Perawatan Kenari Lomba

394

[doptg id=”7468″]

 

Bogor, mediaronggolawe.id – Perawatan harian Burung kenari jawara pada dasarnya terletak pada Pola pakan harus seimbang, Di samping pemberian pakan pokok Kenari Seet untuk harianya juga menganjurkan perberian sayur dan buah dengan bergantian agar burung tidak merasa bosan. Menu harian bisa mengganti sayur dan buah tiap hari bisa kita gunakan Sawi Putih, Gubis, Sawi Daging dan Apel. KK Burung Kenari milik Ncx’s Tonjong BC yang berhasil cetak hattrick di Jejak Voer Ronggolawe Seri III Ronggolawe Nusantara DPC Cibinong DPW Bogor Raya menyatakan untuk pakan milet kenari yang bagus bisa menggunakan Ebod Canary karena dalam kandungan Ebod Canary mengandung berbagai mineral dan protein yang bagus untuk kesehatan burung jawara dengan proses masak higienis dan modern teruji kulitasnya.

Untuk menjaga Burung Kenari tetap stabil berkicau di atas gantangan kata Ncx’s, Usahakan Burung Kenari jangan dimandikan dengan cara paksa disemprot / menggunakan pompa Air. Hal ini sangat beresiko dengan mental Droop dan bisa menjadi penyebab kematian. Penjemuran jangan terlalu lama, Minimal antara 1 jam dan Maximal 3 jam saja. Kenari Juga sangat perlu Vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar Vit. Kenarimania juga bisa menggunakan Ebod Vit agar burung rajin bunyi karena Ebod Vit Mengandung Vit A, Vit D3, Vit B1, Vit B2, Vit B6, Vit B12, Vit C dan Filic Acid, Ca-d-pantothenate, Nicotinamide dan Electrolyte untuk kekebalan tubuh terhadap Virus, mengatasi Stres pada burung dan merangsang agar burung cepat bunyi.

“ Cara penggunaan cukup dengan 5 tetes untuk 1 wadah tempat minum, Lakukan secara rutin setiap hari selama 4 hari pemakaian. Jika ingin naik ke atas gantangan kompetisi agar stabil volume dan gacor tidak mudah stress bisa menggunakan Ebod Solution vitamin ajaib dari Ebod Jaya yang sangat cocok menjadikan burung berkicau tetap bertahan di jalur jawara sepeti KK. Sedangkan pakan bisa menggunakan Pakan Kenari Premium Prembun yang terbukti sangat cocok untuk burung kenari jawara,”katanya. berlanjut ke Jejak Voer Ronggolawe Seri IV hingga final di Pusdizki Kota Bogor, Jawa Barat yang sebentara lagi akan menjadi festival dan kompetisi burung berkicau tingkat nasional yang paling di tunggu kicaumania.

Setelah sampai di lapangan biarkan Burung kenari dalam keadaan di kerodong selama kurang lebih 15 buka sedikit kerodong hingga Burung Kenari melihat kondisi lapangan, Biar kan sampai bunyi lalu kerodong kembali. Dalam hal ini Setelan lapangan juga berpengaruh dengan kondisi burung yang mau dilombakan. “Jadi kita harus sebisa mungkin untuk membaca situasi saat di lapangan, Jika kenari kita waktu di buka krodong dan tidak mau bunyi? Coba ambil Semprotan lalu basahi sedikit di tangkringan dan kaki kenari jangan di jemur di lapangan biarkan sejanak jika sudah mau bunyi langsung di kerodong kembali,”katanya.

Dalam merawat aneka macam jenis burung berkicau, waktu yang paling dinanti oleh setiap pemiliknya adalah ketika ia bisa lekas gacor suara lantang dan bervariasi. Pernyataan serupa juga tak jarang diidamkan kicaumania selaku pemelihara Burung Kenari atau Serinus canaria. Namun untuk memperoleh burung yang berkemampuan mempunyai suara khusus, tentu bukanlah perkara yang gampang. Bisa dibilang begitu, sebab selain pola setelan perawatan kenari, pakan kenari yang diberikan juga sangat menentukan potensi burung untuk kedepannya.

Kalau rawatan kenari harian sudah diterapkan dengan baik, benar, rutin, teratur, konsisten, dan sesuai dengan karakter burung, niscaya ia akan lekas gacor dengan suara yang lebih menjanjikan. Namun supaya hasilnya lebih maksimal, alangkah baiknya jika didukung dengan makanan kenari gacor. Mengingat masalah perawatan, setelan harian yang banyak diterapkan oleh para pencetak Burung Kenari jawara, sesungguhnya tidak berbeda jauh dengan rawatan yang kerap diberikan kicaumania pada umumnya. Semisal dengan rutin memandikan, menjemur, menjaga kebersihan sangkar dan polesan tambahan berupa pemasteran. (Ahmadi/30 September)