Pecinta Kenari Lokal (P.K.L TEAM) Pasuruan, Lewat Hobi Lestarikan Kenari Lokal.

41

Banyaknya Komunitas Kenari tentu membawa angin sejuk bagi dunia perburungan nasional, semaraknya Kelas lomba sesi kenari tentu tak lepas dari keberadaan komunitas-komunitas kenari yang aktif bergerak dari satu EO ke EO yang lainnya.

PKL Team Pasuruan kompak sambang antar EO.

Kini hampir di setiap Event lomba krlas kenari tak pernah sepi oleh pecintanya dan tentu berdampak positif dari daya saing harga di pasaran yang semakin meroket hal itu tentu berbanding terbalik dengan harga kenari 2 tahun yang lalu yang harganya sempat anjlok di tingkat terendah.

PKL TEAM Pasuruan, merupakan salah satu dari Komunitas yang tetap aktif memperjuangkan kenari Lokal/Kalitan di tengah maraknya Kenari impor yang meramaikan dunia gantangan. Komunitas yang bermarkas di Kecamatan Kedawung ujung timur Kabupaten Pasuruan ini tetap getol menangjar bahkan menyemarakan kelas Kenari Lokal baik di dalam kota Pasyruan sendiri maupun di luar kota Pasuruan, yang pasti saya pernah melihat komunitas ini di gelaran Unisla Cup tahun lalu di Lamongan yang juga di pimpin Juri-Juri Ronggolawe Nusantara DPW. Jatim l.

Mr. Indrianto ditemani Anak istri saat berlomba di gantangan.

Di sebuah Event Cup di Pasuruan hari Minggu yang lalu, sebagai pewarta Mediaronggolawe.id sayapun bertemu kembali dengan Komunitas ini dan bertemu langsung dengan rekan sahabat saya yang juga ketua dari Komunitas ini yaitu Mr. Indrianto dan kami pun ngobrol sambil menikmati secangkir kopi bersama rekan-rekan anggota PKL Team.

Mr. Indrianto menceritakan bahwa PKL Team adalah Kepanjangan dari Pecinta Kenari Lokal Team, nama ini sengaja kami buat sebagai identitas dari Komunitas kami karena semua Anggota kami adalah penghobi sekaligus penangkar dari Kenari lokal jenis kalitan. Katanya.

Mr. Indrianto ketua PKL Team Pasuruan.

Untuk meningkatkan daya saing kualitas kenari lokal agar tidak kalah dengan kenari impor, dengan penuh kesadaran kami pun merambah di duniia kicau dan motto kami berlomba Wani Kalah Yakin Menang, karena kami berangkat dari rumah tentu dengan optimisme yang tinggi. Lanjut Mr. Indrianto.

Mr. Indriyanto pun menambahkan di Event kali ini bersama rekan-rekannya seperti Mr. Tomi, beliau membawa amumusi-amunisi andalan Team ini yaitu Kusumo, CTM, Doraemon dan NN Mas, Semoga kami beruntung Mas seperti Bulan Maret kemarin kita sukses catatkan Double Winner dan nyaris Hattrick juara dengan membawa pulang Tropy juara 1,1,2 kelas Kenari di Gelaran Latpres Sekaran BC Lamongan Ronggolawe Nusantara DPC. Jatim ll . Sambung Mr. Indrianto.

Mr. Tomi anggota PKL Team Pasuruan.

Mendengar cerita hebatnya Kusumo nyaris hattrick juara di Lamongan, tentu saya pun penasaran dengan pola rawatannya dan bertanya kepada beliau tentang perawatan Kusumo.

“Kusumo untuk perawatannya sederhana saja, hariannya saya tenggar di kandang umbaran. Mandi dan jemur tiap pagi 1-2 jam tergantung kondisinya, sementara untuk pakan harian saya hanya menakai jebari shiit dan minumnya saya tambah Ebod Vit, sementara untuk rawatan lombanya H-2 Embun dan full kerojong, Kurang 1 sesi keder sebentar naik. Untuk pakan lombanya saya memakai juga produk Ebod Jaya yaitu Risih sebagai pendongkrak birahinya, bahkan Sangkarnya pun saya memakai sangkar dari Ebod Jaya lo mas. Ungkap Mt. Indrianto sambil menunjukan sangkar Ebod Jaya miliknya.

Risih bikin kenari makin gacor.

Sebelum mengakhiri perbibcangan, Mr. Indrianto mewakili rekan PKL Team Pasuruan punya harapan agar kenari lojal makin ramai dan makin berkembang dan tak kalah dengan kenari-kenari impor dari segi kualitasnya.

“Saya berharap semoga kedepan makin banyak komunitas-komunitas kenari lokal dan makin banyak pula penggemarnya sehingga berimbas pada harga kenari makin melejit lagi seperti masa jayanya. sayapun mendoakan semoga Ronggolawe Nusantara makin jaya dan makin memperhatikan kelas kenari lokal yang kami perjuangkan lewat Komunitas kecil kami. Tutupnya.

Ebod Vit bikin burung semakin Fit.