Kategori
Video

Pernah Ditawar Rp 80 Juta, Murai Batu “Hacker” Dijuluki Anti Kondangan

PALEMBANG – Banyak murai batu yang sering ikut kejuaraan di berbagai even pertandingan. Namun hanya burung bermental juara saja yang bisa menang.

Ade Afriansyah menunjukkan pakan Nanjung 105 bersama murai batu Hacker miliknya saat di acara Adal-Adak SF Cup 1 di Laoangan Abi Hasan Palembang, Minggu (10/3/2019).

Sama halnya dengan murai batu “Hacker” milik Ade Afriansyah. Burung ini menurut pemiliknya tidak gacor saat berada di rumah. “Tapi kalau sudah gantang gacornya luar biasa dan anti kondangan,” katanya saat dibincangi MediaRonggolawe.Id disela acara Adal-Adal SF Cup 1, Minggu (10/3/2019) lalu.

Ade menuturkan, Hacker dibelinya dari pemain murai batu di Cilegon, Banten. “Saya take over dari Vicky Author, Tarung Jawara. Kalau harganya rahasia tapi sekarang sudah banyak yang nawar bahkan sampai Rp 80 juta,” ujarnya.

Ade Afriansyah bersama murai batu Hacker miliknya saat mengikuti lomba Kapolres Jambi Cup di Kota Jambi, Minggu (17/3/2019).

Sudah satu tahun ini Hacker dirawat Ade Afriansyah dan sudah puluhan kali juara dan nominasi yang ditorehkan. “Mungkin ada 20-an kali juara, lumayanlah karna tidak tiap minggu main. Dari pemilik sebelumnya, burung ini sudah berprestasi,” terangnya.

Hacker milik Ade ini punya banyak isian burung berkicau lainnya seperti gereja tarung, cililin, love bird, ciblek gunung, kapas tembak serta kenari.

 

Ade Afriansyah (kanan) bersama istri dan anaknya saat mengikuti Lomba Burung Berkicau Kapolres Jambi Cup di Kota Jambi, Minggu (17/3/2019).

Rawatan harian yang diberikan kepada Hacker menurut Ade sama seperti rawatan murai batu lainnya. Sejak pagi burung sudah diembun dan dijemur. Kemudian lanjut diberikan pakan jangkrik sebanyak lima ekor.

Untuk mandi menurut Ade hanya pada hari Senin dan Kamis. “Burungnya susah mandi. Memang dari pertama beli seperti itu dan kadang juga tidak mandi. Tapi kalau mau lomba hari Kamis pasti dimandiin,” jelasnya.

 

Inilah murai batu Hacker milik Ade Afriansyah saat mengikuti Adal-Adal SF Cup di Lapangan Abi Hasan, Minggu (7/3/2019).

Menunjang stamina Hacker, Ade juga memberikan Ebod Vit sebagai vitamin untuk murai batunya setiap Senin sampai Jumat. “Pakai Ebod Strong juga tiap Sabtu dan Minggu kalau mau lomba. Jangkrik ditambah jadi sepuluh ekor kalau mau lomba sama tambah ulat hongkong lima ekor,” ujarnya.

Namun Ade juga menggunakan produk Ebod lain yakni Nanjung 105 sebagai pakan harian. “Ini adalah voer premium yang mengandung serbuk jangkrik dan belalang yang telah dikeringkan. Dapat mengganti protein yang terkandung di kroto dan jangkrik,” jelasnya.

 

Ade Afriansyah saat berada di Kota Jambi saat mengikuti Kapolres Jambi Cup, Minggu (17/3/2019).

Selain serangga, kandungan Nanjung 105 ini juga mengandung buah-buahan. “Ada ekstrak buahnya juga seperti buah merah dari Papua yang bisa meningkatkan stamina burung saya serta menjaga daya tahan tubuh dan sebagai anti oksidan alami,” kata Ade.

Selain itu tambah Ade, Nanjung 105 juga mengandung ekstrak biji anggur, ekstrak biji bunga matahari dan bahan baku herbal lainnya yang kaya akan nutrisi dan manfaat untuk burung.

Murai batu Hacker milik Ade Afriansyah saat mengikuti Adal-Adal SF Cup 1 di Lapangan Abi Hasan Palembang, Minggu (10/3/2019).

 

“Voer ini lebih berprotein, lebih berenergi, nutrisi lebih lengkap dan seimbang. Serta memperbaiki metabolisme sehingga lebih cepat berkembang serta rasa dan aroma lebih disukai burung berkicau,” tambahnya.