P.C.G (Pencinta Cendet Gresik) Komunitas Yang Memiliki Tujuan, Mengangkat Kelas Cendet Agar Ramai Seperti Dahulu.

253

Burung pentet atau sebutan dalam dunia lomba kicau mania yang lebih di kenal dengan mana burung cendet, adalah burung predator bersifat fighter yang memiliki variasi suara isian yang sangat baik, burung jenis ini merupakaan burung pemangsa agresif, juga sangat cerdas menirukan suara-suara burung lain. Karakter dasar burung pentet atau cendet, ganas atau galak, burung jenis ini akan lebih agresif dalam keadaan lapar, sifat petarung (fighter) jika di pertemukan dengan burung pentet atau cendet lain, mudah jinak karena kemampuan beradaptasi yang tinggi.

Logo P.C.G (Pencinta Cendet Gresik)

Burung cendet atau pentet ramai exsistensinya dalam dunia lomba burung berkicau sekitaran tahun 2008-2014, pada saat itu burung pentet juara dalam lomba harganya pun gila- gilaan, dan bisa menyamai harga burung murai batu pada saat ini, bisa sampai seharga mobil keluaran terbaru, bahkan disetiap gelaran antar EO bahkan sampai event bergengsi nasional banyak di minati kontestan kicau mania khususnya kelas cendet atau pentet.

Mas Rochim Ketua P.C.G.

Seiring berjalannya waktu lambat laun peserta semakin berkurang, semakin sepi peserta dan bahkan sama sekali tidak ada peserta sehingga dengan terpaksa pemilik gantangan mentiadakan kelas cendet. Atas dasar itulah yang membuat Komunitas yang satu ini mencoba untuk mengumpulkan para pencinta Burung cendet agar keberadanya di arena gantangan tetap ada.

Mas Andre P.C.G

Hal inilah yang membuat Komunitas Cendet P.C.G (Pencinta Cendet Gresik) yang berdiri pada tahun 2014, yang didirikan oleh Bapak Hery Siswanto. Ingin mengangkat kelas cendet agar bisa ramai seperti dahulu. Mas Rochim yang sekarang merupakan ketua dari P.C.G, menceritakan bahwa dahulu kelas cendet pesertanya luar biasa, bahkan di suatu gelaran lomba bisa 3-4 kelas dan peserta tetap full.

Mas Ibra.

Dan keinginan dari teman-teman P.C.G sepertinya sudah menjadi kenyataan, di tiap gelaran latpres, maupun event sekarang kelas cendet mulai ramai peserta. Yang dulu hanya 7-13 peserta sekarang sudah bisa tembus mencapai 30 peserta keatas. Hal ini yang membuat mas Rochim ketua P.C.G, semakin bersemangat dalam meramaikan kelas cendet di tiap event baik di dalam kota gresik maupun luar kota. Apalagi P.C.G saat ini memiliki banyak anggota sudah mencapai 48 anggota aktif, yang siap hadir meramaikan tiap gelaran lomba.

Mas Joko.

Sedangkan untuk pola perawatan burung cendet, mas Rochim memberikan tips khusus agar cendet milik teman-teman cendet mania bisa lebih berprestasi di gantangan. Pemberian jangkrik 5 ekor pagi 5 ekor malam, sedangkan penjemuran cukup 30-60 menit, harian burung di full kodong dan di mandikan hanya pada waktu malam hari dengan di semprot pakai semprotan.

Sedangkan untuk setingan lomba tiap burung memiliki pola yang berbeda, porsi jangkrik di tambah menjadi 15 ekor di malam dan di pagi sebelum lomba. 30 menit sebelum naik burung di mandikan yang bertujuan untuk meredam birahi burung agar tidak galak di atas gantangan. Dan yang paling penting untuk Voer harian, mas rochim memakai VOER RONGOLAWE dan pemberian EBOD VIT juga EBOD STRONG yang kualitasnya sudah terbukti.