Perawatan Anis Kembang Agar Ngeroll Saat Digantang

[doptg id=”1962″]

 

Banyak kicau mania yang bilang bahwa anis kembang dengan anis merah hampir sama saja, dari perawatan hingga bentuk fisik tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun perlu anda ketahui bahwa anis kembang dan anis merah mempunyai karakter yang sangat berbeda sehingga dalam perawatan dan cara memperlakukannya juga sangat berbeda. Anis kembang saat berkicau hanya ngeroll dan berkicau sangat kencang sedangkan untuk anis merah kicaunnya diiringi dengan teller dan saat sudah teller maka akan sedkit sulit untuk dikembalikan ke keadaan normal. Meski begitu saat dalam keadaan teller jika terganggu sedikit saja maka akan langsung bangun dan mungkin akan ngadat hingga susah untuk teller atau mogok teller.

Untuk harga keduannya juga sangat berbeda jauh, jika untuk anis merah pasarannya masih sangat mahal bahkan untuk yang sering teller di lapangan bisa di bandrol hingga ratusan juta. Sedangkan untuk anis kembang paling mahal biasanya sekitaran harga dua puluh juta. Untuk harga anakan / trotol jika anis merah masih di harga satu juta sedangkan anis kembang dengan lima ratus ribu saja sudah bisa anda dapatkan. Namun kicau mania dan peminat anis kembang tidak berkurang bahkan di Bandung sendiri ada komunitas yang khusus untuk anis kembang yaitu KOMPAK (Komunitas Pecinta Anis Kembang).

Kompak berdiri sudah hampir dua tahun dengan ketua Budi, seperti namanya komunitas pecinta anis kembang ini sangatlah kompak ketika berada di lapangan. Dominasi anggota Kompak memang dewasa keatas namun program baru dari Kompak untuk mengenalkan anis kembang kepada kicau mania muda akan segera di realisasikan sehingga akan semakin banyak kicau mania yang mulai menjatuhkan hati pada anis kembang. Kali ini Media Ronggolawe akan membagikan cara perawatan anis kembang agar anis kembang anda bisa ngeroll di lapangan lomba burung berkicau yang Media Ronggolawe dapatkan langsung dari Kompak.

  1. Seperti biasa mandikan dan embunkan anis kembang di halaman rumah dari jam 06.00 sampai dengan 07.30 dengan kondisi sangkar terbuka.
  2. Kemudian segera mandikan dan usahakan memandikannya di dalam keramba atau disediakan tempat mandi khusus jangan disemprot, kegunaan mandi di keramba selain bisa membuat anis kembang berolah raga bisa juga membuat anis kembang lebih segar dan bugar.
  3. Bersihkan sangkar dengan SHAMPO JATIJAJAR dan anda juga bisa menambahkan SHAMPO JATIJAJAR kedalam air mandinya untuk membasmi bakteri yang ada di badannya.
  4. Jemur anis kembang sampai jam 11.00 kemudian jangan sampai lupa mengganti voer / pakan hariannya dan berikan jangkrik 4 ekor.
  5. Setelah penjemuran selesai segera bawa anis kembang ke tempat yang teduh dan berikan ulat hongkong, jika ada sebaiknya anda berikan ulat hongkong dengan warna yang masih putih.
  6. Biarkan anis kembang digantang dipinggir dan dengarkan MP3 dengan suara isian untuk anis kembang serta hindari kontak langsung dengan anis kembang lainnya karena bisa merangsang birahi.
  7. Sore hari sekitar pukul 16.00 anda bisa memandikan kembali dengan disemprot saja kemudian gantang setelah itu baru anda berikan kroto satu sendok teh saja. setelah memakan kroto segera kerodong dan masukan anis kembang ke dalam rumah.

Kroto yang diberikan harus benar-benar segar dan berikan secara rutin. Jika anda memberikan kroto yang tidak segar maka akibatnya akan menyebabkan sakit pencernaan pada anis kembang anda. Jika anis kembang anda mengalami sakit pencernaan maka segera berikan E-BODRE obat burung sakit khususnya mengatasi sakit pencernaan pada burung. (Wulannisa/30 juli)