Pemberian Pakan Yang Ideal Untuk Murai Batu

500

 

Sebagian besar Murai Mania, tentu sudah tidak asing lagi terhadap berbagai jenis serangga sebagai pakan tambahan atau extra fooding ( EF ), memang EF sifatnya wajib diberikan kepada burung pemakan serangga seperti murai batu

Selain pola perawatan yang konsisten, pemberian extra fooding juga sebaiknya harus disesusikan terhadap masing – masing karakter burung, agar performa atau tampilan burung tetap stabil, khususnya untuk burung kontes suara.

Pemberian EF berlebihan juga ditengarai berdampak buruk terhadap performa burung, kondisi birahi gampang naik turun tak menentu, sehingga sangat memepngaruhi kinerjanya di atas gantangan, mungkin banyak ngetime ataupun gembos/ malas bongkar isian, sebaliknya hanya ngukluk saja, tentu hal ijni sangat mempengaruhi penilaian juri ketika burung dikonteskan.

Bermula dari pengalaman tersebut, Om Imex, salah satu murai mania asal Jogja coba menerapkan sesuatu yang simple dan mudah diterapkan, seperti mengganti pakan harian berupa Voer ke Nanjung 105.

Sebab, Voer Nanjung 105 diyakini mempunyai kandungan Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh burung, seperti ekstrak serangga, buah  buahan dan herbal. “ dulu sebelum mengganti pakan ke Voer Nanjung, kondisi burung kurang menentu, terutama dalam hal pengaturan birahi, burung terlihat lebih malas dan jarang bongkar isian “ ujar Pria 30 tahun ini.

Kegunaan Voer Nanjung antara lain, bisa meningkatkan stamina pada burung, memperbaiki sistem metabolisme, lebih banyak mengandung energi dan protein, mejadikan burung peliharaan lebih sehat dan rajin berkicau.

Takaran Voer Nanjung 105 sangat pas, efektif untuk menggantikan EF kroto ataupun jangkrik, dampak yang didapat, burung jadi lebih berstamina, kerja lebih maksimal tanpa kuatir gembos.

Cara pemberiannya cukup sederhana, yakni seperti memberikan voer – voer pada umumnya, buang makanan tersisa untuk menghindari kontaminasi dari jamur dan bakteri, bersihkan cepuk makanan secara berkala dan selalu seidakan air bersih di cepuk.

“ Sebagai asupan pakan utama burung, Voer Premium Nanjung 105 memiliki kandungan gizi baik, Nutrisi yang seimbang lantaran mengandung ekstrak serangga dan buah – buahan herbal, cocok diberikan untuk semua jenis burung pemakan serangga, untuk pemberian awal bisa dicampur dengan voer lama secara berkesinambungan sampai benar – benar burung bisa adaptasi dengan jenis pakan baru “