Perawatan Kacer Mabung Butuh Waktu 6 Bulan

4375

 

Banyak kicau mania merasa belum sejati walau dirinya sudah punya murai batu, lovebird, Cucak Hijau dan lain-lain sebagai andalan di arena lomba. Sebutan sebagai  kicau mania sejati dianggap absah jika seorang kicau mania telah memiliki kacer sebagai gacoan. Walau termasuk burung sensitif dengan rawatan sangat rumit, dan menyimpan banyak misteri, kicau mania tetap saja punya keinginan besar memiliki burung kacer.

Burung kacer memang punya daya tarik sendiri bagi para kicau mania. Paduan warna bulu yang indah dan harmonis (hitam dan putih), dan gaya yang eksotis menyimpan magnet yang mampu menyita perhatian para kicau mania. Tak pandang bulu, kicau mania akar rumput dan kicau mania kawakan semuanya pasti ingin memiliki kacer.

Banyak yang berhasil mencetak kacer-kacer jawara. Namun tidak sedikit pula yang kecewa karena gagal. Kacer yang dulunya bagus menjadi rusak setelah melawati masa mabung. Ekornya tidak buka lagi, volume suara menjadi kecil, dan malah ada yang mentalnya menjadi anjlok dan mbagong saat digantang.

Tips perawatan kacer mabung ala Ragil, Medan. Ragil telah berhasil mencetak sejumlah kacer jawara. Diantaranya, Kacer Hitler, Rembo, Jamrud, Archiles dan Mosnter. Nama terakhir (kacer Monster) malah sudah pernah menjadi juara nasional 1 di ajang bergengsi “RONGGOLAWE ASIA CUP” tanggal 2 Nopember 2014 di Waru Jeyeng, Nganjuk Jawa Timur.

Proses mabung pada kacer dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama jatuh bulu, tahap kedua tumbuh bulu, dan tahap ketiga pengembalian stamina. Ketiga tahapan ini memakan waktu sampai 6 bulan dengan penanganan masing-masing tahap sedikit berbeda. Ketika bulu sudah kusam, dan burung mulai kurang bergairah tandanya kacer mulai memasuki masa mabung. Selama 2 minggu bulan pertama, burung tetap dikerodong. Porsi jangkrik dikurangi. Misalnya dari biasanya 10 pagi, menjadi hanya 8 ekor jangkrik sore.

Siang hari biarkan burung hanya makan voor. Kemudian sore hari, jangkrik diganti dengan ulat hongkong antara 10-15. Tujuannya, dengan makan voor dan ulat hongkong burung merasa panas dan bulu cepat rontok. Dan kandang belum perlu untuk dibersihkan. Minggu ke 3 dan 4 di bulan pertama, stelan jangkrik dan ulat hongkong tetap dipertahankan. Sore hari, burung disemprot halus alias embun. Semprotan halus juga berfungsi mempercepat proses rontok bulu. Dan kandang bisa dibersihkan pada minggu ke 3.

Bulan kedua, kacer yang mabungnya normal  rontok bulu sudah selesai. Biasanya bulu ekor dan sayap sudah tumbuh. Pada tahap ini, kacer sudah bisa dimandikan, dan dijemur selama 10-15 menit. Usahakan kacer jangan mandi di kandang umbaran. Sebab pada kondisi ini, kacer belum bisa banyak bergerak. Penjemuran dilakukan untuk mempercepat tumbuhnya bulu. Dan yang sangat penting, porsi jangkrik sudah bisa dikembalikan ke stelan normal.

Bulan ke 3, semuanya bulu sudah tumbuh. Bahkan ekor pun sudah mulai mentok. Rawatan harian seperti saat sebelum mabung (mandi, jemur dan umbar) sudah bisa dilakukan kembali. Tapi untuk umbar cukup 1 kali dalam seminggu saja. Bulan ke 4, kacer mulai tampak fit. Dan umbar bisa dinaikkan menjadi 2 kali seminggu. Jika sebelumnya biasa disport di kandang umbaran itu juga sudah bisa dilakukan kembali.

Tapi jangan anggap kacer sudah siap dilombakan. Masih butuh waktu. Kacer masih dalam tahap pengeringan bulu dan sedang belajar mengeluarkan isian yang didapat saat mabung. Bulan kelima kacer akan merasa badannya sudah ringan karena bulunya sudah kering. Isian-isian baru pun mulai ditembakkan dan ekor sudah buka. Namun sekali lagi, kacer belum siap tarung. Sebaiknya tunggu satu bulan lagi agar kacer benar-benar fit dan siap tarung. “Waktu 6 bulan memang terasa sangat panjang. Tapi setelah melampaui masa istrahat 6 bulan, kacer akan bisa turun setiap minggu, ”ujar Ragil.

Membuat burung cepat fit paska mabung, Ebod Joss sangat cocok digunakan untuk burung selesai mabung. Karena Ebod Joss mengandung multivitamin mampu merangsang pembentukan hormon testosteron yang bisa membuat burung tetap gacor, daya tahan prima, stamina meningkat, nafas menjadi panjang dan mental tidak anjlok. Jsi/5