serangga, buah-buahan, racikan herbal, dan bahan baku lainnya yang memiliki nutrisi tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan burung peliharaan kita, sehingga voer Nanjung 105 menjadikan burung peliharaan Anda lebih sehat dan rajin berkicau. Kunggulan Voer Nanjung 105 adalah terdapat kandungan ekstrak serangga, buah-buahan, racikan herbal, dan bahan baku lainnya yang memiliki nutrisi yang baik, sehingga menjadikan voer Nanjung 105 menjadi pakan burung berkicau yang berkualitas tinggi. Voer Nanjung 105 mengandung ekstrak belalang dan jangkrik. Belalang dan jangkrik termasuk jenis serangga yang paling disukai oleh burung berkicau. Belalang dan jangkrik memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti : Protein, vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang sangat diperlukan oleh burung berkicau. Jangan sepelekan gizi belalang dan jangkrik. Voer Nanjung 105 juga mengandung ekstrak buah-buahan diantaranya ekstrak dari buah merah Papua yang memiliki khasiat meningkatkan stamina, menjaga daya tahan tubuh atau sebagai antioksidan alami. Hasil riset menyatakan bahwa kandungan tokoferol pada buah merah Papua sangat tinggi, yaitu 11.000-12.000 ppm dan betakaroten 7.000 ppm. Kedua senyawa ini menjadi antioksidan alami yang menyebabkan kekebalan dalam tubuh meningkat sehingga bisa menekan berkembangnya virus yang menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Selain buah merah Papua, voer Nanjung 105 mengandung ekstrak biji anggur, ekstrak biji bunga matahari, dan bahan baku herbal lainnya yang kaya akan nutrisi dan manfaat untuk burung kesayangan kita.

Itulah tips perawatan murai batu ” PB ” yang diterapkan selama ini.