RAHASIA RAWATAN KACER JUARA – D’JUNIOR KATA LAIN DARI PROSES PANJANG PENCAPAIAN JUARA (Candrabaga SF)

53

“Kaya yang udah pacaran lama, untuk ukuran burung mapan berganti voer itu sangat sulit” om Yunus Candrabaga

Setiap kata ada persamaanya, setiap kata ada penjelasan panjangnya. D’Junior adalah kata lain dari proses panjang sebuah kesabaran untuk pencapaian juara. Tidak banyak kacer jawara yang dirawat dari muda sampai menjadi kacer juara nasional. Berproses dari akhir tahun 2014, seekor burung muda dengan bakat yang sudah terlihat, postur tubuh, volume, gaya, dan materi berhasil memikat om Yunus Candrabaga untuk meminangnya, dengan harga yang fantastis untuk ukuran seekor burung bahan. Sejumlah uang dan tiga ekor burung prestasi yang harganya sudah terbilang mahal.

Dari sinilah proses dimulai, untuk seekor burung muda tak mudah mencari performa stabilnya, tapi dengan pola rawat yang teratur dan penuh kesabaran untuk memahami karakter seekor burung, Om Uye yang dipercaya untuk merawat berhasil menjadikan D’Junior sebagai kacer yang diperhitungankan disetiap dia turun lomba. Latber, latpres dari gantangan ke gantangan dalam proses mencari setingan telah dilalui, untuk Janis burung kacer D’Junior terbilang masih sangat muda dalam pencapaian prestasinya (mabung pertama dari trotolan).

Setelah mabung pertama dari take over, Kongres Akbar Borneo Pertama – Minggu, 27 Desember 2015 menjadi ajang pembuktian untuk naik ketingat yang lebih bergengsi. Bersaing dengan kacer-kacer jawara Jabotabek, D’Junior berhasil meraih juara kedua.

Ditahun berikutnya Minggu, 02 Oktobr 2016 berlaga di Prescup IV, turun perdana setelah mabung berhasil menjadi juara ketujuh. One shoot one goal, karena hanya mempunyai satu tiket di event bergengsi dua tahunan ini. Tidak mau hanya main sekali siang itu, dari senayan langsung ke Arcici, di gantangan ini berhasil menjadi double winner. Seminggu setelahnya kembali turun di event nasional Piala Panglima dan berhasil menjadi juara pertama. Tahun 2017 prestasi D’Junior terus berlanjut, menjadi juara pertama Liga Kacer Mania Bekasi menjadi momen yang sangat berarti. Dimainkan sebanyak lima seri, dari satu EO ke EO lain yang berbeda, menjadi bukti kestabilanya dan tak hanya menjadi juara di satu EO saja. Untuk tahun 2018 Liga Kacer Mania Bekasi sudah jauh dari harapan, karena terbentur proses mabung, dan Om Yunu