Peterpan Sudah Menunjukkan Daerah Kekuasaannya

42

Suara Tembakan merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dimilik oleh burung Ocean yang harus dimiliki untuk jenis burung yang berhabitat di kebanyakan pulau Sumatra, terutama untuk yang di khususkan di arena lomba .
Dimana irama lagu ngerol speed serta tembakan yang dibawakan seekor burung Murai batu saat dikonteskan menjadi point wajib untuk penilaian yang bakal menjadi poin mutlak .
Murai batu merupakan salah satu burung yang cukup cerdas karena gampang meniru atau merekam berbagai suara burung lain .

Ada banyak cara yang bisa dijadikan referensi sahabat Ronggolawers untuk memoles atau melakukan terapi agar Murai batu rajin mengeluarkan suara tembakan saat dikonteskan, diantaranya sebagai berikut :
Pemasteran
Pemasteran merupakan salah satu teraphy yang kerap dilakukan oleh sebagian banyak penggemar Murai batu, manfaat yang diperoleh diantaranya burung mempunyai suara yang kita inginkan / tergantung suara Master yang kerap diperdengarkan serta Memiliki variasi lagu yang lebih banyak.

Burung master yang kerap dijadikan Murai Mania sebagai guru vokal diantaranya : Burung Cililin, Cucak Jenggot, Greja, Lovebird dan parkit untuk angkatan pertama atau digunakan sebagai master untuk Murai batu dalam kondisi ngurak ,hariannya juga tetep kita tempel dengan pengaturan jarak tidak terlalu dekat dengan burung maskot kita papar salah seorang kicau mania asal surabaya ini . sebut dia punya Nama Om Siswayono seorang kontarktor diperalatan barang barang berat juga penghobi Mobil 4wD ini memang sangat suka banget dengan si burung asli dari pulau sumatra dengan ciri khasnya memiliki ekor yang lumayan panjang
Om Sis panggilan akrabnya lebih suka dengan memakai suara burung aslinya ,sebab dengan kita memakai suara aslinya dari burung lebih gampang direkam oleh burung maskot kita ,diterima sangat bagus nan sempurna serta diarena gantangan itu sudah terbukti oleh si Peterpan Gaco andalannya
Apabila pemasteran dilakukan dengan menggunakan suara burung asli sebaiknya letakan burung master tersebut dikamar khusus penyimpanan, berikan jarak terhadap burung yang akan di master atau jangan terlau dekat, karena bisa mengakibatkan kurang bagus bagi mental apabila suara master keras / ngotot.
Waktu yang tepat untuk memaster burung Murai Batu ialah setelah burung melakukan perawatan harian seperti mandi, jemur atau pada waktu burung istirahat dengan menggunakan krodong.

Selain untuk mencukupi kebutuhan pakan hariannya, voer merupakan pakan yang wajib diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi mau pun nutrizi dalam kesehariannya bagi peterpan ujar Om Sis pada awak Media disela sela perbincangannya .untuk produk ini Om Sis ngak asal asal beliau berikan pada peterpan Nanjung 105 Produksi dari Ebod Jaya pilihannya .Voer Nanjung 105 mengandung ektrak serangga,buah buahan herbal sebagai pengganti jangkrik maupun kroto sehingga burung tetap berstamina . dengan pakan yang berkwalitas peterpan setiap kali ikut lomba arena kicau tidak pernah mengecewakan tampilannya ,lagu yang dia rekam dalam kesehariannya dimuntahkan semua diatas gantangan dengan sempurna dan itu yang jadi pertimbangan oleh juri untuk perbandingan juga ternyata juga bisa kita gunakan untuk melatih burung agar rajin mengeluarkan suara tembakan baik di dalam rumah maupun saat dikonteskan.
Voer dipercaya memiliki fungsi untuk meredam burung ketika mengeluarkan suara aslinya / glondongan maka suaranya bakal serak, akan tetapi Ia lebih nyaman mengeluarkan suara tembakan, dengan kata lain burung akan terbiasa nyaman mengeluarkan suara tembakan di banding suara aslinya.
Menu harianya peterpan :
Pemberian EF (Kroto, Jangkrik, ) untuk rawatan harian sebaiknya dikurangi / secukupnya, untuk meredam mental Fighter burung tersebut yang dapat memicu Ia terus berkicau dengan suara yang ngotot.
Sebaliknya untuk pakan harian berikan Voer yang banyak mengandung Anti Oksidan. Anti Oksidan ialah senyawa-senyawa yang dapat melindungi sistem pencernaan burung agar kesehatan tetap terjaga serta tercukupi kebutuhan Gizinya.
Pemberian Vitamin Ebod Vit seminggu sekali sebanyak lima tetes saja.
Pemberian Ebod Joss 3 hari sebelum berlomba sampai dengan hari H lomba dipercaya bisa memberikan nafas yang lebih panjang ketika burung berkicau.

Kandang Umbaran / Polier
Suara Tembakan yang keras dan panjang tentunya harus diimbangi dengan stamina yang prima, salah satu cara untuk melatih agar burung agar memiliki stamina yang prima ialah dengan memasukan burung ke dalam kandang umbaran / polier.Ukuran kandang polier yang kerap digunakan untuk burung Murai batu yakni berukuran 2 X 4 meter, dengan menggunakan 2 pangkringan .
Waktu yang tepat untuk melakukan teraphy umbaran ialah antara pukul 09.00wib sampai jam 15.00 wib , lakukan selama 2 x dalam 1 minggu, tujuan lain melakukan teraphy umbara ialah agar burung tidak jenuh berada di kandang harian dan memberi efek nafas jadi lebih panjang .