Perlakuan Saat Membawa Burung Ke Lapangan

337

 

Dari tahun ke tahun Perkembangan dunia Hoby burung memang sangat pesat, jumlah peminat pun semakin banyak, mulai dari anak Remaja hingga usia Dewasa, jadwal lomba hingga Latberan semakin padat seperti menjadi ajang untuk memanjakan para penghoby agar terus eksis.

Aroma persaingan baik antar sesama penghoby maupun masing-masing EO sangat terasa dan semakin kompetitif, berbagai cara di lakukan agar para satu sama lain merasa nyaman tanpa melakukan interfensi antar satu sama lain.
Berbagai cara perawatan di lakukan oleh seorang penghoby agar jagoan masing-masing mampu tampil maksimal kala di lombakan tak terkecuali dalam urusan membawa burung jagoannya ke lapangan lomba.

Metode membawa burung ke lapangan di sinyalir mempunyai manfaat tersendiri terhadap kenyamanan burung ketika di perjalanan, membawa secara asal-asalan burung ke lapangan lomba bisa membuat kondisi burung menjadi stres sehingga kurang maksimal ketika di tampilkan.

Jika jarak tempuh dari rumah ke lapangan kurang lebih 30-50 km dan membawa kendaraan, secara kondisi mungkin tidak terlalu berpengaruh asal dalam menempatkan burung di dalam kendaraan benar dan aman. Akan tetapi jika jarak tempuh dari rumah ke lokasi lomba memerlukan waktu yang cukup jauh (lebih dari 50 km), ada baiknya Sahabat Ronggolawers untuk datang lebih awal, mungkin H-2 sebelum jalannya lomba, atau relatif bisa di sesuaikan dengan masing-masing waktu.

Setelah sampai di lokasi lomba, segera burung di keluarkan dari dalam kendaraan dengan perlahan – lahan lalu buka setengah kerodong agar burung bisa langsung menghirup udara segar serta mengenali suasana lapangan yang relatif baru. Cek pakan dan air minum dan pastikan ke dua masih utuh/tidak kehabisan, atau bisa langsung membersihkan alas sangkar dari kotoran maupun sisa-sisa makanan dengan menggunakan air bersih.

Lalu Gantang/ tempatkan burung di tempat yang lebih sejuk, setelah itu mandikan burung tersebut bila perlu atau bisa di sesuaikan dengan karakter maupun kebiasaan masing-masing, setelah itu burung kembali di angin-anginkan dan bisa di lanjut memberikan Extra Fooding kesukaan masing-masing burung. Setelah bulu-bulu burung mulai kering, sangkar burung bisa kembali di kerodong agar burung merasa nyaman dan tidak bunyi/berkicau dengan ngotot.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Jika Membawa Kendaraan Roda 4 atau lebih
  • Bersihkan tempat yang akan kita gunakan untuk meletakan sangkar burung agar terbebas dari binatang pengganggu seperti serangga.
  • Pastikan Alas yang di gunakan untuk meletakan burung bntuk permukaannya terasa empuk dan tebal serta keset agar sangkar tidak mudah berubah posisi ketika melawati jalan yang berlobang ataupun ngerem mendadak.
  • Posisikan sangkar dengan bentuk pangkringan menghadap ke Sopir / sejajar dengan pengemudi agar burung menghadap ke depan/ bentuk pangkringan tidak menyamping dari arah pengemudi.
  • Pada Saat sangkar di letakan dalam mobil, Pastikan terikat dengan erat agar posisinya tidak berubah, serta beri jarak tertentu antara sangkar satu dengan yang lainnya.
  • Periksa pakan maupun air minum burung, pastikan ke dua nya terisi penuh.
  • Sebaiknya bawa air yang di gunakan untuk mandi maupun minum burung dari rumah masing – masing.
  • Kemudikan kendaraan dengan senyaman mungkin, hindari jalan yang berlobang parah, nyalakan music maupun AC bila di perlukan
  • Hindari membawa burung sesama jenis Fighter, contoh Murai Batu dengan Kacer agar selama perjalanan burung tidak saling hantam yang berpotensi bisa drop mental pada salah satu burung tersebut.

Jika Menggunakan Roda 2 (Motor)

  • Pastikan Burung Nyaman Selama dalam perjalanan, krodong sangkar burung secara berlapis, gunakan Tas khusus Sangkar atau pun Tali untuk membawa burung agar nyaman dan aman, baik bagi pengendaranya maupun burung tersebut dan selebihnya sama seperti di atas.

Formula optima 4 in 1 Ebod Solution, mengandung berbagai zat imun yang mampu membentuk imunitas pada burung peliharaan, dengan komposisi Ekstrak Sari Buah, Probiotik Lactobacillus Sp, Propolis dan madu Hutan di racik menjadi 1 dan menghasilkan Multivitamin yang benar – benar bisa mengatasi masalah kebugaran pada burung.

Cara pakai nya juga sangat mudah, cukup teteskan/ campurkan ke dalam air minum burung dan setiap hari di ganti dengan yang baru agar kualitasnya tetap terjaga, 3 tetes setiap hari untuk pencegahan dan 5 tetes per hari untuk mengobati burung jika sudah terlanjur sakit. (Panji/13)