Perawatan Telaten Di Tambah Vitamin Berkualitas, Stabilkan Gacoan Om AL

17

Tradisi Juara Om AL Terus Berlanjut

Lovebird balibu berdurasi mewah memang sudah tidak asing lagi sepertinya dikalangan dunia hoby kicauan khususnya burung lovebird. Saat ini, dunia kicau semakin bertambah peminat. Hal itu terbukti dengan  bertambah banyaknya penikmat hobi lomba kicau, khususnya di kelas Lovebird. Di setiap gantangan pun sekarang sudah banyak sekali membuka kelas Lovebird Balibu apalagi latihan di EO Ronggolawe Nusantara. Membengkaknya para penghoby Lovebird balibu, membuat tim media ingin wawancara bertemu dengan pecinta Lovebird yang gacoannya sering juara di kelas Balibu di beberapa lomba. Om AL namanya, sudah sering kali Lovebird miliknya moncer di latihan. Perawatannya sebenarnya sederhana, om AL pemilik Lovebird-Lovebird bertipikal fighter, menunjukkan cara merawat burungnya tersebut.

Bongkar Rahasia Om AL Kala Rawat Amunisinya

Setiap hari, sekitar pukul 05.00 burung yang ada di dalam sangkar diembunkan. Pukul 07.00 Lovebird dimandikan, caranya dengan disemprot hingga basah kuyub. Semprotannya harus lembut. “Setelah itu, burung dijemur sampai bulu-bulunya mengering. Begitu bulunya kering, dia harus diletakkan di tempat yang teduh dan diangin-anginkan sambil diberi makan dan minum,” kata Om AL. Pakan hariannya cukup milet kiloan, hanya pada saat menjelang lomba, pakan gacoannya ditambah Ebod Lovebird. Itu diberikan pada saat H-1.  Setelah itu beliau teteskan vitamin Bio Fighter, gunanya untuk menambah staminanya.

Bio Fighter, Vitamin yang Cocok untuk Burung Bertipikal Fighter

“Kestabilan birahi pada burung Lovebird saat menjelang lomba, sangat berpengaruh terhadap perfoma burung saat di atas gantangan. Lovebird yang memiliki birahi yang stabil sebaiknya satu sangkar bersama pasangannya. Dengan cara seperti itu lovebird akan terjaga kestabilan birahinya”, tambah Om AL. Gacoan Lovebirdnya, apalagi yang berusia belia memang sering stabil moncer. Setiap kali sifat keganasannya muncul ketika ada di arena perlombaan. “Saya menyodorkan jari tangan supaya digigit. Itu terbukti rangsangan untuk ngekek semakin bertambah, dan selalu menggunakan Bio Fighter dan diteteskan 3-5 ke wadah cepuk minumannya atau langsung ke paruhnya gacoannya”, ucapnya berbagi trik.
Ia mengingatkan untuk telaten dalam merawat burung. Lovebird yang memiliki kualitas bagus saat lomba, tentu juga membutuhkan perawatan khusus, dari segi makaman, minumanan, EF maupun vitamin. Bio Fighter adalah vitamin yang cocok untuk Om AL dengan gacoanya yang bertipikal fighter.