Perawatan Matahari Cucak Ijo Jawara Milik Imam MTB Surabaya

706

[doptg id=”155″]

 

MATAHARI SIMPLE DALAM PERAWATAN, HANDAL DIBAWA KEGANTANGAN.

Tak semuanya burung andalan susah dalam perawatannya, banyak terbukti yang diungkapkan oleh para perawat gaco gaco andalan sang majikan. Meski problem pada umumnya bisa dibilang sama namun ikatan emosilah yang sangat menentukan antara burung dan perawatnya. Seperti Cucak ijo MATAHARI milik MR.IMAM PTB sidoarjo, saat pertama di take over dari sang maestro cucak ijo kota LUMAJANG hampir tak ada masalah yang serius kecuali cuaca hujan dan waktu masa penjemuran disebelah murai batu.

MATAHARI itulah sebutannya hampir di gantangan atau lomba regional di wilayah jawa timur sudah banyak mengenalnya. Dengan gaya yang mudah jegrik serta roll panjang tembakan lebih mudah dibongkarnya hingga tak pelak bendera koncer merah pun mudah ia dia raih.

RAWATAN HARIAN CUCAK IJO MATAHARI

Hampir tak ada yang istimewa dalam rawatan harian si MATAHARI,saat ditemui dikediamannya matahari hanya digantung disebelah pojok ruang tamu dan dikrodong tipis dengan suara yang keras, namun tedengar jelas bahwa ini adalah burung yang tok cerr. Saat mentari mulai menampakkan diri saat itulah sang jagoan ”MATAHARI” mulai dibuka dari krodongnya, diangin-anginkan beberapa menit lalu diembunkan diluar, saat mentari mulai nampak jelas”MATAHAR” siap untuk dimandikan di bak mandi hingga terlihat menikmati dan puas baru diangkat dan dijemur setengah sampai satu jam, lalu diangin-anginkan kembali dan diberi jangkrik 3 dan dikrodong tipis kembali. tak lupa buah hampir tiap hari berganti, dari mulai buah kates, pepaya hingga apel demi menyetabilkan birahinya. Saat beranjak sore cukup diberi jangkrik 3 diangin-anginkan sebentar lalu dikrodong kembali. Saat ditanya untuk persiapan menjelang lomba oleh pewarta RONGGOLAWE, andi sang pemoles menjawab hanya ditambah jangkrik 7 dan buah kates pada H-3 serta ulat hongkong 3 pada saat dua kelas sebelum lomba, dan siap untuk digantang ungkap andik sambil mengatakan “simple kan?”./yy